Pasar dunia yang semakin kompetitif, membuat dunia usaha dituntut untuk professional,
serta dapat menanggapi kebutuhan konsumen. Bauran pemasaran sangat berperan penting dalam
dunia usaha saat ini,
karena loyalitas konsumen tercipta dari
strategi
yang baik
oleh
perusahaan.Bauran pemasaran
adalah strategi pemasaran dalam
manajemen
produk, harga,
promosi dan distribusi. Bauran pemasaran ditujukan untuk menyampaikan informasi secara luas,
memperkenalkan suatu
produk barang dan jasa, merangsang konsumen untuk membeli, bahkan menciptakan preferensi pribadi terhadap image suatu produk, oleh karena itu bauran pemasaran
dianggap sebagai salah
satu
unsur strategi yang paling potensial
di dalam memasarkan
produk.
Bauran pemasaran yaitu: produk, harga, promosi dan tempat (Kotler dan Amstrong, 2001), berperan terutama pada keadaan persaingan yang semakin kompetitif. Persaingan yang sangat kompetitif dalam pasar pembeli, peranan harga dan promosi penjualan sangat penting terutama untuk membangun loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan bagian terpenting pada pengulangan pembelian (Caruana, 2002). Loyalitas bisa dibangun dengan melakukan tindakan perbaikan pelayanan yang sistematis dan merupakan payung yang menentukan dalam menindak lanjuti komplain konsumen dari suatu kegagalan, sehingga pada akhirnya mampu mengikat loyalitasi konsumen (Elu, 2005 baca selengkapnya
0 comments:
Post a Comment