WINBIE GENESIS: STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI PARIWISATA DI INDONESIA winbie genesis

Pages

Thursday, May 7, 2015

STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI PARIWISATA DI INDONESIA



STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING INDUSTRI PARIWISATA DI INDONESIA

Peran Pemerintah dibidang kebudayaan dan pariwisata yang saat ini lebih difokuskan hanya kepada tugas-tugas pemerintahan terutama sebagai fasilitator agar kegiatan pariwisata yang dilakukan oleh swasta dapat berkembang lebih pesat. Peran fasilitator disini dapat diartikan sebagai menciptakan iklim yang nyaman agar para pelaku kegiatan kebudayaan dan pariwisata dapat berkembang secara efisien dan efektif.

Selain itu sub sektor pariwisata pun diharapkan dapat menggerakkan ekonomi rakyat, karena dianggap sektor yang paling siap dari segi fasilitas, sarana dan prasarana dibandingkan dengan sektor usaha lainnya. Harapan ini dikembangkan dalam suatu strategi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata yang berbasis kerakyatan atau community-based tourism development.
Untuk meningkatkan kualitas daya saing industri pariwisata menghadapi persaingan ke depan, terutama menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) secara resmi mengumumkan (launching) 17 Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU) pariwisata yang akan melaksanakan sertifikasi usaha pariwisata.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com