WINBIE GENESIS: Jenis-jenis Modal Kerja winbie genesis

Pages

Tuesday, May 26, 2015

Jenis-jenis Modal Kerja



  Jenis-jenis Modal Kerja
Modal kerja merupakan kekayaan atau aktiva yang diperlukan oleh perusahaan untuk menyelenggarakan kegiatan sehari-hari yang selalu berputar dalam periode tertentu.

Menurut Indriyo Gitosudarmo dan Basri (1992:33) “Modal kerja dalam suatu perusahaan dapat digolongkan sebagai berikut :
a.          Modal Kerja Permannen (Permanent Working Capital) yaitu modal kerja yang harus selalu ada pada perusahaan agar berfungsi dengan baik dalam satu periode akuntansi. Modal kerja permanen terbagi menjadi dua, yakni :
1)         Modal Kerja Primer (Primer Working Capital) adalah sejumlah modal kerja minimum yang harus ada pada perusahaan untuk menjamin kelangsungan kegiatan usahanya.
2)         Modal Kerja Normal (Normal Working Capital) adalah sejumlah modal kerja yang dipergunakan untuk dapat menyelenggarakan kegiatan produksi pada kapasitas normal.
b.         Modal Kerja Variabel (Variable Working Capital) yaitu modal kerja yang dibutuhkan saat-saat tertentu dengan jumlah yang berubah-ubah sesuai dengan perubahan keadaan dalam satu periode.
1)         Modal Kerja Musiman Seasonal Working Capital) yaitu modal kerja yang besarnya berubah-ubah disebabkan oleh perubahan musim.
2)         Modal Kerja Siklis (Cyclical Working Capital) modal kerja yang besarnya berubah-ubah disebabkan oleh perubahan permintaan produk.
3)         Modal Kerja Darurat (Emergency Working Capital) modal kerja yang besarnya berubah-ubah yang penyebabnya tidak diketahui sebelumnya. Misalnya bencana alam.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com