WINBIE GENESIS: Konsep Manajemen Kualitas winbie genesis

Pages

Friday, May 29, 2015

Konsep Manajemen Kualitas


Konsep Manajemen Kualitas


PENGERTIAN KUALITAS
   Definsi Kualitas berdasar sudut pandang para pakar dan organisasi
1.        Performance to the standard expected by the customer
2.        Meeting the customer’s needs the first time and every time
3.        Providing our customers with product dan services that consistently meet their needs and expectation
4.        Doing the right thing the first time always striving for improvement, and always satisfying the customer
5.        A pragmatic system of continual improvement, a way to successfully organize man and machines
6.        The meaning of excellence

7.        The best product that you can produce with the materials that you have to work with
8.        Continuous good product which a customer can trust
9.        Not only satisfying customers, but delighting them, innovating, creating
Beberapa kesamaan dari definisi‑definisi diatas:
1.        Kualitas meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
2.        Kualitas mencakup produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan
3.        Kualitas merupakan kondisi yang selalu berubah

            Berdasar elemen‑elemen tersebut, Goetsch dan Davis membuat definisi mengenai kualitas yang lebih luas cakupannya, yaitu kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan.

DEFINISI TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Pengertian TQM dapat dibedakan dalam dua aspek, yaitu :  APA dan BAGAIMANA
APA : TQM merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.
BAGAIMANA : Total Quality Approach, hanya dapat dicapai dengan memperhatikan karakteristik TQM berikut ini.
1.        Fokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal
2.        Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas
3.        Menggunakan pendekatan ilmiah dalam pengamibilan keputusan dan pemecahan masalah
4.        Memiliki komitmen jangka panjang
5.        Membutuhkan kerjasama tim
6.        Memperbaiki proses secara berkesinambungan
7.        Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan
8.        Memberikan kebebasan yang terkendali
9.        MemiIiki kesatuan tujuan
10.    Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan

SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TQM
1.        Evolusi gerakan TQM dimulai dari masa studi waktu dan gerak oleh bapak manajemen lImiah Frederick Taylor (1920‑an)
2.        Aspek yang paling fundamental dari manajemen ilmiah adalah pemisahan antara perencanaan dan pelaksanaan, dengan mulai dibentuk departemen kualitas yang terpisah
3.        Meningkatnya volume dan kompleksitas pemanufakturan → mendorong timbulnya quality engineering dan reliability engineering. QE mengarah ke konsep control chart dan RE mengarah ke konsep SPC dimana keduanya merupakan aspek fundamental darl TQM.

PRINSIP DAN UNSUR POKOK DALAM TQM
Menurut Hensler dan Brunell, ada 4 prinsip utaina dalam TQM:
1.   Kepuasan PeIanggan
2.    Respek Terhadap Setiap Orang
3.    Manajemen Berdasarkan Fakta
4.    Perbaikan Berkesinambungan

FOKUS PADA PELANGGAN
Pandangan Tradisional
            Pelanggan suatu perusahaan adalah orang yang membeli dan menggunakan produknya. Pelanggan tersebut berinteraksi dengan perusahaan setelah proses menghasilkan produk, sebaliknya (sebelum proses menghasilkan produk) disebut dengan pemasok.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com