WINBIE GENESIS: LANGKAH PEMECAHAN MASALAH DALAM TQM winbie genesis

Pages

Friday, May 29, 2015

LANGKAH PEMECAHAN MASALAH DALAM TQM



LANGKAH PEMECAHAN MASALAH DALAM TQM
Mengapa suatu masalah harus dipecahkan ? Untuk menjaga jangan sampai timbul masalah lain yang lebih besar dan lebih luas pada waktu selanjutnya.
J. DEWEY : 3 lngkah dalam pengambilan keputusan (pemecahan masalah adalah suatu bentuk pengambilan keputusan)
1.    Identifikasi masalah : meneliti apa, dan bagaimana masalah yang timbul
2.    Pengembangan alternatif perbaikan/pemecahan masalah, yang mungkin dapat dilakukan untuk memecahkan masalah

3.    Pemilihan alternatif yang terbaik, yang dilakukan berdasarkan kriteria yang dapat dipergunakan.
H. SIMON : menambahkan 1 langkah yang perlu diberikan pada 3 tahapan diatas, yaitu evaluasi dari keputusan, yaitu sejauh mana hasil perbaikan dapat memecahkan masalah yang dihadapi, tentunya setelah implementasi dilakukan
4.     Implementasi
5.     Evaluasi
            TQM lebih menekankan perbaikan berkesinambungan di lingkungan kerja sehingga  dapat mencegah timbulnya masalah. Dalam hal ini ada 2 model untuk pemecahan masalah yang sekaligus mengarah pada perbaikan berkesinambungan, yaitu Siklus Deming dan Metode Perry Johnson.
SIKLUS DEMING
      Adalah model perbaikan berkesinambungan yang dikembangkan oleh seorang pionir TQM yaitu Dari. W. Edward Deming.
   Mengembangkan rencana untuk perbaikan (Plan)
   Melaksanakan rencana yang dibuat (Do)
   Memeriksa hasil yang dicapai(Check)
  Melakukan penyesuaian bila diperlukan (Action)

PDCA
PROSES
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
8 LANGKAH
PEMECAHAN
MASALAH
PLANNING
1.   IDENTIFIKASI
2.   PENGEMBANGAN
1.         Menentukan prioritas masalah
2.         mencari sebab-sebab yang mengakibatkan masalah
3.         meneliti sebab-sebab yang paling berpengaruh
4.         menyusun alternatif langkah perbaikan
DO
5.   PEMILIHAN ALTERNATIF
6.   IMPLEMENTASI
7.         Melaksanakan langkah-langkah perbaikan

CHECK
1.   EVALUASI
2.         Periksa hasil perbaikan
ACTION

3.         Mencegah berulangnya masalah
4.         Menggarap masalah selanjutnya

Untuk melengkapi langkah-langkah pemecahan masalah ini teknik-teknik dasar yang diperlukan bermacam-macam, sesuai dengan deskripsi dari setiap langkah.

No.
LANGKAH-LANGKAH
TEKNIK DASAR QC

1
MENENTUKAN PRIORITAS MASALAH
 


Bila terdapat banyak masalah, perlu diteliti masalah mana yang paling penting. Siapkan :
1.                  Diagram Pareto
2.                  Histogram
3.                  Bagan peneliti




2
MENCARI SEBAB-SEBAB YANG
MENGAKIBATKAN MASALAH


 


Siapkan diagram sebab dan akibat dengan menyertakan orang-orang yang terlibat dalam masalah tersebut.
Kejar sebab-sebabnya dengan seksama dan simpulkan sifat-sfat sebenarnya dari sifat-sifat tersebut.
F
 
E
 
A
 
B
 
C
 

3
MENELITI SEBAB-SEBAB YANG PALING BERPENGARUH

 




Dari langkah-langkah diatas, diduga sebab-sebab yang utama, kumpulkan data-data setiap penyebab utama dan gambarkan dalam Diagram Pareto.

Lengkapi dengan diagram penyebaran agar lebih tampak distribusi sebab-sebabnya.







Y
 



 






4
MENYUSUN ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN

 



Apabila sebab-sebabnya telah diketahui, pilihlah langkah-langkah perbaikan.
Cara terbaik dengan menggunakan 5 W + 1 H


5 W + 1 H
1.                  Why is the action important ?
2.                  What is the purpose of the action ?
3.                  Where should the action be taken ?
4.                  When should take tke action ?
5.                  How should the action be taken ?
6.                  Whoshould take the action?


5
MELAKSANAKAN LANGKAH LANGKAH PERBAIKAN

 


Data tindakan perbaikan dikumpulkan untuk kemudian dilaksanakan.

Periksa apakah langkah perbaikan telah dilaksanakan sesuai hasil penelitian

6
PERIKSA HASIL PERBAIKAN
 

Apabila hasilnya belum baik, ulangi kembali langkah-langkah mulai dari permulaan lagi sampai tercapai hasil yang memuaskan.

Tiap kali pengulangan, dibuat lagi diagram pareto, histogram, dan sebab akibat untuk mengetahui perbaikan yang telah dicapai.







 






 





7
MENCEGAH TERULANGNYA MASALAH
 





1.                  Tetapkan peraturan-peraturan dan tata cara kerja
2.                  tetapkan standar operasi prosedur/inspeksi, dsb
3.                  bila perlu peraturan/standar yang telah ada ditinjau kembali

MENGGARAP MASLAH SELANJUTNYA YANG BELUM TERPECAHKAN
 
8






Masalah selanjutnya diselesaikan sesuai 8 langkah pemecahan masalah, dan dimuai lagi dari langkah ke-1

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com