Proses Perencanaan Strategis
Proses
perencanaan strategis atau manajemen strategis merupakan proses pengarahan
usaha perencanaan strategis dan menjamin strategi tersebut dilaksanakan dengan
baik sehingga menjamin kesuksesan organisasi dalam jangka panjang. Manajemen
strategi meliputi formulasi dan implementasi strategi sebagai berikut :
Keterangan:
1. Formulasi Misi dan Tujuan
Pertanyaan mendasar dalam formulasi misi dan
tujuan adalah “Apa usaha kita?” dan “Apa usaha kita yang seharusnya?”.
2. Analisis Tujuan dan Strategi Saat ini
Dalam perjalanan waktu, manajer suatu organisasi barangkali akan
kehilangan “minat” terhadap misi yang pertama kali mereka perjuangkan. Manajer
harus diingatkan kembali pada misi awalnya.
3.
Analisis Lingkungan
Bertujuan
melihat perubahan-perubahan dalam lingkungan, demografis, politik, sosial,
ekonomi, yang akan mempengaruhi organisasi. Perubahan dalam lingkungan
eksternal organisasi dapat menghasilkan kesempatan maupun ancaman, tergantung
bagaimana reaksi organisasi. Untuk memperoleh informasi perubahan lingkungan,
perlu dikembangkan system informasi strategis, pengembangan bisnis data,
keluhan atau komentar dari pihak luar (pelanggan dan supplier).
4.
Analisis Sumberdaya
Dilakukan
bersamaan dengan analisis lingkungan, melalui analisis kekuatan dan kelemahan
organisasi.
5.
Identifikasi Kesempatan Strategis
Kesempatan
strategis merupakan gap antara situasi apabila organisasi menggunakan tujuan
dan strategi yang dirumuskan dalam proses penentuan tujuan dengan situasi
apabila organisasi menggunakan strategi sekarang ini (tanpa perubahan).
Kesempatan strategis muncul apabila organisasi menetapkan tujuan baru yang
lebih sulit, atau apabila ada persaingan yang ketat dan mengakibatkan
organisasi tidak berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
6.
Pengambilan Keputusan Strategis
Organisasi
dapat mengembangkan sejumlah altrnatif strategis untuk memanfaatkan kesempatan
strategis.
Strategi
yang baik mencakup beberapa hal:
1.
Cakupan: menjelaskan pasar apa yang akan dimasuki oleh organisasi, pasar yang
terbatas atau luas
2.
Alokasi sumberdaya: menjelaskan bagaimana alokasi sumberdaya untuk mencapai
tujuan
3.
Daya saing: memasukan kemampuan yang dimiliki oleh organisasi yang lebih baik
dibandingkan dengan kemampuan pesaingnya
4.
Sinergi: strategi harus bertujuan memanfaatkan secara optimal sinergi dalam
suatu organisasi.
7.
Pelaksanaan Strategi
Perencanaan
strategi harus dijalankan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
8.
Evaluasi dan Pengendalian Strategis
Manajer harus selalu mengevaluasi pelaksanaan rencana
strategis. Pengendalian strategis merupakan pengendalian terhadap pelaksanaan
rencana strategis.
0 comments:
Post a Comment