WINBIE GENESIS: Hubungan Strategi dan Kinerja Perusahaan winbie genesis

Pages

Wednesday, May 27, 2015

Hubungan Strategi dan Kinerja Perusahaan



Hubungan Strategi dan Kinerja Perusahaan

Dalam strategi dan kinerja perusahaan kita dapat menggunakan kacamata Balanced Scorecard (BSC). Balanced Scorecard mempunyai strategi dalam mencapai tujuannya :
1.Strategi finansial, yaitu strategi mengelola pertumbuhan, tingkat keuntungan, dan resiko.   ini strategi yang dilihat dari kacamat perusahaan atau pemegang saham.
2.Strategi pelanggan, yaitu strategi untuk menciptakan nilai dan diferensiasi produk. Strategi ini dilihat dari kacamata pelanggan.
3.Strategi proses internal yaitu penentuan proses-proses internal strategis yang mampu untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan pemilik saham.
4.Strategi learning and growth, yaitu strategi untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi pembelajaran organisasi, inovasi dan pertumbuhan.

Dengan empat prospektif yang dijalankan secara seimbang itu, organisasi dapat mengejar berbagai sasaran jangka pendek tanpa mengabaikan tujuan jangka panjangnya. Disini BSC berperan memberi keseimbangan terhadap ukuran-ukuran tersebut dari prospektif jangka pendek (financial) dan prospektif jangka panjang (non financial). Selajutnya, perlu dilakukan komunikasi yang intensif kepada seluruh anggota organisasi untuk memahami visi yang berkaitan dengan aktivitas pada masing-masing unit (communicating dan linking). Kemudian disusun suatu perencanaan bisnis planing. Terakhir sepanjang proses implementasi dari rencana yang telah disusun akan diperoleh masukan masukan (feedback) dan pembelajaran (learning). Artinya tidak selalu strategi yang disusun dapat di implementasikan secara sempurna. Bisa jadi terdapat kelemahan atau kekeliruan. Sehingga dalam hal ini pengelola organisasi harus menerjemahkan visi organisasi di masa berikutnya.
                                        
2.7 Posisi administrasi dalam perencanaan yang bersifat strategis
Dewasa ini posisi administrasi dalam perencanaan strategis makin penting. Pengelolaan oraganisasi secara manajerial sangat dibutuhkan untuk mengatur aktivitas sehari-hari dan aspek-aspek operasional organisasi seperti keuangan , sumber daya manusia, produksi, pemasaran, pelayanan konsumen, dan hal-hal lainnya. Hal ini juga berkaitan tehadap perubahan yang berjalan cepat sedangkan kompleksitas yang dihadapi masih rendah. Bercermin akan hal ini dapat kita lihat bahwa terjadi kesulitan dalam hal waktu karena lingkungan berubah secara cepat, pengambilan strategi pun tidak bisa terlalu berlarut-larut. Contoh yang dapat kita ambil dari hal ini yaitu perusahaan yang b ergerak dalam dunia perdagangan, pemasaran maupun distribusi produk. Begitu pula dengan perusahaan yang bergerak di bidang high tech, dimana penemuan teknologi, desain produk,serta munculnya kompetitor baru dapat terjadi secara tiba-tiba. Sehingga hal ini makin menekankan kita pada pentingnya posisi administrasi handal dalam suatu perencanaan strategis. Penyusunan strategi harus berusaha memberikan strategi yang meyakinkan agar tidak terjadi kebingungan maupun kehilangan arah.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com