WINBIE GENESIS: Pengertian Pendapatan Nasional winbie genesis

Pages

Friday, May 22, 2015

Pengertian Pendapatan Nasional


    Pengertian Pendapatan Nasional

            Pendapatan nasional merupakan nilai barang akhir dan jasa akhir yang dihasilkan suatu negara dalam suatu tahun tertentu. Selain pengertian diatas, terdapat pengertian lain mengenai pendapatan nasional, diantaranya adalah :
1)      Pendapatan nasional adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu, biasanya diukur dalam waktu satu tahun.
2)      Pendapatan nasional merupakan keseluruhan pendapatan yang diterima oleh semua faktor produksi dalam suatu negara dalam satu tahun.
3)      Pendapatan nasional adalah jumlah pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu (Pujiati, 2010 : 15).
Beberapa konsep yang berhubungan dengan pendapatan nasional antara lain :

1.      Produk Domestik Bruto/Gross Domestic Product (GDP)
        Istilah lain dari pendapatan nasional adalah Produk Domestik Bruto (PDB). Pendapatan nasional atau PDB diartikan sebagai total nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh suatu perekonomian dalam periode stertentu yang dihitung berdasarkan nilai pasar.
Di Indonesia, PDB dapat dihitung dari dua sisi pendekatan, yaitu sektoral dan penggunaan. Dari pendekatan sektoral, PDB merupakan total nilai tambah dari seluruh sektor ekonomi yang mencakup sektor pertanian; pertambangan dan penggalian; industri pengolahan; listrik, gas, dan air bersih; konstruksi; perdagangan, restoran, dan hotel; pengangkutan dan komunikasi, lembaga keuangan; dan jasa-jasa. Sedangkan dari pendekatan penggunaan, PDB merupakan total nilai dari pengeluaran konsumsi rumah tangga, pengeluaran konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap bruto, perubahan stok, dan ekspor neto.
2.      Produk Nasional Bruto/Gross National Product (GNP)
            Karena hubungan antar bangsa, banyak penduduk negara lain memiliki usaha di Indonesia. Sebaliknya, banyak orang Indonesia memiliki usaha di negara lain. Laba dari perusahaan asing menjadi milik negara asalnya, begitu pula dengan laba usaha WNI di luar negeri. Selisih antara laba WNI di luar negeri dan WNA di Indonesia deikenal dengan sebutan pendapatan neto terhadap luar negeri. Produk Nasional Bruto dihitung dari output warga negara saja.          
                     GNP = GDP  pendapatan neto terhadap luar negeri
3.      Produk Nasional Neto/Net National Product (NNP)
             NNP adalah jumlah nilai barang dan jasa yang diperoleh dengan cara mengurangi GDP dengan replacement (penyusutan). Replacement adalah pergantian barang modal atau penyusutan bagi peralatan produksi yang terpakai dalam proses produksi. Replacement umumnya brsifat tafsiran sehingga kadang menimbulkan kesalahan meskipun relatif kecil.
           NNP = GNP – penyusutan (replacement)
4.      Pendapatan Nasional Neto/Net National Income (NNI)
            Pendapatan nasional neto adalah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa yang diterima masyarakat sebagai pemilik faktor produksi selama satu tahun setelah dikurangi pajak tidak langsung (indirect tax). Pajak tidak langsung adalah pajak yang bisa dialihkan kepada pihak lain, contohnya pajak penjualan, pajak impor, bea ekspor, dan cukai.
         NNI = NNP – pajak tidak langsung
5.      Pendapatan Perorangan/Personal Income (PI)
            PI adalah jumlah seluruh penerimaan yang benar-benar sampai di tangan masyarakat. Tidak semua pendapatan sampai ke tangan masyarakat karena dikurangi laba ditahan, iuran asuransi, iuran jaminan sosial, pajak perseroan, dan ditambah dengan pembayaran pinjaman (transfer payment).
       PI = NNI – (laba ditahan + iuran asuransi + iuran    jaminan sosial + pajak perseroan) + transfer payment
6.      Pendapatan Disposabel (Disposable Income)
             Disposable income adalah pendapatan yang siap untuk dimanfaatkan guna membeli barang dan jasa konsumsi, dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi investasi. Pajak langsung yang digunakan adalah pajak penghasilan.
      DI = PI – pajak penghasilan (pajak langsung)       
7.      PDRB (Produk Domestik Regional Bruto)
                PDRB adalah jumlah keseluruhan dari nilai tambah bruto yang berhasil diciptakan oleh seluruh kegiatan ekonomi yang berada dalam satu wilayah selama periode waktu tertentu. Misalnya, PDRB DKI Jakarta, PDRB Jawa Barat, dan PDRB Jawa Tengah (Boediono, 1993).

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com