APA YANG DIMAKSUDKAN DENGAN MANAJEMEN
OPERASI
Untuk menciptakan barang dan jasa
(produk), semua organisasi bisnis (perusahaan) paling tidak menjalankan tiga
fungsi utama yaitu:
1. Fungsi Pemasaran (Marketing Function) yang
berhubungan dengan pasar untuk
dapat
menciptakan permintaan dan pada akhirnya menyampaikan produk yang
dihasilkan
ke pasar.
2. Fungsi
Keuangan (Finance Function) yang mengelola berbagai urusan keuangan
didalam perusahaan maupun perusahaan dangan fihak luar perusahaan.
3. Fungsi
Produksi atau Operasi (Operation Function) berkaitan dengan penciptaan
barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
Mengacu pada tiga fungsi utama perusahaan, maka dalam
fungsi operasional diperlukan Manajemen Operasional. Sehingga dengan demikian, Manajemen Operasi dapat diartikan
sebagai rangkaian kegiatan atau aktifitas yang menciptakan nilai produk baik
berupa barang maupun jasa melalui proses transformasi input menjadi output atau
pengertian lainnya ialah “KAJIAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DARI SUATU FUNGSI
OPERASI”. Aktifitas tersebut berlaku
untuk berbagai macam produsen barang seperti elektronik, garmen, otomotif,
demikian pula berlaku juga bagi produsen jasa seperti media masa, hiburan,
pendidikan, konsultan.
Beberapa definisi yang dianggap perlu,
antara lain :
a. Produksi
adalah aktifitas atau
kegiatan untuk menambah manfaat, meliputi manfaat tempat, bentuk dan waktu
serta gabungan dari masing-masing manfaat tersebut.
b. Produk
adalah hasil/output dari
suatu kegiatan produksi baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud (yang
berwujud disebut barang dan yang tidak berwujud disebut jasa)
c. Produsen
adalah orang atau
lembaga yang menghasilkan produk setelah melalui proses produksi
d. Proses Produksi
adalah metode, cara atau teknik yang
digunakan dalam kegiatan penciptaan produk.
e. Sistem Produksi
adalah serangkaian elemen yang saing berhubungan dan saling
menunjang untuk pelaksanaan kegaiatan penambahan manfaat dalam suatu
kegiatan-kegiatan produksi.
e. Produktivitas
adalah
suatu perbandingan antara hasil kegiatan yang sesungguhnya dengan hasil
kegiatan yang seharusnya (antara realisasi dan target). Secara sederhana produktivitas ditunjukan
oleh rasio antara output dan input.
O
Produktivitas = ------
I
f. Perencanaan Produk
adalah perencanaan tentang apa, berapa dan
bagaimana produk yang akan dibuat oleh suatu perusahaan. Perencanaan produk berhubungan dengan
masalah-masalah tehnik antara lain disain, bentuk produk, kegunaan produk dan
proses produksi. Ditinjau dari manajer
produksi perencanaan produk berkaitan erat dengan masalah penyediaan fasilitas
produksi, efisiensi dan pola produksi.
g. Perencanaan Produksi
adalah perencanaan tentang apa, berapa
yang akan diproduksikan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu dan
biasanya ialah jangka pendek
h. Luas Produksi (Kapasitas Produksi)
adalah kapasitas produksi yang digunakan
dalam suatu perusahaan, besarnya dapat berubah-ubah antara satu periode dengan
periode lainnya.
i. Luas Perusahaan (Kapasitas Terpasang)
adalah kapasitas yang tersedia/terpasang
dalam suatu perusahaan, besarnya dapat berubah dalam jangka panjang, sedangkan
dalam jangka pendek selalu tetap.
j. Manajemen
adalah
kegiatan/usaha untuk mencapai suatu tujuan dengan mengkoordinir dan
‘mengatur’ orang lain.
k. Manajemen Produksi
adalah
kegiatan ‘mengatur’ orang lain agar dapat menciptakan dan menambah manfaat
(utility).
0 comments:
Post a Comment