Faktor – faktor Yang Menjadi
Kunci Sukses Jasa
Agar suatu perusahaan dapat menjadi sukses
dalam mengelola kegiatan usahanya, maka diperlukan beberapa faktor sebagai
penunjang atau kunci untuk meraih sukses, adapun langkah –langkah yang harus
ditempuh adalah :
1. Memperbarui Jasa Yang Ditawarkan
Satu hal yang penting adalah adaptasi dan
memperbarui jasa yang ditawarkan daripada melakukan rancangan “paket” yang sangat sempurna pada
peluncuran pertama. Hal ini didasarkan pada teori ekonomi sektor jasa, yaitu:
Pengeseran pada kurva kebutuhan konsumen, dan dari kebutuhan untuk melakukan
ekspansi jasa menjadi multiple segment.
2. Melokalisasi System Point Of Service
§ Availability is crucial adalah
penggunaan jasa menjadi suatu hal yang penting karena jasa itu tidak bisa
disimpan sehingga penggunaanya sebaiknya sesegera mungkin pada saat sedang
dibutuhkan.
§ The
News Paper Illustration,
sebagai contoh mengenai dampak penting penyampaian produk jasa bagi konsumen
dari segi system lokalisasi point of service adalah soal distribusi.
3. Menyelenggarakan Kontrak Layanan Sebagai
Hambatan Larinya Konsumen
Maksudnya adalah perusahaan-perusahaan yang
bergerak dibidang jasa berusaha menarik dan mempertahankan konsumen dengan
system kontrak atau memberi keanggotaan dengan memberikan anggota (member)
berbagai fasilitas dan kemudahan-kemudahan tertentu, sehingga perusahaan juga
dapat menikmati keuntungan-keuntungan lainnya.
4. Menggunakan Kekuatan Informasi
Seperti yang kita ketahui bisnis jasa adalah
suatu bisnis yang sangat sensitive terhadap kemajuan informasi dan teknologi
karena dalam operasi bisnis jasa data-data mengenai konsumen, transaksi dan
karyawan-karyawan adalah alat yang esensial karena semua ini dapat membedakan
jasa tersebut dengan pesaing.
5. Menentukan Nilai Strategi Jasa Pada Konsumen
Nilai strategi adalah sebuah fungsi dari desain
strategi bisnis dan penilaian terhadap metodologi sehingga dapat menerangkan
berbagai isu yang akan timbul. Jawaban-jawaban akan isu tersebut mungkin
menjadi suatu strategi yang potensial dan signifikan untuk meningkatkan bisnis
dan pelayanan jasa yang diberikan oleh perusahaan.
Kepuasan Pelanggan dan Kualitas
Jasa
Memberikan suatu nilai atau ukuran terhadap
persoalan kualitas jasa dan kepuasan pelanggan, jasa relatif lebih sulit
dibanding pengukuran terhadap produk barang. Dalam menentukan tingkat kepuasan
pelanggan,. Ada lima faktor utama yang harus diperhatikan
oleh perusahaan yaitu pertama, Kualitas produk. Pelanggan akan
merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukan bahwa produk yang mereka
gunakan berkualitas. Kedua, Kualitas Pelayanan. Pelanggan akan
merasa puas bila mereka mendapatkan pelayanan sesuai dengan apa yang
diharapkan. Ketiga, Emosional. Pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan
keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk
dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai kepuasan yang lebih tinggi.
Keempat, Harga. Pruduk yang mempunyai kualitas yang sama tetapi
menetapkan harga yang relatif murah akan memberikan nilai yang lebih tinggi
kepada pelanggannya.dan yang terakhir adalah. Biaya. Pelanggan yang
tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk
mendapatkan suaatu produk dan cenderung puas.
Pada dasarnya kepuasan dan ketidakpuasan
pelanggan atas produk akan berpengaruh pada pola perilaku selanjutnya. Apabila
pelanggan merasa puas, maka dia menunjukan besarnya kemungkinana untuk kembali
membeli produk yang sama. Tetapi bila pelanggan tersebut tidak merasa puas maka
pelanggan dapat melakukan tindakan pengembalian produk atau mengajukan keluhan
bahkan gugatan terhadap perusahaan melalui pengacara.
0 comments:
Post a Comment