WINBIE GENESIS: 05/27/15 winbie genesis

Pages

Wednesday, May 27, 2015

LOWONGAN KERJA DI PURA BARUTAM MEI-JUNI 2015

JOB OPPORTUNITIES
PT PURA BARUTAMA membutuhkan PRODUCTION STAFF:
Persyaratan:

Pria, 20-30 years old
Lulusan D3/S1 Teknik Elektro
Mampu berkomunikasi
Bertanggungjawab, inovatif, dan kreatif
Bersedia ditempatkan di Kudus
Jika ada berminat dan memenuhi persyaratan silakan kirim lamaran ke:
HR PT PURA BARUTAMA UNIT TOTAL SECURITY SYSTEM
Jl. Agil Kusumadya Km 4 Kudus
Up: A.Daud Candra R -HR Recruitment (0856 41 2000 84)

CARA MEMBUAT PAKAN TERNAK



Hasil gambar untuk kambing
PENDAHULUAN

Ternak-ternak dipelihara untuk dimanfaatkan tenaga/diambil hasilnya dengan cara mengembangbiakkannya sehingga dapat meningkatkan pendapatan para petani. Agar ternak peliharaan tumbuh sehat dan kuat, sangat diperlukan pemberian pakan. Pakan memiliki peranan penting bagi ternak, baik untuk pertumbuhan ternak muda maupun untuk mempertahankan hidup dan menghasilkan produk (susu, anak, daging) serta tenaga bagi ternak dewasa. Fungsi lain dari pakan adalah untuk memelihara daya tahan tubuh dan kesehatan. Agar ternak tumbuh sesuai dengan yang diharapkan, jenis pakan yang diberikan pada ternak harus bermutu baik dan dalam jumlah cukup. Pakan yang sering diberikan pada ternak kerja antara lain berupa: hijauan dan konsentrat (makanan penguat).

ISO (INTERNATIONAL STANDARD ORGANIZATION)



ISO (INTERNATIONAL STANDARD ORGANIZATION)

Perusahaan yang telah memutuskan untuk go internasional, lazimnya sudah memahami bahwa produk yang dihasilkan harsu memenuhi satndar kualitas internasional. Oleh karena itu dikenal standar kualitas tunggal (Single Quality Standard) nyang mulai diterapkan sejak 1987 oleh ISO (International Standard Organization) yang beranggotakan 91 negara dengan mempublikasikan a series of quality standard.

Adapun yang telah ada diantaranya:

1. ISO 9000 yang memfokuskan standard kualitas pada prosedur manajemen, kepemimpinan, dokumentasi secara rinci, instruksi kerja dan pelaporan.
2. ISO 9001 : terdiri dari 2.000 komponen untuk melihat kualitas.
3. ISO 14000 yang memasukkan unsur standar manajemen lingkungan yang berisi lima elemen dasar yaitu:
a. Manajemen lingkungan
b. Auditing
c. Evaluasi kinerja
d. Pelabelan
e. Penaksiran siklus hidup

Keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan standard kualitas tersebut diantaranya adalah:

1.   Citra positif dari masyarakat dan mengurangi eksploitasi pada pertanggung jawaban.
2.   Pendekatan sistimatis yang bagus pada pencegahan terhadap polusimelalui minimisasi dampak ekologi pada produk dan aktifitas.
3.   Memenuhi ketentuan yang berlaku dan kesempatan memeperoleh keunggulan bersaing.
4.         Mengurangi kebutuhan audit yang bermacam-macam.

TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT)



TQM (TOTAL QUALITY MANAGEMENT)

Dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kualitas, maka banyak peryusahaan menerapkan konsep yang dikenal dengan TQM (Total Quality Management) yaitu Manajemen organisasi keseluruhan yang menjadikannya unggul dalam semua aspek produk barang dan jasa yang penting bagi konsumen.

ISU-ISU YANG BERKAITAN DENGAN DESAIN PRODUK



ISU-ISU YANG BERKAITAN DENGAN DESAIN PRODUK

Untuk mengembangkan system dan struktur organisasi yang efektif, maka ada
beberapa isu penting yang harus dipahami yaitu antara lain:

1. Desain yang tangguh (Robust Design)
Adalah sebuah desain yang dapat diproduksi sesuai dengan permintaan walaupun pad kondisi yang tidak memadai pada proses produksi.

STRATEGI OPERASI DALAM LINGKUNGAN GLOBAL



STRATEGI OPERASI DALAM LINGKUNGAN GLOBAL


Manajer Operasional pada saat ini harus memiliki pandangan global dalam strategi operasi, perkembangan yang cepat dalam perdagangan dunia yang seolah dunia tanpa batasan, mengakibatkan banyak organisasi memperluas operasinya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.  

A.   ALASAN YANG MENDASARI PERUSAHAAN MENJADI GLOBAL 

Dalam situasi dan kondisi yang terus berkembang, maka banyak perusahaan membuat keputusan untuk menegmbangkan bisnis ke dunia internasional. Ada berbagai alasan kuat yang mendasari perusahaan menjadi global, diantaranya adalah sebagia berikut :

SEJARAH LAHIRNYA KONSEP MANAJEMEN OPERASIONAL.



SEJARAH LAHIRNYA KONSEP MANAJEMEN OPERASIONAL.

Bidang manajemen operasional termasuk konsep yang masih baru, namun sejarahnya amat menarik. Peningkatan dalam konsep dan disiplin ilmu manajemn operasional didukung adanya penemuan baru dan sumbangan pemikiran banyak para ahli. Dalam hal ini akan dipaparkan secara singkat, beberapa contoh sumbangan para pemikir yang antara lain adalah:

MENGAPA MANAJEMEN OPERASIONAL PENTING UNTUK DIPELAJARI



MENGAPA MANAJEMEN OPERASIONAL PENTING UNTUK DIPELAJARI

Ada berbagai hal yang bisa dikemukakan dan menjadikan alasan pentingnya mempelajari MO diantaranya adalah:
1.    MO merupakan salah satu fungsi utama yang harus ada di semua jenis organisasi
sehingga apabila akan mengelola organisasi maka mau tidak mau harus mempelajari konsep MO.
2.    Dengan mempelajari MO, kita dapat mengetahui seluk beluk dan berbagai hal yang berkaitan
       dengan cara memproduksi barang maupun jasa
3.    Dengan mempelajari MO, kita dapat memahami dan mengerti dengan benar apa yang        seharusnya dilakukan oleh manajer operasional.

APA YANG DIMAKSUDKAN DENGAN MANAJEMEN OPERASI



       APA YANG DIMAKSUDKAN DENGAN MANAJEMEN OPERASI

Untuk menciptakan barang dan jasa (produk), semua organisasi bisnis (perusahaan) paling tidak menjalankan tiga fungsi utama yaitu:
1.   Fungsi Pemasaran (Marketing Function) yang berhubungan dengan pasar untuk
      dapat menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk yang
      dihasilkan ke pasar.
2.   Fungsi Keuangan (Finance Function) yang mengelola berbagai urusan keuangan didalam perusahaan maupun perusahaan dangan fihak luar perusahaan.
3.   Fungsi Produksi atau Operasi (Operation Function) berkaitan dengan penciptaan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.

Sejarah Perkembangan Teknologi dan Manajemen Operasional



Sejarah Perkembangan Teknologi dan Manajemen Operasional


Perkembangan dan manajemen operasional memperbaiki operasional individu secara bertahap, seperti yang diharapkan. Sejumlah penanam saham atau investor maju kedepan untuk menghadapi pelanggan meluaskan tanggung jawab perusahaan untuk mendaptkan kesempatan membuat pasar baru dan efisiensi, yang besar kedalam perkumpulan pasar eropa. Industri baru negara-negara asia dan negara-negara berkembang cepat seperti China, india dan negara-negara lainnya. Dimulai dengan untuk memberanikan investasi asing dan pertumbuhan. Perusahan juga meluaskan perhatian kebelakang trhadap penyedia internasional yaitu terhadap negara yang memiliki tingkat keuangan rendah dan terhadap perusahaan yang berteknologi rendah dan kemampuan spesial pada bagiannya.

Sejarah Perkembangan Bidang Manajemen Operasi



Sejarah Perkembangan Bidang Manajemen Operasi
Kegiatan operasi sudah dikenal beribu-ribu tahun yang talu, sejak manusia mengenal cara berburu, membuat suatu benda, dan lain-lain. Pengetahuan atau cara tersebut berkembang terus dengan ditemukan prinsip serta metode baru, dan akhirnya terbentuk menjadi suatu ilmu sendiri, dilengkapi dengan masuknya unsur-unsur ilmu pengetahuan yang lain.

Hubungan Strategi dan Kinerja Perusahaan



Hubungan Strategi dan Kinerja Perusahaan

Dalam strategi dan kinerja perusahaan kita dapat menggunakan kacamata Balanced Scorecard (BSC). Balanced Scorecard mempunyai strategi dalam mencapai tujuannya :
1.Strategi finansial, yaitu strategi mengelola pertumbuhan, tingkat keuntungan, dan resiko.   ini strategi yang dilihat dari kacamat perusahaan atau pemegang saham.
2.Strategi pelanggan, yaitu strategi untuk menciptakan nilai dan diferensiasi produk. Strategi ini dilihat dari kacamata pelanggan.

Tingkatan-Tingkatan Strategi



Tingkatan-Tingkatan Strategi

Dalam penyusunan strategi dalam suatu perusahaan terdapat tingkatan-tingkatan dalam penyusunan strategi dikarenakan ada banyak macam jenis usaha bisnis :
                        1. Strategi korporat (corporate strategy atau corporate-level strategy)
Ini dikhususkan untuk perusahaan atau organisasi yang memiliki lebih dari satu unit bisnis. Tujuan dari strategi ini adalah mengidentifiasi dan mengimplementasikan sinergi antar unit-unit bisinis. Dengan mengombinasikan dan memanfaatkan keunggulan dari masing-masing unit bisnis sehingga mencapai keuntungan maksimal.

Efektivitas Perusahaan



Efektivitas Perusahaan

Efektivitas perusahaan dapat di anggap sebagai hasil dari strategi, akn tetapi efektivitas bukan sesuatu yang mudah untuk dinilai secara objektif. Tapi efektivitas dapat di definisikan sebagai sejauh mana suatu organisasi mampu maerealisasikan berbagai tujuannya.

Untuk mencapai klimaks dari tujuan dan strategi itu dapat disimpulakan bahwa :
            1.Efektivitas organisasi tidak bisa di ukur dengan kriteria tunggal.
                        2.Fungsi-fungsi yang berbeda dalam organisasi membutuhkan kriteria evaluasi
                            Efektifitas yang berbeda.     

Alat Dan Teknik Perbaikan Kualitas Produk



      Alat Dan Teknik Perbaikan Kualitas Produk
1.       Flowchart
          Flowchart  adalah gambaran skematik atau diagram yang menunjukan seluruh langkah dalam suatu proses dan menunjukan bagaimana langkah itu saling berinteraksi satu sama lain.
          Flowchart dalam proses produksi atau operasional pada suatu organisasi atau perusahaan tersebut digunakan untuk berbagai tujuan, antara lain :

Kerangka Keputusan Manajemen Produksi dan Operasi



Kerangka Keputusan Manajemen Produksi dan Operasi
            Manajer operasi bertanggung jawab atas keputusan yang mengikat sistem transformasi, kerangka keputusan ini mengatakan bahwa operasi-operasi mempunyai 5 (lima) tanggung jawab keputusan utama. Menurut T. Hani Handoko (1994:25) adalah sebagai berikut :

Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi



Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi
            Berhubungan dengan teknologi yang semakin canggih di dalam dunia usaha, setiap perusahaan selalu bersaing untuk mendapatkan jalan keluar dalam proses produksinya yang secara efektif dan efisien. Guna mendukung tujuan proses produksi di dalam perusahaan tersebut diperlukan suatu proses transformasi yang dapat merubah input menjadi output, yang memiliki nilai tambah dan dapat menghasilkan keluaran secara optimal yang sering disebut manajemen produksi dan operasi.

Proses Perencanaan Strategis



Proses Perencanaan Strategis
Proses perencanaan strategis atau manajemen strategis merupakan proses pengarahan usaha perencanaan strategis dan menjamin strategi tersebut dilaksanakan dengan baik sehingga menjamin kesuksesan organisasi dalam jangka panjang. Manajemen strategi meliputi formulasi dan implementasi strategi sebagai berikut :

Tipe Strategi



Tipe Strategi
            Ada empat tipe strategi yang dapat digunakan pada berbagai tingkatan perusahaan dan bisnis yaitu :
1. Strategi Pertumbuhan
Strategi ini berusaha meningkatkan ukuran perusahaan dan ekspansi operasi perusahaan. Strategi ini sangat dikenal karena hampir semua industri atau perusahaan yang menginginkan adanya pertumbuhan dalam kehidupan usahanya dalam jangka panjang. Pertumbuhan usaha dapat terjadi dengan beberapa cara seperti :

Konsep Strategis



1.      Konsep Strategis
Strategi merupakan suatu kegiatan komprehensif yang menentukan petunjuk dan pengarahan yang kritis terhadap pengalokasian sumber daya untuk mencapai sasaran jangka panjang organisasi. Dalam prakteknya pilihan strategi merupakan sesuatu yang kompleks dan tugas yang berisiko. Beberapa strategi organisasi diharapkan dapat menghadapi lingkungan yang kompetitif. Disini manajer merencanakan buaran kekuatan dan kelemahan organisasi dengan kesempatan dan ancaman di lingkungnya.

KENDALA-KENDALA DALAM PERENCANAAN STRATEGIS



KENDALA-KENDALA DALAM PERENCANAAN
                        Agar rencana yang telah dibuat dapat terlaksana dengan efektif, manajer harus mampu mengidentifikasikan beberapa kendala potensial dalam perencanaan dan berusaha mengatasinya. Kendala-kendala tersebut umumnya adalah :
1.       Ketidakmampuan membuat Rencana atau Rencana yang tidak cukup Baik. Tentu saja tidak semua manajer otomatis memiliki kemampuan membuat perencanaan. Faktor penyebabnya adalah kurangnya pengalaman, pendidikan atau bahkan karena diajari atau tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana membuat rencana yang benar.

LINGKUP & JENIS PERENCANAAN STRATEGIS



LINGKUP & JENIS PERENCANAAN
                        Perencanaan sebagai salah satu fungsi pokok manajemen pasti dilakukan oleh manajer pada semua tingkatan, meski skala atau lingkup rencananya berbeda sesuai dengan level manajerialnya. Kendati menyusun rencana yang sifat dan lingkupnya berbeda, setiap manajer harus mengkoordinasikan rencananya dengan rencana yang bersifat lebih luas agar tidak terjadi kontradiksi penetapan tujuan antar unit kerja dan antar bagian yang lebih tinggi. Memilahkan lingkup rencana tersebut adalah untuk membentuk sebuah mata rantai Sarana -Tujuan yang menghubungkan antara aktifitas organisasi sehari-hari dengan pencapaian tujuan secara keseluruhan. 

PERENCANAAN STRATEGIS



A.  PERENCANAAN STRATEGIS
1.      Konsep Perencanaan
Salah satu fungsi manajemen yang paling utama adalah Perencanaan karena dari fungsi tersebutlah fungsi-fungsi lain disusun. Perencanaan merupakan cetak biru untuk pencapaian tujuan yang memuat pengalokasian sumberdaya yang dibutuhkan, jadwal, tugas-tugas dan pekerjaan-pekerjaan yang harus dilaksanakan terkait dengan pencapaian tujuan tersebut. Dapat dikatakan bahwa sebuah rencana merupakan jembatan yang dibangun untuk menghubungkan antara masa kini dengan masa datang yang diinginkan, karena perencanaan adalah mempersiapkan masa depan. Masa depan memang akan datang dengan sendirinya, tapi tanpa perencanaan masa depan tersebut mungkin bukan masa depan yang kita inginkan.

DEFINISI VISI DAN MISI



A.  VISI
Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Dengan kata lain, visi dapat dikatakan sebagai pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produkdan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

STRATEGI OPERASI



STRATEGI OPERASI


Seperangkat sasaran, rencana, dan kebijakan yang menjabarkan bagaimana fungsi operasi menunjang strategi bisnis perusahaan

Schroeder, Anderson dan Claveland (1986), mendifinisikan bahwa strategi operasi terdiri dari :
  • Mission (misi)
  • Objective (tujuan)
  • Distinctive competence (keunggulan khusus)
  • Policies (kebijakan)

Template by : kendhin x-template.blogspot.com