WINBIE GENESIS: STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. BETON CENTRAL ABADI SEMARANG winbie genesis

Pages

Saturday, April 25, 2015

STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. BETON CENTRAL ABADI SEMARANG









BAB I PENDAHULUAN



1.1 LATAR   BELAKANG   BIDANG   PEMASARAN   PADA   PT.    BETON CENTRAL ABADI SEMARANG.
Dalam era globalisasi, persaingan dagang dalam berbagai sektor memaksa perusahaan  harus  selalu  membuat  terobosan  baru.  Hal  ini  perlu  dilakukan  agar kelangsungan  perusahaan   dapat  terjamin  serta  perusahaan  mampu  untuk  dapat bersaing dalam pasar bebas.
Perusahaan  yang  sudah  merencanakan  produk  dengan  baik,  serta  telah menentukan  harga  jualnya  secara  tepat,  belum  menjamin  keberhasilanya  dalam memasarkan produknya. Untuk itu, dibutuhkan adanya komunikasi antara perusahaan dan  konsumennya.  Salah  satu  upaya  yang  dapat  digunakan  untuk                                                                                        mengenalkan produk atau jasa adalah dengan menggunakan strategi promosi.
Promosi  merupakan  salah  satu  upaya  keberhasilan  dalam  menyampaikan produk atau jasa kepada para calon pelanggan. Karena tidak sedikit produk dan jasa yang sebaik apapun, ditetapkan harganya, dan didistribusikan dapat bertahan. Fungsi utama suatu promosi dalam  perusahaan adalah untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa  barang  atau  jasa  yang  ditawarkan   memiliki  keunggulan  yang  berbeda dibandingkan dengan produk dan jasa pesaing.
Strategi promosi yang diterapkan oleh perusahaan harus disusun dengan tepat promosi  ini  disebut  Bauran  Promosi  (Promotional  Mix).  Menurut  Philip  Kotler








(2002:644),  bauran  promosi  meliputi  periklanan,  promosi  penjualan,  hubungan masyarakat,   penjualan   pribadi   (personal   selling),  pemasaran   langsung  (Direct marketing).
Setelah   memperhatikan   Bauran   promosi   diatas,   diharapkan   perusahaan mengetahui   perilaku   para   konsumen   dalam   memilih   produk   atau   jasa   yang ditawarkan.   Dengan   demikian   perusahaan   akan   dapat   mengetahui   parameter keberhasilan  promosi  dalam  mempengaruhi  keputusan  pembelian pada  konsumen yang akan mempengaruhi peningkatan volume penjualan dalam perusahaan, Saat ini banyak bermunculan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang pembuata beton ready mix dan menimbulkan persaingan antara perusahaan yang bergerak  dibidang yang sama.
Perusahaan  yang bergerak dibidang yang sama, harus benar-benar mampu bersaing  untuk  menghindari  kerugian.  Apabila  perusahaan  tidak  dapat  mengikuti perkembangan saat ini, maka  perusahaan yang bersangkutan tidak dapat bertahan dalam  pasar.  Sehingga  dibutuhkan  cara   pemikiran  untuk  mempertahankannnya dengan  meningkatkan  strategi  promosi  untuk   menpengaruhi  konsumen  dalam memutuskan pembelian sehingga peningkatan volume penjualan  dalam perusahaan dapat meningkat.
Semakin ketatnya persaingan mendorong perusahaan untuk lebih serius dalam merancang strategi promosi. Salah satu perusahaan yang bergerak dibidang ready mix adalah PT. Beton Central  Abadi Semarang. Perusahaan ini merupakan perusahaan








yang bergerak di bidang pembuatan beton ready mix yang memproduksi berbagai jenis mutu yang digunakan dalam pembangunan.
Dari  uraian-uraian tersebut,  maka dilakukanlah  pembahasan  dalam  bentuk laporan kuliah  kerja praktek ini dengan judul STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN  VOLUME  PENJUALAN PADA PT. BETON CENTRAL ABADI SEMARANG”.



1.2 Tujuan Kuliah Kerja Praktek

Adapun tujuan dalam melaksanakan Kuliah Kerja Praktek ini, yaitu :


1.2.1    Tujuan Umum

Untuk mengetahui secara umum tentang strategi bauran promosi yang diterapkan pada suatu perusahaan PT. Beton Central Abadi Semarang.
1.2.2    Tujuan Khusus

a.    Untuk mengetahui secara rinci tentang pelaksanaan promosi dalam meningkatkan penjualan yang diterapkan pada suatu perusahaan PT. Beton Central Abadi Semarang pada saat ini.
b.    Untuk   mengetahui   kendala-kendala   yang   terjadi   saat   kegiatan promosi pada PT. Beton Central Abadi Semarang.
c.    Untuk mengetahui bagaimana PT. Beton Central Abadi Semarang mengatasi masalah-masalah yang timbul pada saat kegiatan promosi.








1.3 Manfaat Kuliah Kerja Praktek

Adapun manfaat dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek ini, yaitu:


1.3.1    Bagi Mahasiswa

a.    Sebagai  sarana  pembelajaran  agar  ilmu  yang  didapat  selama mengikuti perkuliahan dapat diimplementasikan.
b.    Untuk menyelesaikan tugas akhir program studi D III Manajemen

Perusahaan di Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.




1.3.2    Bagi Perusahaan

a.    Diharapkan dapat memberikan manfaat bahwa pelaksanaan KKP ini dapat   memberikan  sedikit  tambahan  tenaga  dan  pikiran  dalam pelaksanaannya dan sebagai promosi pengenalan PT Beton Central abadi Semarang ke masyarakat  luas yang membaca laporan KKP ini.
b.    Menjalin hubungan kerja sama antara pihak kampus dengan pihak perusahaan.



1.3.3    Bagi Akademik atau Lembaga

Sebagai sumber bacaan yang dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com