WINBIE GENESIS: MAKALAH WARALABA(BAKSO CINTA) winbie genesis

Pages

Thursday, November 22, 2012

MAKALAH WARALABA(BAKSO CINTA)



PEMBAHASAN WARALABA BAKSO CINTA

I. Profil Perusahaan
Bakso Cinta dirintis pertama kali di Surabaya awal tahun 2007, dengan sebuah gerobak motor berisi pentol ’Chilok’. Terinspirasi dari penjual pentol di beberapa kampus di Surabaya dan juga beberapa keluarga yang berprofesi sebagai penjual bakso. Dengan modal tipis dan tekat mendirikan UKM (Usaha Kecil ber-omzet Miliaran), Bakso Cinta mulai berkeliling dari kampung ke kampung. Tak disangka, resep dari uji coba dan belajar juga dari keluarga dikampung—mendapatkan respon yang positif dari tetangga kanan kiri. Mereka mengatakan bahwa rasanya enak dan sausnya juga lezat. Karena animo pelanggan yang begitu besar,  akhirnya berhasil membuat rombong bakso dorongan yang lebih besar (yang semula hanya gerobak yang dipasang di motor). Paduan antara pentol Chilok dan Bakso pun disuguhkan sebagai menu utama saat ini. Hingga saat ini Bakso Cinta mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pelanggan, hal ini terbukti dengan pendapatan satu hari bisa mencapai Rp. 250. 000,- dalam waktu 8 jam kerja. Potensi ini menjadi kekuatan tersendiri dalam perkembangan prospek ke depan.
Bakso Cinta didirikan dalam rangka menjawab beberapa permasalahan yang ada di masyarakat. Ada sekian banyak masalah yang dialami oleh masyarakat  hal dibawah ini adalah salah satunya :
Banyak orang memiliki penyakit ‘dalam’. (darah tinggi, kolesterol, asam urat) dan mereka sangat senang sekali makan dan menikmati jajanan. Dan mereka kesulitan untuk mencari makanan enak yang nikmat namun tidak membahayakan kesehatan
.
Pola hidup, makan, istirahat serta olahraga masyarakat semakin memprihatinkan. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi kebiasaan yang wajar.
Banyak makanan yang tidak halal beredar di pasar. Menurut survei dari beberapa lembaga farmasi, banyak penjual makanan yang bahan utamanya adalah daging menggunakan daging babi dan anjing. Hal ini adalah masalah besar bagi kaum muslim di Indonesia.
Banyak sekali pengangguran dimana-mana. Lulusan SMA maupun sarjana banyak yang kesulitan mencari pekerjaan yang layak untuk sumber penghidupan mereka. Ada sekian juta pengangguran setiap tahunnya dan harus ada yang menampung tenaga mereka.
Kendala internal Bakso Cinta. Sebenarnya keuntungan yang didapat sudah lumayan. Namun keuntungan yang didapat lebih banyak tersedot untuk biasa operasional sehari-hari.

Bakso Cinta ingin memberikan sedikit sumbangsih untuk menyelesaikan masalah diatas.
Kita harus memulai merintis makanan cepat saji yang alami. Bakso Cinta dibuat dari bahan-bahan alami dan menyehatkan. Jadi, aman bagi semua umur dan segala kondisi kesehatan pelanggan. Tanpa bahan-bahan pengawet dan meminimalisasi penggunaan penyedap buatan. Rasa lezat Bakso Cinta berasal dari perpaduan bumbu ’rahasia’ yang penuh dengan rempah-rempah.
Bakso Cinta peduli terhadap kesehatan umat manusia. Selain berjualan makanan cepat saji, Bakso Cinta juga berusaha untuk selalu mengkampanyekan hidup sehat pada para pelanggan. Jadi, bagaimana bisa memiliki tubuh yang sehat—bugar—lincah dan kuat---namun tetap bisa makan-makanan yang enak-enak seperti Bakso Cinta. Ada program minuman ’Sehat dengan Jus setiap hari’.
Bakso Cinta dibuat dari bahan-bahan yang 103 % halal. Untuk saat ini masih menggunakan bahan daging sapi saja. Untuk ke depannya, akan dikembangkan pentol dari daging kambing, ikan, cumi, pentol buah, ayam dan lain sebagainya. Jadi, umat islam tidak perlu khawatir melahap Bakso Cinta.
Bakso Cinta akan menjadi alternatif pekerjaan yang menjanjikan. Walaupun sekarang hanya memiliki 2 tukang masak dan itupun dari tetangga kanan kiri,  memiliki impian untuk membuka outlet di setiap kecamatan di Surabaya untuk beberapa tahun ke depan. Dan kemungkinan meluas di daerah selain Surabaya juga sangat besar. Otomatis perkembangan Bakso Cinta ke depan akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit. Saat ini masih sederhana dalam pengelolaannya, namun akan diperbaiki ke depannya agar menjadi lebih profesional.

II. MODEL USAHA

Saat ini Bakso Cinta masih segmentasinya pada masyarakat kampung level bawah. Anak-anak, remaja, bapak-ibu menyukainya.  pelanggan tetapnya lebih banyak pada anak muda. Mungkin karena namanya yang berbau muda, ”Bakso Cinta”.

        Mengapa Harus Bakso Cinta Sebagai Pilihan Investasi ?
1. Modal tidak terlalu besar
2. Jenis makanan rasa lokal yang digemari dari seluruh lapisan meliputi :
Makanan & Minuman
· Bakso Campur
· Bakso Urat / Halus
· Siomay & Batagor
· Nasi Goreng Jawa
· Mie Goreng Jawa
· Aneka Juice Segar
· Es Campur
· Es Dawet
3. Prospek ke depan yang cerah, dengan trend fastfood sebagai gaya hidup
4. Resiko rendah, karena dengan sistem yang sudah ada
5. Pengembalian modal relatif cepat, karena sistem tunai
6. Pengelolaan relatif mudah
Keistimewaan
Isi yang ditawarkan
Bergizi, alami , mengajak pada gaya hidup sehat, produk baru berkala yang lezat dan unik.
Bagaimana cara menawarkan
Self service, clean-lines-service-value : outlet yang selalu bersih, layanan cepat dalam 3 menit, harga terjangkau. Berjualan bakso kaki lima namun higienis dan profesional.
Sisi Insfrastrukturnya
karyawan bisa mengatur gaji sendiri, efesiensi tenaga kerja. Itu semua tergantung dari kinerja dan omzet yang didapatkan. Pembinaan keagamaan dilakukan secara berkala.



III. PERSAINGAN

Persaingan yang  dihadapi begitu luar biasa. Bakso cinta percaya bahwa semakin banyak pesaing, semakin cerdas dan hebatlah kita. Pesainglah yang membuat  lebih berjuang. Beberapa usaha lain dibawah ini adalah contoh pesaing dari Bakso Cinta:
Bakso Malang Cak Eko
Rumah Bakso
Mister Bakso
Bakso-bakso tradisional

Sebagian besar usaha diatas dikelola berbasis restoran. Jadi, lebih terpusat di mall-mall. Dan ada juga usaha-usaha bakso tradisional yang sering bertemu di tempat penggilingan daging. Namun, tetap Bakso Cinta akan terus maju dengan segala keunggulannnya. Menu-menu unik seperti : Bakso Ayam, Bakso Ikan Tuna, Bakso Keju, Bakso Strowbery, Bakso Coklat, Goreng Sambosa akan mengejutkan pelanggan.

IV. BENTUK KEMITRAAN YANG DIAJUKAN

Modal penuh 100% disediakan & dimiliki pihak mitra
Pihak Mitra : 1 outlet prototype didirikan & dibiayai oleh mitra. Hanya mengeluarkan modal penuh saja.
Pihak BC : menyiapkan manajemen  pengelolaan usaha, SDM, laporan keuangan/ akutansi, pengadaan bahan baku, pengembangan usaha, peralatan awal (alat dapur, alat kerja, alat-rumah makan, penyediaan modal kerja awal)

Peralatan atau tools outlet disediakan oleh mitra.
-Pihak Mitra : menyediakan semua peralatan 1 outlet (alat dapur, alat kerja, alat makan) dan menyediakan modal tunai awal kerja sebesar 50% dari modal penuh.
-Pihak BC : menerima semua peralatan dan menjalankan outlet tersebut dengan modal 50% (dari modal penuh) yang telah diberikan.


V. TAHAP-TAHAP KEMITRAAN

Tahap Negosiasi (Pertama)

1. Infromasi awal
2. Mencari beberapa alternatif tempat
3. Pemilihan tempat yang tepat serta realisasinya

Tahap pembukaan pertama

1. Membayar DP sesuai aturan yang ditentukan
2. Tahap pembuatan outlet oleh Manajemen Bakso Cinta
3. Renovasi dan make up tempat & outlet dengan warna standart
4. Belanja Aktiva2 (meja, kursi,Dll)
5. Rekruitmen karyawan
6. Training karyawan
7. Pembuatan papan nama Bakso Cinta
8. Pengurusan ijin gangguan (HO)
9. Pelunasan biaya outlet sesuai dengan ketentuan 4 hari sebelum barang di kirim
10. Persiapan pemasaran dan grand opening

Tahap pembukaan kedua

1. Penandatanganan Kontrak Perjanjian Kerjasama
2. Doa bersama untuk kelancaran usaha
3. Grand Opening

Perlengkapan Yang Diberikan Kepada Mitra Usaha
ada beberapa paket investasi yang bisa menjadi pilihan mitra, ada paket outdoor (15 juta), paket indoor mini resto (Rp. 35 juta), paket mini resto (Rp. 50 juta); dan tentu masing-masing outlet memberikan income yang berbeda pula.

Paket Outdoor (investasi Rp. 15 juta)
· Etalase beserta atribut promosinya
· Kompor double 1 buah
· Tabung gas dan perlengkapannya 1 buah
· Panci rebus mie ayam
· Saringan mie ayam 1 buah
· Wajan penggorengan nasi goreng, Mie goreng, & Mie godok 1 buah
· Wajan penggorengan batagor 1 buah
· Tempat kuah / dandang bakso 1 buah
· Dandang kecil untuk siomay 1 buah
· Irus kuah bakso 1 buah dan Sutil 1 buah
· Panci kecil untuk bumbu siomay & batagor 1 buah
· Penjepit 1 buah
· 1 buah blender
· 1 buah freezer
· 1 buah magic jar
· 1 buah gelas ukur
· Termos Es 1 buah
· Banner ukuran 60 x 160 cm
· Seragam kerja untuk 3 orang 2 set
· 3 lusin mangkok bakso
· 3 lusin tempat sambal
· 1 set tempat saos sambal, kecap.
· 3 lusin sendok garpu
· 2 lusin piring nasi goreng/siomay
· 2 lusin gelas juice
· 2 lusin gelas es campur/ dawet
· Promotion Kit
· Neon Box
· 10 buah Nota/bon


VI. Keunggulan kemitraan “Bakso Cinta”

A. Aspek Ekonomis

a. Produk bakso dan variannya memiliki keunggulan spesifik sehingga menempatkan posisinya sebagai Nomor 1 di pasar bakso-Malang, dengan memiliki brand-name dan brand equity yang tinggi serta telah memperoleh sertifikat hak atas merek dagang dari pemerintah tgl.14-3-2002 No.JOO-O1-O4385;

b. Harga jual-bakso dan variannya adalah kompetitif sehingga terjangkau oleh daya-beli masyarakat luas;

c .Kebutuhan modal yang tidak terlalu besar;

d. Investasi yang beresiko rendah, namun dengan imbal-hasil (rate of returns) yang tinggi.

e.  Kemitraan mulai Rp. 15 juta (outdoor biasa), Rp. 35 juta, Rp. 50 juta (resto) dengan sebesar Rp.50 juta untuk masa 5 tahun adalah relatif murah dibandingkan franchise fee untuk waralaba usaha penjualan makanan lainnya;

f. Royalty fee sebesar 5% dari hasil-penjualan kotor per bulan adalah relatif murah dibandingkan royalty fee untuk waralaba usaha penjualan makanan lainnya;

g. Untuk menjaga keunggulan spesifik, pihak manajemen senantiasa melakukan riset pengembangan produk, sehingga sampai sekarang telah ada lebih dari 14 item varian dari produk utama bakso sehingga memberikan pilihan yang beragam bagi konsumen;

h. Secara resmi, produk bakso dan variannya telah memperoleh sertifikat halal.

i. Semua produk bakso tidak mengandung borax, formalin atau bahan pengawet lainnya, serta tidak mengandung bahan ,kpengenyal seperti fosfat atau sodium tripoliphospate (SP2);

j. Untuk menjaga kesegaran, bakso diproduksi dan dimasak di setiap outlet, tidak dipasok dari kantor pusat dalam bentuk bakso–beku (frozen meat ball).

B. Aspek Keamanan dan Kepastian

1. Perjanjian kemitraan dibuat berdasarkan peraturan perundang- undangan yang berlaku di hadapan Notaris sehingga dapat melindungi kepentingan semua pihak;

2. Materi perjanjian memuat hak dan kewajiban yang jelas dan menguntungkan kepada semua pihak (a positive sum transactions).

3. Masa perikatan yang cukup panjang, yakni sampai dengan 5 tahun dan dapat diperpanjang, sehingga memberikan kesempatan yang lebih lama bagi franchisee untuk menikmati hasil-usaha;

4.Berdasarkan azas kebersamaan, kesamaan visi dan misi, serta fleksibelitas.

C. Aspek Teknis Operasional


a. Bahan baku yang diperlukan adalah banyak tersedia di setiap pasar di seluruh wilayah Indonesia sehingga terjamin kelangsungan produksinya;

b. Kantor-pusat akan mengirim tenaga-ahli di bidang produksi dan tenaga ahli manajemen ke setiap outlet;
c. Sebelum beroperasi terlebih dahulu dilakukan pelatihan terhadap pihak terwaralaba (franchisee) beserta seluruh pegawainya;
d.Sifat kegiatan produksi dan penjualan bakso adalah sederhana dan tidak rumit sehingga relatif mudah untuk dijalankan apabila dibandingkan kegiatan usaha makanan lainnya.

D. Aspek Manajerial

a.Memiliki Tim Manajemen yang kuat didukung oleh tenaga professional;

b.Tersedia buku panduan untuk kegiatan produksi, persediaan, manajemen pelayanan dan keuangan, serta promosi;

c.Tim Manajemen menyediakan program asistensi;

d.Tim Manajemen secara aktif melakukan riset pasar dan mengembangkan program pemasaran;

e.Menyediakan forum komunikassi antara franchisor dan franchisee dalam bentuk buletin berkala.

VII. Prasyarat Calon Terwaralaba (Franchisee)

a.  Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
b. Memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi terhadap perusahaan;
c. Memiliki semangat kewirausahaan dan keinginan kuat untuk berhasil;
d. Bersedia mencurahkan sepenuhnya tenaga, pikiran dan waktunya untuk kegiatan waralaba;
e. Berdomisili tidak jauh dari lokasi outlet;
Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), pribadi yang manarik, ramah, terbuka dan mudah bergaul;

Kelengkapan Persyaratan Permohonan

a.Surat Permohonan bermeterai;
b.Daftar Riwayat hidup pemohon (curriculum vitae);
c.Akte pendirian dan profil perusahaan (bagi usaha berbadan hukum);
d.Fotokopi KTP
e.Fotokopi ijazah/sertifikat pendidikan formal maupun non-formal;
f.2 lembar pasfoto (4x6).
g.Bukti kepemilikan rekening bank dengan reputasi yang baik.
f.Bersedia membuat pernjanjian bahwa tidak akan memberi borax, formalin atau bahan pengawet lainnya dalam semua jenis makanan yang dijual.

Proses Pengajuan Permohonan

A. Pihak calon terwaralaba (franchisee) mengajukan surat permohonan beserta kelengkapannya kepada pihak pewaralaba (franchisor) melalui pihak manajemen “Bakso Cinta”.
B. Pihak manajemen akan melakukan seleksi awal berupa pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen pendukung yang terlampir pada surat permohonan;
C. Jika dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka surat permohonan ditolak sama sekali atau masih perlu dipenuhi kelengkapannya untuk diajukan kembali;
D. Apabila dinyatakan memenuhi syarat, maka tahap berikutnya adalah interview/tatap muka dengan pihak manajemen/pemilik perusahaan (franchisor);
E.  Apabila dinyatakan memenuhi syarat dalam tahap interview, maka pada tahap berikutnya adalah pihak manajemen/pemilik perusahaan (franchisor) melakukan survey ke lokasi outlet dan melihat langsung kondisi fisiknya serta pasokan bahan baku demikian pula bagaimana kondisi para pesaing;
F. Bilamana lokasi dan kondisi fisik outlet dinyatakan memenuhi syarat, maka tahap berikutnya adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan pada saat bersamaan pihak calon terwaralaba (franchisee) diwajibkan menyerahkan uang muka (advance payment) sebesar 10% dari franchise-fee.
G. Apabila calon terwaralaba (franchisee) telah melengkapi sarana dan prasarana operasional termasuk tenaga-kerjanya, maka tahap berikutnya adalah penyerahan sisa franchise-fee sebesar 90% dan diteruskan dengan penandatanganan Perjanjian Waralaba di hadapan notaris, kemudian dilanjutkan dengan implementasinya, antara lain : orientasi, pelatihan & simulasi, dan peresmian pembukaan outlet.

CATATAN : berdasarkan azas fleksibelitas dan keuntungan bersama, maka semua
prasyarat dan syarat tersebut adalah negotiable.


Alamat/address :

Bakso Cinta
Jalan Gundih I no. 46 Kecamatan Bubutan,
Surabaya Jawa Timur

Contact persons :

Adi Subiyanto, Ph.SS
HP. 0857-46-4242-50
adi.subiyanto@gmail.com






0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com