Tingkatan-Tingkatan
Strategi
Dalam penyusunan strategi dalam suatu
perusahaan terdapat tingkatan-tingkatan dalam penyusunan strategi dikarenakan
ada banyak macam jenis usaha bisnis :
1.
Strategi korporat (corporate strategy atau
corporate-level strategy)
Ini dikhususkan untuk perusahaan atau organisasi yang
memiliki lebih dari satu unit bisnis. Tujuan dari strategi ini adalah
mengidentifiasi dan mengimplementasikan sinergi antar unit-unit bisinis. Dengan
mengombinasikan dan memanfaatkan keunggulan dari masing-masing unit bisnis
sehingga mencapai keuntungan maksimal.
Keuntungan ditingkat porporat berupa:
1.
Penekanan biaya (cost reductions)
2.
Perbaikan produk atau proses
3.
Peningkatan kecepatan
1.
Strategi level bisnis (business-level strategy)
Ini
dikhususkan pada perusahaan multi bisnis, masing masing divisi akan
mengembangkan strateginya sendiri berkaitan dengan produk atau jasa yang
ditawarkan. Jadi strategi ini identik dengan strategi porporat.
2.
Strategi level
fungsional (functional-level strategy)
Ini
khususkan untuk fungsi pemasaran dalam bisnis. Dalam hal ini perusahaan
mempunyai strategi tersendiri dalam menjalankan tugas-tugas tiap elemen dalam
perusahaannya seperti fungsi produksi, keuangan, penjualan dan pembelian
0 comments:
Post a Comment