WINBIE GENESIS: POLIGAMI winbie genesis

Pages

Thursday, November 22, 2012

POLIGAMI



POLIGAMI ADALAH TATANAN SOSIAL KLASIK

Para pendeta pada abad pertenganhan mengganggap poligami merupakan tatanan sosial yang pertama kali diciptakan oleh muhamad.pendapat itu tentusaja sangat keliru karena poligami sudah ada sejak ratusan tahun lalu sejak zzaman sebelum islam. Menurut fakta sejarah bangsa Ibrani telah melakukan poligami sejak zaman dulu dan taurat telah membolehkan poligami tanpa ada batasan wanita yang boleh di nikahi dan batasan itu baru ditentukan pada kitab Talmud. Bahkan nabi sulaiman mempunyai istri sebanyak 100 orang.
Golongan rabbaniyun membatasi jumlah istri yang boleh dinikahi sebanyak empat orang saja dengan alas an istri yang dimiliki nabi ya’qup hanya empat orang.sementara orang-orang yahudi masih melakukan poligami sejak zaman eropa pertengahan hingga sekarang
.
Adapun bangsa Athena membolekan poligami dengan  wanita yang tak terbatas jumlahnya.Seperti yang dilakukan Daimosin yang memiliki istri tiga tingkatan wanita,istri-istri resmi dan semi resmi. Sedangkan di Mesir kuno pada masa Diodur Ash-shaqliy dan para pembesar lainnya melakukan poligami dan hubungan biologis dengan budak_budak wanitanya.
Dan didalam ajaran Zoroaster, terdapat anjuran bagi bangsa Persia untuk melakukan poligami serta mengambil selir dengan alasan bangsa yang selalu bertempur membutuhkan pemuda-pemuda yang tangguh untuk berperang.2
Kebiasaan poligami juga dilakukan oleh raja Romawi yaitu raja saila yang memiliki 4 istri.Bangsa nasrani tidak terlepas dari kebiasaan poligami, Raja Qastantin dan Raja Falafius Valentin membuat suatu undang-undang yang membolehkan poligami namun tidak ada uskup dan tokoh gereja yang membantahnya.
Undang-undang tentang pelarangan poligami mucul pertama kali pada masa Gustine, Namun masyarakat tidak ada yang mematuhinya.
Melihat fakta sejarah yang diterangkan diatas maka tidak mengherankan bila bangsa Arab di masa jahiliyah melakukan praktek poligami.kebiasaan ini dilakukan oleh orang yang mampu dan memiliki tujuan tertentu yang mendatangkan kebaikan. Sebagai contoh, MUndzir bin harits Al Ghassani dan An-Nu,man mengawini wanita dalam jumlah yang banyak dan pihak gereja tidak melarang mereka melakukan hal tersebut.
Setelah Islam muncul,semisal yang terjadi di Bani Tsagif,sejumlah laki-laki yang mempunyai istri sepuluh rela menceraikan enam orang istrinya untuk mematuhi aturan Islam. Sebagai contoh ghailan bin Amir, Sufyan Bin Abdullahdan Mas’ud bin Amir.
Sedangkan Qais bin Harits yang memiliki delapan orang istri diperintahkan Rosul untuk menceraikan empat orang istrinya dan tetap menikahi yang lain Abdul MUtholib bin Hasyim mempunyai enam orang istri sementara MUgrirah bin Syu’ban menikahi tujuh puluh lebih wanita
Berdasarkan fakta inilah maka tidak benar bila nabi Muhamad menciptakan kebiasaan poligami di dalam masyarakat karena kebiasaan itu telah muncul sejak zaman dahulu.

12 ISTRI NABI DENGAN LATAR BELAKANG DAN ALASAN NABI MENIKAHINYA



1.      Sayyidah Khadijah Binti Khuwailit
    
Kadijah adalah istri pertama rosulullah beliau adalah wanita yang pertama mengimani kenabian Muhamad suaminya.wanita yang senantiasa mengiringi dan menemani Nabi Muhamad dalah hidupnya.

         2. Saudah Binti Zam’ah Bin Qais Bin Abdu Syams
            
              Beliau adalah golongan yang pertama kali masuk islam,dia memeluk islam bersama suaminya As-sukran bin Abdu Syams. Keislamannya membuat mereka dikucilkan dan akhirnya hijrah ke Habasyah dan pada saat kembali ke akkah sang suami akhirnya meninggal dunia.
    Sayyidah Saudah adalah seorang wanita yang tua,gembrot dan lamban geraknya.Tidak ada lelakipun yang mau menjadi suaminya serta menerima keadaannya,sementara beliau tidak dapt kembali ke keluarganya karena takut disakiti karena ke-Islamannya.
Rasullah telah memuliakan wanita ini dengan menikahinya tujuan dari pernikahan ini adalah untuk melindungi Saudah dari gangguan dan penyiksaan kaumnya yang terkenal sadis dan bengis. Disamping itu pernikahn ini merupakan penghormatan baginyayang telah memeluk islam walupun dibenci keluarganya dan harus meningalkan tanah kelahirannya. Pernikahan ini juga merupakan upanya untuk meringankan beban akan kerinduan terhadap suaminya dan sebagai siasat untuk melunakan hati kaumnya untuk memeluk Islam.
      
3.      Aisyah binti Abu Bakar
   
Beliaun adalah putri Abu bakar sahabat Nabi yang paling setia dan tulus mengabdikan dirinya untuk Islam. Aisyah adalah seorang gadis yang pintar dan memiliki daya ingat yang kuat dbeliau mengerti tentang hadists dan hokum oleh sebab itu apabila sahabad mempunyai masalah tentang agama merka meminya fatwa kepada Aisyah.
Tujuan  rasullah menikahi aisyah karena sebagai upanya untuk memuliakan sahabatnya dan menambah hubungan kekrabatan dengan Abu Bakar.yang kedua
Rosullah menikahi Aisyah saat kondisi beliau sangat membutuhkan pendamping sepeninggak khadijah Sebab Istri beliau yang kedua yakni saudah tidak dapat melayani Rossullah dengan sepenuhnya. Ketiga rosullah memiliki rumah yang semestinya ada ada yang merawat dan memberikan kenyamanan di dalamnya

4.      Hafsah

Beliau adalah putri umar bin khatab pembantu utama Rosullah yang mempunyai kedudukan sebagai perdana mentri yang kedua bagi Rossullah. Suami Hafzah yang pertama yakni Khunais bin Huzdzafah As-Sahmi yang meninggal saat perang badar.
Pada saat itu Umar menawarkan putrinya yaitu Hafsah kepada Abu Bakar dan Usman tapi mereka menolaknya karena kesal dengan sikap kedua sahabatnya akhirnya UMar menemuai Rasullah dan mengadukan sifat kedua sahabatnya itu. Mendengar kerterangan Umar Nabi merasa beban yang dipikul umar sangat besar sehingga beliau bersedia untuk menikahi Hafzah. Adapun tujuan dari pernikahan itu adalah uantuk menenangkan hati Umar yang telah sakit hati terhadap penolakan dua sahabatnya dan sebagai upanya untuk menjaga keharmonisan hubungan nabi dengan Umar.

5.      Ummu Salamah

Nama lengkapnya adalahUmmu salamah Hindun Binti Abu Umayyah Hudzifah Bin Al Mughirah Al Makhzumy. Adapu suami yang sebelumnya adalah Abu Salamah Abdullah Bin Abdul Asad Bin Makhzum. Nabi menikahinya pada tahun kedua setelah perang badar. UMmu salamah merupakan wanita yang sudah tua dan mempunyai banyak anak.

Tujuan Rosullah menikahinya adalah untuk melindungi dan memuliakan Ummu Salamah sebagai balasan atas jasanya kepada dunia Islam.serta membantu Pemeliharaan anak-anak nya yang banyak jumlahnya.

6.      Zainab Binti Khuzaimah

Zainab binti khuzaimah berasal dari bani Amir Bin Sha’sha’ah.beliau dijuluki Ummul Massakin (ibu orang-orang miskin). Suami pertamanya bernama Thufail Bin Harits Bin Muthalib,yang gugur dalam perang Uhud. Zainab bukan seorang wanita yang cantik dan umurnya telah tua.
Alas an Rosullah menikahinya karena  untuk memuliakanya dan memberikan ketentraman baginya serta sebagai balasan atas meninggalnya suami pertamany si medan Uhud
Pernikahan Nabi dengan Zainab tidak berlangsung lama karena zainab meninggal tiga bulan setelah pernikahannya.
7.      Juwairiyah BInti Al harts Bin Abu Dhihar Al Khuza’iyah
Dulu beliau bernama barrah istri dari Musafih bin Shaffan dan Beliau adalah anak dari Al harits bin Dhihar Abu Bakar, pimpinan bani Musthaliq yang pernah memerangi Rosullah Karena tidak mau masuk Islam.Dalam pertempuran itu dimenangkan Oleh kaum muslimin. Pada saat peperangan itu juwairiyah tertawan,dan pada saat pembagian tawanan Jwairiyah menjadi bagian Tsbit Bin Qais.Tsabit mau membebaskannya dengan syarat dia harus melunasi harga dirinya sendiri.
Untuk melunasi harga dirinya juwairiyah datang kepada Rasullah untuk meminta bantuan. Kemudian Rasullah mau membantu dan menikahinya sebagai upaya untuk memerdekakannya.Alasan nabi menikahi juwariyah karena dalam pernikahan itu terdapat maanfaat yang sangat banyak bagi dunia Islam karena Bani muhthaliq bersedia memeluk dan membela Islam,sehingga membantu penyebaran dan dakwah agama islam.

8.      Ummu Habibah Binti Abu Sufyan Bin Harb
Nama beliau sebelumnya adalah Ramlah. Beliau merupakan muslimah yang teguh pendirianya walaupun bapaknya sangat menentang beliau masuk Islam  untuk menghindari konflik dengan keluarganya Beliau kemudian hijrah ke habasyah bersama suaminya(Ubaidillah Bin Jahsi). Namun sang suami kemudian Murtad dan memeluk nasrani,sedangkan Juwariyah tetap kukuh dengan ajaran Islam. Hingga akhirnya suaminya meninggalkannya,dan tak lama setelah itu suminya meninggal.
Rosullah kemudian menikahi beliau sebagai penghargaan atas perjuangannya dalam mempertahankan Islam, pernikahan ini juga merupakan upanya untuk menjaga kehormatannya.melindungi dan menghindarkankanya dari kemiskinan. Serta merupakan upanya untuk melunakkan hati bapaknya (Abu Sufyan) yang kita ketahui sangat   keras dalam menentang islam.
9.      Zainab Binti Jahsy Bin Ri’ab
Beliau adalah putri bibi Rosullah yang bernama amimah binti mutholib. Kemudian oleh Rosullah beliau dinikahkan dengan Zaid bin jahsy putra angkat Rossullah. Tapi pernikahan itu tak berlangsung lama. Karena sikap Zainab yng selalu merendahkan Zaid akhirnya Zaid menceraikannya dan perceraian itu telah diketahui Rossullah sebelumnya melaui wahyu.
Dalam percerainnya itu muncul kabar-kabar yang menfitnah Rossullah.bawasanya Rossullah tertarik pada Zainab dan ahirnya zaid merelakan istrinya untuk dberikan pada Rossullah. Namun rosullah meminta zaid untuk tetap menjaga isrtrinya dan akhirnya perceraian tidak dapat dihindarkan. Namun semua itu merupakn fitnah bagi rosullah, karena perceraian itu sudah diketahui sebelumnya karena Allah telah memberitau nabi akan kejadian itu melalui wahyu.
Akhirnya nabi menikahi Zainab, dalam pernikahan itu muncul angapan negatif  dari masyarakat yang menganggap nabi melakukan perbuatan dosa yang menikahi seorang wanita yang merupakan mantan istri anak angkatnya.
Namun melaluai pernikahan ini nabi membuktikan bahwa seorang boleh menikahi wanita yang merupakan mantan istri anak angkatnya karena allah tidak pernah melarang hal tersebut.dan pernikahan ini merupakan sebagai langkan mendobrak akan adat jahiliyah itu.
10.  Shafiyah Binti Huyay Bin Akhthab
Beliau merupakan seorang berkebangsaan Yahudi bapaknya adalah pimpinanan  Bani Nadhir. Beliau pernah mempunyai dua suami yang berkebangsaan Yahudi.belia menjadi tawanan dalam perang khaibar  yang dimenangkan kaum muslimin.
Pada saat pembagian tawanan Dhiyah  memminta kepada Rosullah untuk memberikan kepadanya seorang budak wanita dan akhirnya dhiyah memilih shafiyah. Mengetahui hal tersebut para sahabat membertahu kepada Rosullah bahwa shafiyah merupakan putri pimpinan Bani nadhir. Mengetahui hal tersebut akhirnya Rossullah meminta Dhiyah memilih wanita yang lain.
Setelah itu Rossullah memberi pilihan kepada shafiyah, antara dipulangkan atau dimerekakan kemudian dinikahi Rossullah. Ternyata shafiyah lebih memilih menikah dengan rosullah. Dan pilihan tersebut sangat tepat karena rosullah adalah pria yang tepat yang akan selalu menjaga dan memberiakan rasa aman baginya.dan pernikahan itu merupakan sebuah upaya untuk melunakan hati Bani Nadhir yang selama ini memusuhi kaum muslimin.

11.  Maimunah Binti Al Harts Bin Hazn Al Hilaliyah

Wanita ini mempunyai banyak kekrabatan dengan para pemuka bangsa arab.Suaminya yang kedua meninggal dunia,lalu abbas bin Abdul Muthalib menemui Nabi agar mau menikahi Maimunah dan nabi menerima tawaran itu dengan berbagai pertimbangan yaitu : 
a.       Maimunah merupakan saudara dari istri paman Nabi yaitu, Hamzah,ja’far dan Abbas. Dan ketiganya merupakan orang yang paling dicintai Rossullah dan Nabi tidak mungkin menolak Tawaran kedua orang tersebut yang menginginkan kemuliaan bagi maimunah.
b.      Saudara-saudara perempuan Maimunah adalah istri dari para pemuka bangsa arab. Dan merupakn suatu hal yang baik untuk menyamai mereka dengan sebab pernikahan ini
c.       Maimunah merupakan wanita yang sudah tua yang memerlukan perlindungan dan kasih sayang dari seorang suami.yang tidak dia dapatkan karena suaminya telah meninggal
d.      Dialah wanita yang telah menghibahkan dirinya untuk Nabi. Dan bukan merupakan hal yang baik untuk menolak tawaran itu.
12.  Mariyah Al Qibthiyah

Nabi pernah mengirimkan utusan dan surat kepada Al Muqauqis agar mau memeluk Islam. AL Muqauqis menyambut utusan tersebut dengan baik  Lalubelia mengirimkan kepada nabi bermacam-macam hadiah diantaranya adalah Mariyah dan saudaranya yang bernama Sirin. Kemudian Nabi menikakan Sirin dengan Hasan bin Tsabit sementara nabi menikahi Mariyah yang pada akhirnya melahirkan seoarang anak yang diberinama Ibrahim.
Adapun alasan Nabi melakukan pernikahan itu karena Nabi menghargai pemberian Al Muqauqis yang bersedia menerima utusannya dengan baik sehingga akan menyenangkan hati Al Muqauqis dan Mariyah. Pernikahan tersebut juga akan memberikan dampak yang sangat baik bagi penyebaran Islam di Mesir.Dan yang terakhir pernikahan tersebut sebagai bukti bahwa seorang Muslim boleh menikahi wanita Ahli kitab yang diharapkan dengan pernikahan tersebut dapat memberi manfaat bagi Perkembangan Islam.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com