ISO (INTERNATIONAL STANDARD ORGANIZATION)
Perusahaan yang telah memutuskan untuk go internasional,
lazimnya sudah memahami bahwa produk yang dihasilkan harsu memenuhi satndar
kualitas internasional. Oleh karena itu dikenal standar kualitas tunggal (Single
Quality Standard) nyang mulai diterapkan sejak 1987 oleh ISO (International
Standard Organization) yang beranggotakan 91 negara dengan mempublikasikan a
series of quality standard.
Adapun yang telah ada diantaranya:
1. ISO 9000 yang memfokuskan standard
kualitas pada prosedur manajemen, kepemimpinan, dokumentasi secara rinci,
instruksi kerja dan pelaporan.
2. ISO 9001 : terdiri dari 2.000 komponen
untuk melihat kualitas.
3. ISO 14000 yang memasukkan unsur standar
manajemen lingkungan yang berisi lima elemen dasar yaitu:
a. Manajemen lingkungan
b. Auditing
c. Evaluasi kinerja
d. Pelabelan
e. Penaksiran siklus hidup
Keuntungan yang dapat diperoleh dari
penggunaan standard kualitas tersebut diantaranya adalah:
1. Citra
positif dari masyarakat dan mengurangi eksploitasi pada pertanggung jawaban.
2. Pendekatan
sistimatis yang bagus pada pencegahan terhadap polusimelalui minimisasi dampak
ekologi pada produk dan aktifitas.
3. Memenuhi
ketentuan yang berlaku dan kesempatan memeperoleh keunggulan bersaing.
4. Mengurangi kebutuhan audit yang bermacam-macam.