Konsep Manajemen Kualitas
PENGERTIAN KUALITAS
Definsi Kualitas
berdasar sudut pandang para pakar dan organisasi
1.
Performance
to the standard expected by the customer
2.
Meeting
the customer’s needs the first time and every time
3.
Providing
our customers with product dan services that consistently meet their needs and
expectation
4.
Doing
the right thing the first time always striving for improvement, and always
satisfying the customer
5.
A
pragmatic system of continual improvement, a way to successfully organize man
and machines
6.
The
meaning of excellence
7.
The
best product that you can produce with the materials that you have to work with
8.
Continuous
good product which a customer can trust
9.
Not
only satisfying customers, but delighting them, innovating, creating
Beberapa kesamaan dari definisi‑definisi diatas:
1.
Kualitas
meliputi usaha memenuhi atau melebihi harapan pelanggan
2.
Kualitas
mencakup produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan
3.
Kualitas merupakan
kondisi yang selalu berubah
Berdasar
elemen‑elemen tersebut, Goetsch dan Davis membuat definisi mengenai kualitas
yang lebih luas cakupannya, yaitu kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang
berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang memenuhi
atau melebihi harapan.
DEFINISI TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Pengertian TQM dapat dibedakan
dalam dua aspek, yaitu : APA dan
BAGAIMANA
APA : TQM merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha
yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus
menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.
BAGAIMANA : Total Quality
Approach, hanya dapat dicapai dengan memperhatikan karakteristik TQM berikut
ini.
1.
Fokus
pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal
2.
Memiliki
obsesi yang tinggi terhadap kualitas
3.
Menggunakan
pendekatan ilmiah dalam pengamibilan keputusan dan pemecahan masalah
4.
Memiliki
komitmen jangka panjang
5.
Membutuhkan
kerjasama tim
6.
Memperbaiki
proses secara berkesinambungan
7.
Menyelenggarakan
pendidikan dan pelatihan
8.
Memberikan
kebebasan yang terkendali
9.
MemiIiki
kesatuan tujuan
10.
Adanya
keterlibatan dan pemberdayaan karyawan
SEJARAH SINGKAT
PERKEMBANGAN TQM
1.
Evolusi gerakan TQM
dimulai dari masa studi waktu dan gerak oleh bapak manajemen lImiah Frederick
Taylor (1920‑an)
2.
Aspek yang paling
fundamental dari manajemen ilmiah adalah pemisahan antara perencanaan dan
pelaksanaan, dengan mulai dibentuk departemen kualitas yang terpisah
3.
Meningkatnya
volume dan kompleksitas pemanufakturan → mendorong timbulnya quality
engineering dan reliability engineering. QE mengarah ke konsep control chart dan RE mengarah ke konsep SPC dimana
keduanya merupakan aspek fundamental darl TQM.
PRINSIP DAN UNSUR POKOK DALAM TQM
Menurut Hensler dan Brunell, ada 4 prinsip utaina dalam
TQM:
1. Kepuasan
PeIanggan
2. Respek
Terhadap Setiap Orang
3. Manajemen
Berdasarkan Fakta
4. Perbaikan
Berkesinambungan
FOKUS PADA PELANGGAN
Pandangan Tradisional
Pelanggan
suatu perusahaan adalah orang yang membeli dan menggunakan produknya. Pelanggan
tersebut berinteraksi dengan perusahaan setelah proses menghasilkan produk,
sebaliknya (sebelum proses menghasilkan produk) disebut dengan pemasok.
0 comments:
Post a Comment