Pengertian Biaya Kualitas
Memperbaiki kualitas secara terus menerus merupakan sesuatu yang penting
dalam membangun masa depan bisnis yang berkelanjutan. Perbaikan kualitas
merupakan aktivitas yang memerlukan biaya.
Pengertian biaya kualitas dapat dipahami dari beberapa definisi di bawah
ini. Menurut Fandy dan Anastasia (2003:34), mendefinisikan biaya kualitas
sebagai berikut:
“Biaya Kualitas adalah biaya yang terjadi atau mungkin akan terjadi
karena kualitas yang buruk.”
Menurut Zulian Yamit (2001:12), mendefinisikan biaya kualitas sebagai
berikut:
“Biaya
kualitas adalah biaya-biaya yang terjadi dan yang akan mungkin terjadi karena
produk cacat atau kualitas yang jelek, biaya kualitas berhubungan dengan
desain, pengidentifikasian, perbaikan, dan pencegahan kerusakan produk.”
Blocher yang dialihbahasakan oleh Susty Ambarriany (2007:220), memberikan
definisi terhadap biaya kualitas sebagai berikut:
“Biaya
kualitas adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan pencegahan,
pengidentifikasian, perbaikan, dan pembetulan produk yang berkualitas rendah
dengan opportunity cost dari
hilangnya waktu produksi dan penjualan sebagai akibat rendahnya kualitas.”
0 comments:
Post a Comment