WINBIE GENESIS: Kegiatan Pemasaran Pada PT. Moro Media Komunikasi”. winbie genesis

Pages

Saturday, April 25, 2015

Kegiatan Pemasaran Pada PT. Moro Media Komunikasi”.





BAB I PENDAHULUAN




1.1       Latar Belakang Pemilihan Bidang atau Objek KKP




Pada era globalisasi yang sudah modern dan sudah berkembang seperti   sekarang,  pesatnya  perkembangan  dunia  bisnis  pada  saat  ini mengharuskan setiap  pelaku usaha untuk bersaing dengan sangat ketat. Membanjirnya  produk-produk  baru   mengakibatkan  semakin  ketatnya persaingan diantara para pelaku bisnis.  masyarakatpun semakin selektif dalam  memilih  produk  yang  akan  digunakannya.   Semakin  ketatnya persaingan membuat para pengelola bisnis melihat dengan sangat jelinya dengan keunggulan produk dalam perusahaannya dan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya setiap celah dan peluang pasar yang ada untuk memperoleh hasil  yang  maksimal,  sehingga  menempatkan  produknya  dalam  posisi yang utama .
Untuk   dapat   mempertahankan    posisinya    ,sebuah    perusahaan dituntut untuk dapat menemukan inovasi baru sebagai strategi kreatifnya
,salah   satunya   dalamm   bidang   pemasaran   produknya.   Pemasaran   ( Marketing ) merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk  meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut.        Hal         tersebut       disebabkan      karena                      pemasaran





merupakan  salah  satu  kegiatan  perusahaan,  di  mana  secara  langsung berhubungan   dengan   konsumen.   Banyak   yang   menganggap   bidang pemasaran  identik  atau  sama  dengan  bidang  penjualan.  Sesungguhnya pemasaran memiliki arti yang luas daripada penjualan. Bidang penjualan merupakan bagian dari bidang pemasaran,  sekaligus merupakan  bagian terpenting  dari  bidang  pemasaran  itu  sendiri.  Menurut  Drucker  yang dikutip  Kotler  (2009:7)  Orang  dapat  mengasumsikan  akan  selalu  ada kebutuhan      penjualan.    Akan    tetapi  tujuan  pemasaran                    bukan          untuk memperluas penjualan hingga kemana-mana.
Cakupan kegiatan pemasaran ditentukan oleh konsep pemasaran yang disebut  dengan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ). Ada empat komponen  bauran  pemasaran  (  Marketing  Mix  ),  antara  lain  adalah  : produk  (  Product  ),  harga  (Price),  tempat  (  Place  ),  dan  promosi  ( Promotion ).
Menurut    Alma    (2006:139)    mendefinisikan    produk    sebagai seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud,   yang diterima oleh  pembeli   guna  memuaskan  keinginannya.  Harga  menurut  Kotler (2009:23)  adalah  elemen   dalam  bauran  pemasaran  yang  tidak  saja menentukan      profitabilitas      tetapi     juga      sebagai      sinyal      untuk mengkomunikasikan proporsi nilai suatu produk. Definis tempat menurut Kotler  (2009:28)  bahwa  tempat   menunjukan  berbagai  kegiatan  yang dilakukan oleh produsen untuk menjadikan suatu produk yang dihasilkan dapat  diperoleh  dan  tersedia  bagi  konsumen  pada  waktu  dan  tempat





dimanapun konsumen berada. Promosi menurut Alma (2006:179) promosi adalah  sejenis  komunikasi  yang  memberi  penjelasan  dan  meyakinkan calon   konsumen   mengenai   barang   dan   jasa   dengan   tujuan   untuk memperoleh perhatian,  mendidik,  mengingatkan  dan meyakinkan calon konsumen.
Tak dapat dipungkiri media elektronik dan media cetak menjadi penyampai   informasi   yang  terdepan.  Meskipun  begitu  penyampaian informasi secara langsung menjadi sumber informasi yang terpercaya bagi masyarakat  atau  konsumen.  Karena  masyarakat  atau  konsumen  dapat mengetahui  lebih  banyak  informasi  secera  jelas  dan  akurat.  Sehingga perusahaan  event  organizer  dituntut  untuk  dapat  menentukan  kegiatan pemasaran mana yang tepat agar selalu dapat menarik konsumen. Dengan demikian perusahaan mampu bersaing dalam menguasai pasar. Banyak Perusahaan-perusahaan  barang  dan  jasa  yang  mempercayakan  Event Organizer untuk memasarkan produknya. Tetapi dalam bidang pemasaran, bauran promosi juga mendapat peran penting sebagai alat komunikasi bagi suatu  perusahaan.  Karena   dengan   bauran  promosi  dapat  membantu memperluas pengenalan jasa. Sehingga  dapat meningkatkan profit pada perusahaan. Atas dasar inilah Wisaksono Edi  Puwanto  pada tanggal  3
Januari 2009 mendirikan PT Moro Media Komunikasi yang beralamatkan di Jl.Erlangga  Tengah 2 No.3 Pleburan, Semarang. Berdasarkan uraian tersebut  diatas  maka  penulis  mengambil  judul   Kegiatan  Pemasaran Pada PT. Moro Media Komunikasi”.









1.2       Tujuan Penulisan



1.2.1    Tujuan Umum



Tujuan dalam penulisan laporan KKP ini yaitu untuk mengetahui gambaran   umum  tentang  kegiatan  marketing  pada  PT.  Moro  Media Komunikasi.

1.2.2    Tujuan Khusus



1.  Untuk mengetahui jenis - jenis kegiatan marketing apa saja yang dilakukan oleh PT. Moro Media Komunikasi
2.  Untuk mengetahui keunggulan kegiatan marketing pada PT. Moro Media

Komunikasi.

3.  Untuk mengetahui kendala-kendala dalam kegiatan marketing pada PT.

Moro Media Komunikasi.

4.  Untuk    mengetahui    solusi    yang   dilakukan   oleh    PT.    Moro    Media

Komunikasi.







1.3       Manfaat Penulisan



1.  Bagi Perusahaan





a.   Diharapkan  hasil  penelitian  ini  dapat  memberikan  sumbangan pemikiran   dalam  melengkapi  konsep  dan  teori  dalam  bidang marketing.
b.   Diharapkan  hasil  penelitian  dapat  memberikan  masukan  kepada perusahaan  dalam  memilih  dan  menerapkan  kegiatan  marketing untuk  membangun  langkah    langkah  yang  lebih  kreatif dalam upaya menarik minat konsumennya.
2.  Bagi Universitas

Diharapkan  dapat  meningkatkan  mutu  kualitas  mahasiswa  dalam  hal keahlian  dan   keterampilan  dibidang  manajemen  pemasaran.  Dengan demikian  Universitas  Semarang  akan  mencetak  sumber  daya  manusia yang   berkualitas   tinggi   sesuai   dengan   tuntutan   dunia   kerja                                                                                                                yang dibutuhkan.
3.  Bagi Penulis

Penulis  diharapkan  mendapatkan  pengetahuan  dan  wawasan  terutama mengenai program marketing sehingga mampu membandingkan teori yang diperoleh dari bangku perkuliahan.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com