Pengertian Manajemen Produksi dan Operasi
Berhubungan dengan teknologi yang semakin canggih di dalam
dunia usaha, setiap perusahaan selalu bersaing untuk mendapatkan jalan keluar
dalam proses produksinya yang secara efektif dan efisien. Guna mendukung tujuan
proses produksi di dalam perusahaan tersebut diperlukan suatu proses
transformasi yang dapat merubah input menjadi output, yang memiliki nilai
tambah dan dapat menghasilkan keluaran secara optimal yang sering disebut
manajemen produksi dan operasi.
Pengertian dari manajemen
produksi dan operasi menurut Sukanto
Reksohadiprojo (1995;3) adalah sebagai berikut :
“Kegiatan yang bertalian dengan penciptaan
barang-barang dan jasa-jasa melalui pengubahan / faktor produksi menjadi keluaran
/ hasil produksi, kegiatan mana memerlukan perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan agar tujuan-tujuan dapat dicapai
secara efektif”.
Menurut T. Hani Handoko (1993;3), mengemukakan pengertian manajemen
produksi sebagai berikut :
“Manajemen produksi dan operasi adalah usaha-usaha
pengelolaan secara optimal penggunaan sumber daya ( atau lebih sering disebut
Faktor Produksi ) tenaga kerja, mesin-mesin, bahan mentah, dan sebagainya dalam
proses tranformasi bahan mentah dan tenaga kerja menjadi berbagai produk atau
jasa”.
Menurut Sofjan Assauri (2004;12). Manajemen
Produksi dan Operasi didefinisikan sebagai berikut :
“Manajemen produksi dan
operasi merupakan kegiatan untuk mengatur dan mengkoordinasikan penggunaan sumber
daya manusia, sumber daya alat dan sumber daya dana serta bahan, secara efektif
dan efisien, untuk mencipatakan dan menambah kegunaan (utility) sesuatu barang atau jasa”.
Berdasarkan tiga teori di tersebut menunjukan
bahwa kegiatan produksi dan operasi merupakan segala sumber daya masukan
perusahaan diintegrasikan untuk menghasilkan keluaran yang memiliki nilai
tambah. Produk yang dihasilkan dapat berupa barang akhir, barang setengah jadi,
atau jasa. Bagi perusahaan yang berorientasikan laba, produk ini selanjutnya
dijual untuk memperoleh keuntungan dan sumber dana yang baru bagi kegiatan
operasi berikutnya, sementara bagi perusahaan atau organisasi nirlaba, produk
ini diberikan kepada masyarakat atau pengguna tertentu untuk memenuhi misi
tertentu.
0 comments:
Post a Comment