WINBIE GENESIS: Pengertian Biaya Kualitas winbie genesis

Pages

Friday, May 29, 2015

Pengertian Biaya Kualitas



      Pengertian Biaya Kualitas
Memperbaiki kualitas secara terus menerus merupakan sesuatu yang penting dalam membangun masa depan bisnis yang berkelanjutan. Perbaikan kualitas merupakan aktivitas yang memerlukan biaya.
Pengertian biaya kualitas dapat dipahami dari beberapa definisi di bawah ini. Menurut Fandy dan Anastasia (2003:34), mendefinisikan biaya kualitas sebagai berikut:

“Biaya Kualitas adalah biaya yang terjadi atau mungkin akan terjadi karena kualitas yang buruk.”
Menurut Zulian Yamit (2001:12), mendefinisikan biaya kualitas sebagai berikut:
“Biaya kualitas adalah biaya-biaya yang terjadi dan yang akan mungkin terjadi karena produk cacat atau kualitas yang jelek, biaya kualitas berhubungan dengan desain, pengidentifikasian, perbaikan, dan pencegahan kerusakan produk.”

Blocher yang dialihbahasakan oleh Susty Ambarriany (2007:220), memberikan definisi terhadap biaya kualitas sebagai berikut:
“Biaya kualitas adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan, pengidentifikasian, perbaikan, dan pembetulan produk yang berkualitas rendah dengan opportunity cost dari hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat rendahnya kualitas.”

Dari definisi-definisi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa biaya kualitas adalah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan karena rendahnya kualitas dari produk yang dihasilkannya. Biaya kualitas tersebut berhubungan dengan pencegahan, pengindentifikasian, dan perbaikan kerusakan produksi.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com