WINBIE GENESIS: PENULISAN MEMORANDUM winbie genesis

Pages

Thursday, June 4, 2015

PENULISAN MEMORANDUM

PENULISAN MEMORANDUM
PENGERTIANMemorandum atau Memoranda (selanjutnya di sebut
memo atau memos), adalah suatu formulir yang digunakan untuk menyampaikan pesan internal baik pesan resmi ataupun pesan pribadi dalam sebuah perusahaan. Biasanya pesan yang disampaikan dengan menggunakan memo bersifat informal sehingga dapat digunakan tulisan tangan. Bahasa memo berbeda dengan bahasa surat, yakni ringkas dan to the point.


PENGGUNA MEMORANDUMBiasanya, memorandum digunakan sebagai alat komunikasi
tertulis diantara dua pihak, yakni :Karyawan yang telah saling kenal dengan baik, pada umumnya
bernada informalPimpinan dan bawahan, pada umumnya bergaya formalDalam dunia bisnis, memo biasanya digunakan oleh seseorang
bila hendak berkomunikasi dengan teman sejawat dalam sebuah perusahaan, baik yang berada dikantor yang sama maupun dengan yang berada dikantor cabang yang terpisah bahkan di kota lain, komunikasi biasanya ditulis dengan menggunakan memo. Memo yang ditulis untuk berkomunikasi antar departemen atau bagian disuatu perusahaan bentuk dan susunannya lebih ringkas dan sederhana daripad bentuk dan susunan surat bisnis.



 D. MANFAAT PENULISAN MEMORANDUM • Dalam dunia bisnis pada umumnya menekankan pentingnya
informasi tertulis bagi setiap orang yang terlibat di dalmnya, mulai dari atasan sampai pada bawahan. Setiap informasi tertulis akan membantu dalam :
a. Menentukan tanggung jawab b. Menghilangkan ketidakmenentuan (inconsistencies) c. Merekam informasi yang diperlukan
• Apabila seseorang mengirimkan dokumen atau surat penting lepada pihak atau orang lain , cara terbaik adalah dengan menggunakan memorandum sehingga apabila dokumen tersebut hilang, pengirim memiliki catatan yang berupa salinan berkas yang dapat dijadikan bukti bahwa berkas asli telah dikirim, dan dalam memo disebutkan dengan rinci dan pasti dokumen yang telah dikirim.

SELANJUTNYA  KLIK DI SINI

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com