WINBIE GENESIS: “KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FORISA NUSAPERSADA SEMARANG” winbie genesis

Pages

Tuesday, February 17, 2015

“KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FORISA NUSAPERSADA SEMARANG”



BAB I
Latar Belakang Kuliah Kerja Pratek

 KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FORISA NUSAPERSADA SEMARANG

download file lengkapnya di sini 
 Alasan Ketertarikan Terhadap Obyek KKP
Setiap perusahaan berupaya untuk menjual produk atau jasa yang di hasilkan agar dapat dinikmati dan diterima oleh para pelanggannya. Hal ini memacu perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran yang dapat menjangkau pasar sasarannya dengan seefektif mungkin. Setiap strategi dilengkapi dengan alat-alat pemasaran yang dianggap paling tepat bagi perusahaan. Mc Charty (Kotler 2008:18) mengklasifikasikan alat alat tersebut menjadi empat kelompok yang luas yang disebut empat P dalam pemasaran yaitu produk (product), harga (price), saluran distribusi (place), dan promosi (promotion).

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran (Fandi Tjiptono 1997:219), yang dimaksud dengan komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk perusahaan yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Perkembangan usaha di era globalisasi seperti sekarang ini telah diwarnai berbagai macam persaingan di segala bidang. Melihat kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Mengingat perkembangan teknologi yang makin dinamis, manusia dituntut dengan cepat dan tepat untuk bertindak agar tidak kalah bersaing. Dalam meningkatkan persaingan, masing-masing perusahaan harus dapat memenangkan persaingan tersebut dengan menampilkan produk yang terbaik dan dapat memenuhi, selera konsumen yang selalu berkembang dan berubah-ubah.
Dalam masyarakat yang modern ini kebutuhan manusia seperti pangan, sandang, transportasi dan lain-lain semakin meningkat. Khususnya dalam hal makanan, masyarakat sangat membutuhkan asupan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak dimana pada era modern ini manusia selalu berpacu dengan waktu.
PT. Forisa Nusapersada yang beralamat di jalan gatot subroto kawasan Industri Candi blok F.11, perusahaan ini mengadakan kegiatan promosi melalui event-event di kampus kampus, instansi-instansi pemerintahan, acara pernikahan di kampung, bazar-bazar, warung-warung kecil sampai ke toko-toko besar.
Kegiatan promosi pada PT. Forisa Nusapersada itu sendiri berfokus pada penjualan produk nutrijel atau pudding rasa
Pada tahun pertama yaitu tahun 2010, PT. Forisa Nusapersada Semarang mematok target 1800pcs all varian. Target ini di sesuaikan dengan PT. Forisa Nusapersada  lain yang berada di area Semarang. Berikut ini data target dan realisasi penjualan PT. Forisa nusapersada Semarang pertahun :




Pada tabel diatas data volume penjualan 3 tahun terakhir, dapat dilihat dari tahun 2013 mengalami penurunan drastis jumlah penjualan Agarasa, Pudding, dan My Vla karna harga semakin naik dan banyak pesaing banyak mengeluarkan berbagai varian dessert . Selain itu perusahan terlalu banyak mengeluarkan  kegiatan promosi tanpa melihat keuntungan kegiatan promosi yang telah dilaksanakan.  Contoh saja perusahan tiap minggunya mengadakan kegiatan pameran di berbagai tempat seperti mall. Selain itu menjadi seponsor event tertentu  yang bekerja sama dengan peerusahaan lainnya .
Selain menggunakan media cetak dan elektronik dalam promosinya PT. Forisa Nusapersada juga menjadi sponsor acara atau melakukan event pribadi untuk memperkenalkan produk. Namun kenyataanya PT. Forisa Nusapersada  Semarang kurang meluasnya informasi kepada konsumen terkait dengan event. karena hanya sedikit konsumen yang mengatahui event tersebut. Dari latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk memberikan judul pada penulisan laporan kuliah kerja praktek ini, yaitu dengan judul “KEGIATAN PROMOSI PADA PT. FORISA NUSAPERSADA SEMARANG

1.2  Tujuan Kuliah Kerja Pratek
Tujuan dari pelaksanaan kuliah kerja pratek ini di harapkan dapat memberikan pengetahuan yang luas dan bermanfaat bagi penulis dan orang lain adapun tujuan diantaranya adalah sebagai berikut :
a)      Tujuan umum
Untuk mengetahui gambaran secara umum tentang kegiatan promosi yang di lakukan oleh PT. Forisa Nusapersada.
b)      Tujuan khusus
Untuk mengetahui secara rinci mengenai :
1.      Untuk mengetahui bentuk promosi apa saja yang di lakukan oleh PT. Forisa Nusapersada.


2.      Untuk mengetahui juga kegiatan promosi sales promotion girls yang di lakukan oleh PT. Forisa Nusapersada.
3.      Kendala – kendala apa saja yang dihadapi oleh PT. Forisa Nusapersada.
4.      Untuk mengetahui solusi apa saja yang dilakukan PT. Forisa Nusapersada

1.3  Manfaat KKP dalam peningkatan keterampilan
Manfaat yang di peroleh dari kegiatan KKP dalam peningkatan keterampilan adalah sebagai berikut:
a.       Bagi perusahaan
Manfaat pelaksanaan Kuliah Kerja Pratek ini di harapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan dalam rangka pencapaian tujuan dalam peningkatan penjualan dengan melakukan kegiatan promosi yang tepat efektif dan seefisien mungkin.
b.      Bagi penulis
Mendapatkan pengetahuan dan wawasan terutama mengenai program promosi, serta merupakan latihan bagi penulis guna
menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah, serta memberikan gambaran yang nyata tentang kegiatan perusahaan.
Sumbangan pemikiran, ide, kreatifitas penulis bagi PT. Forisa Nusapersada tentang pemasaran terutama promosi.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com