WINBIE GENESIS: MAKALAH EKONOMI MAKRO PERMINTAAN DAN PENAWARAN winbie genesis

Pages

Friday, May 22, 2015

MAKALAH EKONOMI MAKRO PERMINTAAN DAN PENAWARAN



1.1    Latar Belakang
Pada kegiatan pertanian terdapat kegiatan agribisnis yang selalu berkaitan dengan pasar. Kegiatan agribisnis mencakup kegiatan perekonomian pertanian dalam memasarkan poroduk-produk pertanian. Produk-produk pertanian dipasarkan dengan harga-harga tertentu berdasarkan perekonomian pasar. Perekonomian pasar  adalah sistem paling efisien untuk mengorganisasikan aktivitas perekonomian. Aktivitas perekonomian meliputi kegiatan penjualan, pembelian, tawar menawar dan lain-lain.

Di setiap transaksi perdaganagan dan penjualan identik dengan kegiatan penawaran barang yang akan dijual kepada konsumen, begitu pula dalam hal pembelian yang juga identik dengan kegiatan permintaan barang ataupun jasa yang dibutuhkan. Penawaran sendiri merupakan sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada periode tertentu. Permintaan dan penawarann akan saling bertamu dan akan membentuk suatu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang).
Teori permintaan menerangkan sifat permintaan para pembeli terhadap suatu barang. Adapun teori penawaran menerangkan sifat para penjual dalam menawarkan suatu barang. Penggabungan permintaan dan penawaran menunjukkan interaksi antara pembeli dan penjual dalam menentukan harga keseimbangan dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan.
Telah diketahui bahwa pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Ada banyak hal yang mempengaruhi munculnya kebutuhan tersebut seperti adat istiadat, agama dan kepercayaan, alam dan peradaban. Sebagaimana kebutuhan permintaan setiap konsumen tidaklah sama. Kebutuhan-kebutuhan yang berbeda tersebut menjadi salah satu faktor penentu besarnya permintaan ataupun penawaran. Kegiatan permintaan dan penawaran tidaklah dilakukan begitu saja melainkan adanya pedoman-pedoman tertentu dalam menentukan besarnya permintaan maupun penawaran. Hal tersebut dibahas dalam hukum permintan dan penawaran.BACA SELENGKAPNYA

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com