BAB
I
Latar Belakang Kuliah Kerja Pratek
“KEGIATAN
PROMOSI PADA PT. FORISA
NUSAPERSADA SEMARANG”
download file lengkapnya di sini
Alasan Ketertarikan Terhadap Obyek KKP
download file lengkapnya di sini
Alasan Ketertarikan Terhadap Obyek KKP
Setiap perusahaan berupaya untuk menjual produk atau jasa yang di hasilkan
agar dapat dinikmati dan diterima oleh para pelanggannya.
Hal ini memacu perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang dapat
menjangkau pasar sasarannya dengan seefektif mungkin. Setiap strategi
dilengkapi dengan alat-alat pemasaran yang dianggap paling tepat bagi
perusahaan. Mc Charty (Kotler 2008:18) mengklasifikasikan alat alat tersebut
menjadi empat kelompok yang luas yang disebut empat P dalam pemasaran yaitu
produk (product), harga (price), saluran distribusi (place), dan promosi
(promotion).
Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran
(Fandi Tjiptono 1997:219), yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah
aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk
dan meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima,
membeli dan loyal pada produk perusahaan yang ditawarkan oleh perusahaan yang
bersangkutan.
Perkembangan usaha di era globalisasi seperti
sekarang ini telah diwarnai berbagai macam persaingan di segala bidang. Melihat
kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi
yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Mengingat perkembangan
teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk
bertindak agar tidak kalah bersaing. Dalam meningkatkan persaingan,
masing-masing perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan
menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi, selera konsumen yang selalu
berkembang dan berubah-ubah.
Dalam masyarakat yang modern ini kebutuhan manusia
seperti pangan, sandang, transportasi dan lain-lain semakin meningkat.
Khususnya dalam hal makanan,
masyarakat sangat
membutuhkan asupan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan yang
mendesak dimana pada era modern ini manusia selalu berpacu dengan waktu.
PT. Forisa Nusapersada
yang beralamat di jalan gatot subroto kawasan Industri Candi blok F.11,
perusahaan ini mengadakan kegiatan promosi melalui event-event di kampus
kampus, instansi-instansi pemerintahan, acara pernikahan di kampung,
bazar-bazar, warung-warung kecil sampai ke toko-toko besar.
Kegiatan promosi
pada PT. Forisa Nusapersada itu sendiri berfokus pada penjualan produk nutrijel
atau pudding rasa
Pada
tahun pertama yaitu tahun 2010, PT.
Forisa Nusapersada Semarang mematok target 1800pcs all varian. Target ini di
sesuaikan dengan PT. Forisa
Nusapersada lain yang
berada di area Semarang.
Berikut ini data target dan realisasi penjualan PT. Forisa nusapersada Semarang
pertahun :
Pada tabel diatas data volume penjualan 3 tahun terakhir, dapat dilihat dari tahun 2013
mengalami penurunan drastis jumlah penjualan Agarasa, Pudding, dan My Vla
karna harga semakin naik dan banyak pesaing banyak mengeluarkan berbagai varian dessert . Selain itu perusahan
terlalu banyak mengeluarkan kegiatan
promosi tanpa melihat keuntungan kegiatan promosi yang telah dilaksanakan. Contoh saja perusahan tiap minggunya
mengadakan kegiatan pameran di berbagai tempat seperti mall. Selain itu menjadi
seponsor event tertentu yang bekerja
sama dengan peerusahaan
lainnya .
Selain
menggunakan media cetak dan elektronik dalam promosinya PT. Forisa Nusapersada juga
menjadi sponsor acara atau melakukan event pribadi untuk memperkenalkan
produk. Namun kenyataanya PT. Forisa Nusapersada Semarang kurang meluasnya informasi kepada
konsumen terkait dengan event. karena hanya sedikit konsumen yang mengatahui
event tersebut. Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk
memberikan judul pada penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, yaitu dengan
judul “KEGIATAN
PROMOSI PADA PT. FORISA
NUSAPERSADA SEMARANG”
1.2 Tujuan
Kuliah Kerja Pratek
Tujuan
dari pelaksanaan kuliah kerja pratek ini di harapkan dapat memberikan
pengetahuan yang luas dan bermanfaat bagi penulis dan orang lain adapun tujuan
diantaranya adalah sebagai berikut :
a) Tujuan
umum
Untuk mengetahui gambaran
secara umum tentang kegiatan promosi yang di lakukan oleh PT. Forisa
Nusapersada.
b) Tujuan
khusus
Untuk mengetahui secara
rinci mengenai :
1.
Untuk
mengetahui bentuk promosi apa saja yang di lakukan oleh PT. Forisa Nusapersada.
2.
Untuk
mengetahui juga kegiatan promosi sales promotion girls yang di lakukan oleh PT.
Forisa Nusapersada.
3.
Kendala
– kendala apa saja yang dihadapi oleh PT. Forisa Nusapersada.
4.
Untuk
mengetahui solusi apa saja yang dilakukan PT. Forisa Nusapersada
1.3
Manfaat KKP dalam peningkatan keterampilan
Manfaat yang di peroleh dari kegiatan KKP dalam peningkatan
keterampilan adalah sebagai berikut:
a.
Bagi
perusahaan
Manfaat pelaksanaan Kuliah
Kerja Pratek ini di harapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi
perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan dalam peningkatan penjualan dengan
melakukan kegiatan promosi yang tepat efektif dan seefisien mungkin.
b.
Bagi
penulis
Mendapatkan
pengetahuan dan wawasan terutama mengenai program promosi, serta merupakan
latihan bagi penulis guna
menerapkan
ilmu yang telah didapat dibangku kuliah, serta memberikan gambaran yang
nyata tentang kegiatan perusahaan.
Sumbangan
pemikiran, ide, kreatifitas penulis bagi PT. Forisa Nusapersada tentang
pemasaran terutama promosi.
0 comments:
Post a Comment