Keterlibatan
Konsumen dalam Produk (Consumer Product Involvement)
Berdasarkan Traylor
(1981), keterlibatan produk didefinisikan sebagai derajat tingkat kepentingan
seorang konsumen untuk membeli suatu produk, sedangkan keterlibatan konsumen
dalam produk didefinisikan sebagai kepentingan personal yang terlibat dengan
kategori dari produk. Dimensi dari
keterlibatan menurut Quester dan Lim (2003) terdiri atas:
1.
Interest (keinginan)
Interest adalah keinginan seseorang terhadap suatu produk, yang diartikan
memiliki nilai yang penting. Elemen interest adalah kepentingan pada produk, keinginan pada produk dan permasalahan pada produk.
2.
Pleasure (kesenangan)
Pleasure adalah nilai hedonis dari produk yang memiliki
kemampuan untuk menyediakan kenyamanan dan kesenangan. Elemen dari pleasure
adalah kesenangan ketika membeli produk dan kesenangan memiliki produk.
3.
Sign (tanda)
Sign adalah nilai produk yang diekspresikan oleh
seseorang. Elemen sign berupa personifikasi konsumen dalam memilih produk.
4.
Risk Importance
(resiko penting)
Risk importance
adalah kepentingan yang didapat dari konsekuensi negatif
yang diasosiasikan pada pilihan produk buruk. Elemen risk importance terdiri dari nilai penting
ketika melakukan kesalahan dalam memilih produk, nilai penting ketika produk tidak nyaman dan ketika
membuat kesalahan pilihan.
5.
Risk Probability
(resiko kemungkinan)
Risk probability
adalah kemungkinan membuat pilihan produk yang buruk.
Elemen risk probability
adalah ketidakpastian ketika memilih, ketidakpastian dalam mengambil produk dan
kerumitan dalam mengambil keputusan.
Quester dan
Lim (2003) mengungkapkan bahwa produk dengan keterlibatan tinggi adalah produk
yang memiliki nilai aspek yang tinggi pada keterlibatan konsumen didalamnya,
yaitu ketertarikan yang tinggi untuk memilih produk (interest), ekspektasi yang tinggi (pleasure) untuk memilih produk, ekspresi kepuasan (sign) dapat memiliki produk sesuai
pilihan, serta resiko dalam membuat pilihan (risk importance) dan mengambil keputusan (risk probability) yang tinggi pada produk.
0 comments:
Post a Comment