BAB I
PENDAHULUAN
1. 1 Latar Belakang Masalah
Pertumbuhan ekonomi yang
semakin berkembang dengan pesat memungkinkan terjadinya persaingan di segala
bidang. Semua industri jasa maupun manufaktur dituntut untuk selalu menghadapi
semua permasalahan yang mungkin terjadi. Persaingan yang semakin ketat,
menuntut perusahaan memberikan yang terbaik kepada konsumen yaitu memberikan
pelayanan, mutu dan harga bersaing yang merupakan faktor yang sangat
berpengaruh dalam merebut konsumen.
Dewasa ini
perkembangan usaha di Indonesia semakin
luas, hal ini ditandai dengan berdirinya perusahaan-perusahaan di berbagai
wilayah sehingga, tidak menutup kemungkinan semakin banyaknya persaingan
diantara.
perusahaan-perusahaan
tersebut. Agar perusahaan mampu bersaing, maka sebaiknya pihak perusahaan harus
memperhatikan hasil produksinya terutama mengenai mutu produknya.
Dalam
pengambilan keputusan pembelian, pembeli selalu dihadapkan pada masalah-masalah
harga, mutu serta merk dari produk yang ditawarkan. Hal ini merupakan
kesempatan bagi setiap perusahaan untuk saling berlomba untuk mendapatkan
keuntungan dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan mengadakan promosi
penjualan. Promosi penjualan dimaksudkan untuk menarik para pembeli yang
berganti-ganti merk yang pada dasarnya mencari harga yang lebih rendah atau
premi yang ditawarkan perusahaan, jadi promosi penjualan dimaksudkan untuk
merangsang respon dalam jangka pendek.
Penerapan
strategi promosi harus memperhatikan gerak-gerik pesaing dalam mengantisipasi
perubahan struktur pasar pasca krisis. Krisis ekonomi yang diwarnai fluktuasi
nilai rupiah, menurunnya daya beli, tingginya suku bunga dan berkurangnya
aktivitas sektor riil menyebabkan perubahan perilaku pasar dan struktur pasar.
Perubahan politik di masa mendatang, seperti makin besarnya otonomi daerah juga
harus diperhatikan. Pendistribusian sumber daya ke daerah-daerah berarti terjadi
pula pendistribusian potensi pasar secara geografis. Artinya perlu perubahan
strategi agar lebih memahami karakteristik pasar, yang dengan sendirinya perlu
penyesuaian strategi promosi yang lebih efektif terhadap sasaran pasar. Pemasar
perlu merancang srategi berdasarkan perilaku konsumen, yang tentu saja datanya
hanya dapat diperoleh dari suatu penelitian tentang perilaku konsumen mulai
dari bagaimana kebutuhan akan suatu produk itu dirasakan, apa yang dilakukan
untuk memenuhi kebutuhan itu, bagaimana mereka memutuskan membeli produk,
bagaimana mengkonsumsi produk, sampai bagaimana mereka menyingkirkan produk
tersebut, dan apa yang dilakukan setelah
itu. Promosi penjualan memberi sejumlah manfaat yang
penting baik bagi produsen maupun konsumen. Promosi penjualan memungkinkan
produsen untuk menyesuaikan variasi penawaran dan permintaan jangka pendek.
Promosi penjualan memungkinkan produsen menguji seberapa tinggi harga yang
dapat dibebankan, karena produsen selalu dapat mengurangi harga tersebut. Promosi
penjualan dapat mendorong konsumen untuk mencoba produk baru bukannya beralih
dari produk yang biasa mereka gunakan sekarang. Promosi penjualan mendorong
format eceran yang lebih bervariasi, seperti toko berharga murah setiap hari
dan ada pula toko harga promosi. Promosi penjualan memperbesar kesadaran harga
konsumen. Mereka memungkinkan membantu produsen menyesuaikan program untuk
berbagai segmen konsumen. Konsumen sendiri menikmati kepuasan karena menjadi
pembelanja yang cerdik ketika mereka memanfaatkan harga spesial tersebut.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, mengenai
pentingnya strategi pemasaran maka penulis tertarik untuk memilih judul dalam
proposal skripsi ini “PENGARUH PROMOSI TERHADAP
TINGKAT PENJUALAN PADA PT. HERO SUPERMARKET TBK.”
0 comments:
Post a Comment