WINBIE GENESIS: APA YANG DIMAKSUDKAN DENGAN MANAJEMEN OPERASI winbie genesis

Pages

Wednesday, May 27, 2015

APA YANG DIMAKSUDKAN DENGAN MANAJEMEN OPERASI



       APA YANG DIMAKSUDKAN DENGAN MANAJEMEN OPERASI

Untuk menciptakan barang dan jasa (produk), semua organisasi bisnis (perusahaan) paling tidak menjalankan tiga fungsi utama yaitu:
1.   Fungsi Pemasaran (Marketing Function) yang berhubungan dengan pasar untuk
      dapat menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk yang
      dihasilkan ke pasar.
2.   Fungsi Keuangan (Finance Function) yang mengelola berbagai urusan keuangan didalam perusahaan maupun perusahaan dangan fihak luar perusahaan.
3.   Fungsi Produksi atau Operasi (Operation Function) berkaitan dengan penciptaan barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.


Mengacu pada tiga fungsi utama perusahaan, maka dalam fungsi operasional diperlukan Manajemen Operasional. Sehingga dengan demikian, Manajemen Operasi dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan atau aktifitas yang menciptakan nilai produk baik berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output atau pengertian lainnya ialah “KAJIAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DARI SUATU FUNGSI OPERASI”.  Aktifitas tersebut berlaku untuk berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif, demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan, pendidikan, konsultan.

Beberapa definisi yang dianggap perlu, antara lain :

a.    Produksi
      adalah  aktifitas atau kegiatan untuk menambah manfaat, meliputi manfaat tempat, bentuk dan waktu serta gabungan dari masing-masing manfaat tersebut.

b.    Produk
      adalah  hasil/output dari suatu kegiatan produksi baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud (yang berwujud disebut barang dan yang tidak berwujud disebut jasa)

c.    Produsen
      adalah  orang atau lembaga yang menghasilkan produk setelah melalui proses produksi

d.    Proses Produksi
            adalah metode, cara atau teknik yang digunakan dalam kegiatan penciptaan produk.

e.   Sistem Produksi
      adalah serangkaian elemen yang saing berhubungan dan saling menunjang untuk pelaksanaan kegaiatan penambahan manfaat dalam suatu kegiatan-kegiatan produksi.

e.    Produktivitas
adalah  suatu perbandingan antara hasil kegiatan yang sesungguhnya dengan hasil kegiatan yang seharusnya (antara realisasi dan target).  Secara sederhana produktivitas ditunjukan oleh rasio antara output dan input.

                                   O
      Produktivitas = ------
                                    I

f.     Perencanaan Produk
      adalah perencanaan tentang apa, berapa dan bagaimana produk yang akan dibuat oleh suatu perusahaan.  Perencanaan produk berhubungan dengan masalah-masalah tehnik antara lain disain, bentuk produk, kegunaan produk dan proses produksi.  Ditinjau dari manajer produksi perencanaan produk berkaitan erat dengan masalah penyediaan fasilitas produksi, efisiensi dan pola produksi.

g.    Perencanaan Produksi
      adalah perencanaan tentang apa, berapa yang akan diproduksikan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan biasanya ialah jangka pendek

h.    Luas Produksi (Kapasitas Produksi)
      adalah kapasitas produksi yang digunakan dalam suatu perusahaan, besarnya dapat berubah-ubah antara satu periode dengan periode lainnya.

i.      Luas Perusahaan (Kapasitas Terpasang)
      adalah kapasitas yang tersedia/terpasang dalam suatu perusahaan, besarnya dapat berubah dalam jangka panjang, sedangkan dalam jangka pendek selalu tetap.

j.      Manajemen
      adalah  kegiatan/usaha untuk mencapai suatu tujuan dengan mengkoordinir dan ‘mengatur’ orang lain.

k.    Manajemen Produksi
      adalah kegiatan ‘mengatur’ orang lain agar dapat menciptakan dan menambah manfaat (utility).

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com