BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
SMK Bisnis dan
manajemen merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik
terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu yaitu bidang bisnis dan manajemen.
Pada prinsipnya misi SMK Bisnis dan Manajemen adalah menyiapkan lulusan yang
profesional dan berkualitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya
manusia yang profesional. Untuk mewujudkan misi tersebut dibutuhkan pendekatan
sistem pembelajaran yang khusus artinya pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan
di sekolah dan di dunia usaha/industri. Sesuai dalam kurikulum 2004
pembelajaran di SMK Bisnis dan Manajemen berdasarkan pada prinsip, yaitu (1).
berbasis luas, kuat dan mendasar (Broad Based Curirculum, BBC); (2).
berbasis kompetensi
(Competency Based Curriculum);
(3). pembelajaran tuntas (Mastery Learning); dan (4). berbasis ganda
(Dual Based program) (Depdikbud, 1999).
Prosedur pembelajaran
di SMK Bisnis dan Manajemen adalah penerapan pola Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
yang merupakan tatacara pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan yang dilakukan
di sekolah dan di dunia kerja. Proses pembelajaran di sekolah dimaksudkan untuk
mengembangkan profesi akademis dan kepribadian siswa, serta menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi sehingga mampu mengembangkan diri sesuai dengan
kebutuhan dan perkembangan dunia kerja. Sedangkan proses pelatihan di dunia
kerja bertujuan agar siswa menguasai kompetensi standar,
0 comments:
Post a Comment