PEMBAHASAN WARALABA BAKSO CINTA
I. Profil Perusahaan
Bakso Cinta dirintis pertama kali di Surabaya awal tahun
2007, dengan sebuah gerobak motor berisi pentol ’Chilok’. Terinspirasi dari
penjual pentol di beberapa kampus di Surabaya dan juga beberapa keluarga yang
berprofesi sebagai penjual bakso. Dengan modal tipis dan tekat mendirikan UKM
(Usaha Kecil ber-omzet Miliaran), Bakso Cinta mulai berkeliling dari kampung ke
kampung. Tak disangka, resep dari uji coba dan belajar juga dari keluarga
dikampung—mendapatkan respon yang positif dari tetangga kanan kiri. Mereka
mengatakan bahwa rasanya enak dan sausnya juga lezat. Karena animo pelanggan
yang begitu besar, akhirnya berhasil
membuat rombong bakso dorongan yang lebih besar (yang semula hanya gerobak yang
dipasang di motor). Paduan antara pentol Chilok dan Bakso pun disuguhkan
sebagai menu utama saat ini. Hingga saat ini Bakso Cinta mendapatkan sambutan
yang sangat bagus dari pelanggan, hal ini terbukti dengan pendapatan satu hari
bisa mencapai Rp. 250. 000,- dalam waktu 8 jam kerja. Potensi ini menjadi
kekuatan tersendiri dalam perkembangan prospek ke depan.
Bakso Cinta didirikan dalam rangka menjawab beberapa
permasalahan yang ada di masyarakat. Ada sekian banyak masalah yang dialami
oleh masyarakat hal dibawah ini adalah
salah satunya :
Banyak orang memiliki penyakit ‘dalam’. (darah tinggi,
kolesterol, asam urat) dan mereka sangat senang sekali makan dan menikmati
jajanan. Dan mereka kesulitan untuk mencari makanan enak yang nikmat namun
tidak membahayakan kesehatan
.
.
Pola hidup, makan, istirahat serta olahraga masyarakat
semakin memprihatinkan. Gaya hidup yang tidak sehat menjadi kebiasaan yang
wajar.
Banyak makanan yang tidak halal beredar di pasar.
Menurut survei dari beberapa lembaga farmasi, banyak penjual makanan yang bahan
utamanya adalah daging menggunakan daging babi dan anjing. Hal ini adalah
masalah besar bagi kaum muslim di Indonesia.
Banyak sekali pengangguran dimana-mana. Lulusan SMA maupun sarjana
banyak yang kesulitan mencari pekerjaan yang layak untuk sumber penghidupan
mereka. Ada sekian juta pengangguran setiap tahunnya dan harus ada yang
menampung tenaga mereka.
Kendala internal Bakso Cinta. Sebenarnya keuntungan yang
didapat sudah lumayan. Namun keuntungan yang didapat lebih banyak tersedot
untuk biasa operasional sehari-hari.
Bakso Cinta ingin memberikan sedikit sumbangsih untuk
menyelesaikan masalah diatas.
Kita harus memulai merintis makanan cepat saji yang
alami. Bakso Cinta dibuat dari bahan-bahan alami dan menyehatkan. Jadi, aman bagi
semua umur dan segala kondisi kesehatan pelanggan. Tanpa bahan-bahan pengawet
dan meminimalisasi penggunaan penyedap buatan. Rasa lezat Bakso Cinta berasal
dari perpaduan bumbu ’rahasia’ yang penuh dengan rempah-rempah.
Bakso Cinta peduli terhadap kesehatan umat manusia.
Selain berjualan makanan cepat saji, Bakso Cinta juga berusaha untuk selalu
mengkampanyekan hidup sehat pada para pelanggan. Jadi, bagaimana bisa memiliki
tubuh yang sehat—bugar—lincah dan kuat---namun tetap bisa makan-makanan yang
enak-enak seperti Bakso Cinta. Ada program minuman ’Sehat dengan Jus setiap
hari’.
Bakso Cinta dibuat dari bahan-bahan yang 103 % halal.
Untuk saat ini masih menggunakan bahan daging sapi saja. Untuk ke depannya,
akan dikembangkan pentol dari daging kambing, ikan, cumi, pentol buah, ayam dan
lain sebagainya. Jadi, umat islam tidak perlu khawatir melahap Bakso Cinta.
Bakso Cinta akan menjadi alternatif pekerjaan yang
menjanjikan. Walaupun sekarang hanya memiliki 2 tukang masak dan itupun dari
tetangga kanan kiri, memiliki impian
untuk membuka outlet di setiap kecamatan di Surabaya untuk beberapa tahun ke
depan. Dan kemungkinan meluas di daerah selain Surabaya juga sangat besar.
Otomatis perkembangan Bakso Cinta ke depan akan menyerap tenaga kerja yang
tidak sedikit. Saat ini masih sederhana dalam pengelolaannya, namun akan
diperbaiki ke depannya agar menjadi lebih profesional.
II. MODEL USAHA
Saat ini Bakso Cinta masih segmentasinya pada masyarakat
kampung level bawah. Anak-anak, remaja, bapak-ibu menyukainya. pelanggan tetapnya lebih banyak pada anak
muda. Mungkin karena namanya yang berbau muda, ”Bakso Cinta”.
Mengapa Harus Bakso
Cinta Sebagai Pilihan Investasi ?
1. Modal tidak terlalu besar
2. Jenis makanan rasa lokal yang digemari dari seluruh lapisan
meliputi :
Makanan & Minuman
· Bakso Campur
· Bakso Urat / Halus
· Siomay & Batagor
·
Nasi Goreng Jawa
· Mie Goreng Jawa
· Aneka Juice Segar
· Es Campur
· Es Dawet
3. Prospek ke depan yang cerah, dengan trend fastfood sebagai gaya
hidup
4. Resiko rendah, karena dengan sistem yang sudah ada
5. Pengembalian modal relatif cepat, karena sistem tunai
6. Pengelolaan relatif mudah
Keistimewaan
Isi yang ditawarkan
Bergizi, alami , mengajak pada gaya hidup sehat, produk baru berkala
yang lezat dan unik.
Bagaimana cara menawarkan
Self service, clean-lines-service-value : outlet yang selalu bersih,
layanan cepat dalam 3 menit, harga terjangkau. Berjualan bakso kaki lima namun
higienis dan profesional.
Sisi Insfrastrukturnya
karyawan bisa mengatur gaji sendiri, efesiensi tenaga
kerja. Itu semua tergantung dari kinerja dan omzet yang didapatkan. Pembinaan
keagamaan dilakukan secara berkala.
III. PERSAINGAN
Persaingan yang
dihadapi begitu luar biasa. Bakso cinta percaya bahwa semakin banyak
pesaing, semakin cerdas dan hebatlah kita. Pesainglah yang membuat lebih berjuang. Beberapa usaha lain dibawah
ini adalah contoh pesaing dari Bakso Cinta:
Bakso Malang Cak Eko
Rumah Bakso
Mister Bakso
Bakso-bakso tradisional
Sebagian besar usaha diatas dikelola berbasis restoran.
Jadi, lebih terpusat di mall-mall. Dan ada juga usaha-usaha bakso tradisional
yang sering bertemu di tempat penggilingan daging. Namun, tetap Bakso Cinta
akan terus maju dengan segala keunggulannnya. Menu-menu unik seperti : Bakso
Ayam, Bakso Ikan Tuna, Bakso Keju, Bakso Strowbery, Bakso Coklat, Goreng
Sambosa akan mengejutkan pelanggan.
IV. BENTUK KEMITRAAN YANG
DIAJUKAN
Modal penuh 100% disediakan & dimiliki pihak mitra
Pihak Mitra : 1 outlet prototype didirikan & dibiayai oleh
mitra. Hanya mengeluarkan modal penuh saja.
Pihak BC : menyiapkan manajemen pengelolaan usaha,
SDM, laporan keuangan/ akutansi, pengadaan bahan baku, pengembangan usaha,
peralatan awal (alat dapur, alat kerja, alat-rumah makan, penyediaan modal
kerja awal)
Peralatan atau tools outlet disediakan oleh mitra.
-Pihak Mitra : menyediakan semua peralatan 1 outlet
(alat dapur, alat kerja, alat makan) dan menyediakan modal tunai awal kerja
sebesar 50% dari modal penuh.
-Pihak BC : menerima semua peralatan dan menjalankan
outlet tersebut dengan modal 50% (dari modal penuh) yang telah diberikan.
V. TAHAP-TAHAP KEMITRAAN
Tahap Negosiasi (Pertama)
1. Infromasi awal
2. Mencari beberapa alternatif tempat
3. Pemilihan tempat yang tepat serta realisasinya
Tahap pembukaan pertama
1. Membayar DP sesuai aturan yang ditentukan
2. Tahap pembuatan outlet oleh Manajemen Bakso Cinta
3. Renovasi dan make up tempat & outlet dengan warna standart
4. Belanja Aktiva2 (meja, kursi,Dll)
5. Rekruitmen karyawan
6. Training karyawan
7. Pembuatan papan nama Bakso Cinta
8. Pengurusan ijin gangguan (HO)
9. Pelunasan biaya outlet sesuai dengan ketentuan 4 hari sebelum
barang di kirim
10. Persiapan pemasaran dan grand opening
Tahap pembukaan kedua
1. Penandatanganan Kontrak Perjanjian Kerjasama
2. Doa bersama untuk kelancaran usaha
3. Grand Opening
Perlengkapan Yang Diberikan Kepada Mitra Usaha
ada beberapa paket investasi yang bisa menjadi pilihan mitra, ada
paket outdoor (15 juta), paket indoor mini resto (Rp. 35 juta), paket mini
resto (Rp. 50 juta); dan tentu masing-masing outlet memberikan income yang
berbeda pula.
Paket Outdoor (investasi Rp. 15 juta)
· Etalase beserta atribut promosinya
· Kompor double 1 buah
· Tabung gas dan perlengkapannya 1 buah
· Panci rebus mie ayam
· Saringan mie ayam 1 buah
· Wajan penggorengan nasi goreng, Mie goreng, & Mie godok 1 buah
· Wajan penggorengan batagor 1 buah
· Tempat kuah / dandang bakso 1 buah
· Dandang kecil untuk siomay 1 buah
· Irus kuah bakso 1 buah dan Sutil 1 buah
· Panci kecil untuk bumbu siomay & batagor 1 buah
· Penjepit 1 buah
· 1 buah blender
·
1 buah freezer
· 1 buah magic jar
· 1 buah gelas ukur
· Termos Es 1 buah
· Banner ukuran 60 x 160 cm
· Seragam kerja untuk 3 orang 2 set
· 3 lusin mangkok bakso
· 3 lusin tempat sambal
· 1 set tempat saos sambal, kecap.
· 3 lusin sendok garpu
· 2 lusin piring nasi goreng/siomay
· 2 lusin gelas juice
· 2 lusin gelas es campur/ dawet
· Promotion Kit
· Neon
Box
· 10 buah Nota/bon
VI. Keunggulan kemitraan
“Bakso Cinta”
A. Aspek Ekonomis
a. Produk bakso dan variannya memiliki keunggulan spesifik sehingga
menempatkan posisinya sebagai Nomor 1 di pasar bakso-Malang, dengan memiliki
brand-name dan brand equity yang tinggi serta telah memperoleh sertifikat hak
atas merek dagang dari pemerintah tgl.14-3-2002 No.JOO-O1-O4385;
b. Harga jual-bakso dan variannya adalah kompetitif sehingga
terjangkau oleh daya-beli masyarakat luas;
c .Kebutuhan modal yang tidak terlalu besar;
d. Investasi yang beresiko rendah, namun dengan imbal-hasil (rate of
returns) yang tinggi.
e. Kemitraan mulai Rp. 15
juta (outdoor biasa), Rp. 35 juta, Rp. 50 juta (resto) dengan sebesar Rp.50
juta untuk masa 5 tahun adalah relatif murah dibandingkan franchise fee untuk
waralaba usaha penjualan makanan lainnya;
f. Royalty fee sebesar 5% dari hasil-penjualan kotor per bulan
adalah relatif murah dibandingkan royalty fee untuk waralaba usaha penjualan
makanan lainnya;
g. Untuk menjaga keunggulan spesifik, pihak manajemen senantiasa
melakukan riset pengembangan produk, sehingga sampai sekarang telah ada lebih
dari 14 item varian dari produk utama bakso sehingga memberikan pilihan yang
beragam bagi konsumen;
h. Secara resmi, produk bakso dan variannya telah memperoleh
sertifikat halal.
i. Semua produk bakso tidak mengandung borax, formalin atau bahan pengawet
lainnya, serta tidak mengandung bahan ,kpengenyal seperti fosfat atau sodium
tripoliphospate (SP2);
j. Untuk menjaga kesegaran, bakso diproduksi dan dimasak di setiap
outlet, tidak dipasok dari kantor pusat dalam bentuk bakso–beku (frozen meat
ball).
B. Aspek Keamanan dan Kepastian
1. Perjanjian kemitraan dibuat berdasarkan peraturan perundang-
undangan yang berlaku di hadapan Notaris sehingga dapat melindungi kepentingan
semua pihak;
2. Materi perjanjian memuat hak dan kewajiban yang jelas dan menguntungkan
kepada semua pihak (a positive sum transactions).
3. Masa perikatan yang cukup panjang, yakni sampai dengan 5 tahun
dan dapat diperpanjang, sehingga memberikan kesempatan yang lebih lama bagi
franchisee untuk menikmati hasil-usaha;
4.Berdasarkan azas kebersamaan, kesamaan visi dan misi, serta
fleksibelitas.
C. Aspek Teknis Operasional
a. Bahan baku yang diperlukan adalah banyak tersedia di setiap pasar
di seluruh wilayah Indonesia sehingga terjamin kelangsungan produksinya;
b. Kantor-pusat akan mengirim tenaga-ahli di bidang produksi dan
tenaga ahli manajemen ke setiap outlet;
c. Sebelum beroperasi terlebih dahulu dilakukan pelatihan terhadap
pihak terwaralaba (franchisee) beserta seluruh pegawainya;
d.Sifat kegiatan produksi dan penjualan bakso adalah sederhana dan
tidak rumit sehingga relatif mudah untuk dijalankan apabila dibandingkan
kegiatan usaha makanan lainnya.
D. Aspek Manajerial
a.Memiliki Tim Manajemen yang kuat didukung oleh tenaga
professional;
b.Tersedia buku panduan untuk kegiatan produksi, persediaan,
manajemen pelayanan dan keuangan, serta promosi;
c.Tim Manajemen menyediakan program asistensi;
d.Tim Manajemen secara aktif melakukan riset pasar dan mengembangkan
program pemasaran;
e.Menyediakan forum komunikassi antara franchisor dan franchisee
dalam bentuk buletin berkala.
VII. Prasyarat Calon Terwaralaba (Franchisee)
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa;
b. Memiliki kejujuran dan integritas yang tinggi terhadap
perusahaan;
c. Memiliki semangat kewirausahaan dan keinginan kuat untuk
berhasil;
d. Bersedia mencurahkan sepenuhnya tenaga, pikiran dan waktunya
untuk kegiatan waralaba;
e. Berdomisili tidak jauh dari lokasi outlet;
Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), pribadi yang manarik,
ramah, terbuka dan mudah bergaul;
Kelengkapan Persyaratan Permohonan
a.Surat Permohonan bermeterai;
b.Daftar Riwayat hidup pemohon (curriculum vitae);
c.Akte pendirian dan profil perusahaan (bagi usaha berbadan hukum);
d.Fotokopi KTP
e.Fotokopi ijazah/sertifikat pendidikan formal maupun non-formal;
f.2 lembar pasfoto (4x6).
g.Bukti kepemilikan rekening bank dengan reputasi yang baik.
f.Bersedia membuat pernjanjian bahwa tidak akan memberi borax,
formalin atau bahan pengawet lainnya dalam semua jenis makanan yang dijual.
Proses Pengajuan Permohonan
A. Pihak calon terwaralaba (franchisee) mengajukan surat permohonan
beserta kelengkapannya kepada pihak pewaralaba (franchisor) melalui pihak
manajemen “Bakso Cinta”.
B. Pihak manajemen akan melakukan seleksi awal berupa pemeriksaan
kelengkapan dan keabsahan dokumen pendukung yang terlampir pada surat
permohonan;
C. Jika dinyatakan tidak memenuhi syarat, maka surat permohonan
ditolak sama sekali atau masih perlu dipenuhi kelengkapannya untuk diajukan
kembali;
D. Apabila dinyatakan memenuhi syarat, maka tahap berikutnya adalah
interview/tatap muka dengan pihak manajemen/pemilik perusahaan (franchisor);
E. Apabila dinyatakan
memenuhi syarat dalam tahap interview, maka pada tahap berikutnya adalah pihak
manajemen/pemilik perusahaan (franchisor) melakukan survey ke lokasi outlet dan
melihat langsung kondisi fisiknya serta pasokan bahan baku demikian pula
bagaimana kondisi para pesaing;
F. Bilamana lokasi dan kondisi fisik outlet dinyatakan memenuhi
syarat, maka tahap berikutnya adalah penandatanganan Memorandum of
Understanding (MoU) dan pada saat bersamaan pihak calon terwaralaba
(franchisee) diwajibkan menyerahkan uang muka (advance payment) sebesar 10%
dari franchise-fee.
G. Apabila calon terwaralaba (franchisee) telah melengkapi sarana
dan prasarana operasional termasuk tenaga-kerjanya, maka tahap berikutnya
adalah penyerahan sisa franchise-fee sebesar 90% dan diteruskan dengan
penandatanganan Perjanjian Waralaba di hadapan notaris, kemudian dilanjutkan
dengan implementasinya, antara lain : orientasi, pelatihan & simulasi, dan
peresmian pembukaan outlet.
CATATAN : berdasarkan azas fleksibelitas dan keuntungan bersama,
maka semua
prasyarat dan syarat tersebut adalah negotiable.
Alamat/address :
Bakso Cinta
Jalan Gundih I no. 46 Kecamatan Bubutan,
Surabaya Jawa Timur
Contact persons :
Adi Subiyanto, Ph.SS
HP. 0857-46-4242-50
adi.subiyanto@gmail.com
0 comments:
Post a Comment