WINBIE GENESIS: PERMASALAHAN DI PT.SASA INTI CABANG SEMARANG winbie genesis

Pages

Sunday, December 21, 2014

PERMASALAHAN DI PT.SASA INTI CABANG SEMARANG



PERMASALAHAN DI PT.SASA INTI CABANG SEMARANG

Pada dasarnya tujuan dalam mendirikan perusahaan adalah mencari laba semaksimal mungkin. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan dapat menjual produknya  dengan harga yang menguntungkan pada tingkat  kualitas  yang  diharapkan,  akan  mampu  mengatasi tantangan  dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran.
Oleh  karena  itu  untuk  menarik  konsumen  melakukan  pembelian  maka perusahaan  harus bisa menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh  beberapa  faktor yaitu  riset  dan  analisa pasar,  keputusan tentang  produk, penetapan harga, promosi dan distribusi (marketing mix).

Secara umum peningkatan volume penjualan yang dihasilkan oleh perusahaan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal perusahaan (hal-hal yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, misalnya mutu produk, kemasan, harga, dan  lain-lain)  dan faktor eksternal perusahaan  (hal-hal  yang  berada  diluar jangkauan perusahaan, misalnya globalisasi,  teknologi, deregulasi, selera, situasi politik, dan lain-lain).
PT SASA Inti adalah perusahaan pertama yang memproduksi MSG di Indonesia, Nama SASA sendiri merupakan kependekan dari "Sari Rasa" dimana diterjemahkan sebagai sari dari rasa dan gambaran dari fokus utama bagi perusahaan. Faktanya, untuk kebanyakan orang Indonesia, SASA berarti MSG penguat rasa, bagian bumbu dapur yang sangat diperlukan.Produk-Produk ungguulan SASA antara lain tepung bumbu serba guna,sambal tomat,terasi,penyedap masakan(micin),kecap dll. Semua produk yang dihasilkan SASA telah lama dikenal masyarakat dan digunakan dari generasi ke generasi.
PT.SASA inti mempunyai jaringan distribusi yang tersebar diseluruh indonesia  yang memungkinkan produk Dari PT.SASA Inti dapat digunakan oleh seluruh masyarakat di indonesia ,diantara distributor tersebut, distributor di Semarang merupakan salah satu yang terbesar karena bertanggung jawab terhadap penyebaran produk di seluruh jawa tengah. Kantor distributor .PT.SASA Inti di Semarang terletak di Jl.Siliwangi 408-488 Semarang.

Setiap hari produk dari SASA di kirim diberbagai daerah di Jateng dan setiap hari pula para wiraniaga harus mepromosikan dan menjual produk SASA agar lebih dikenal oleh masyarakat,sehingga penjualannya meningkat, manajemen selalu memberikan target penjualan yang harus diraih oleh para wiraniaga agar keberlangsungan usaha dapat terjaga dan keuntungan meningkat. Namun tidak selamanya target dapat terpenuhi dikarenakan berbagai faktor,baik faktor dari dalam maupun luar. Kesemua faktor tersebut sangat berpengaruh dalam volume penjualan dan pencapaian target penjualan.Penurunan penjualan yang terus-menerus akan berdampak buruk pada perusahaan dan jika dibiarkan dapat membuat perusahaan gulung tikar dan pemecatan karyawan.Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh perusahaan sehingga perlu dilakukan tindakan nyata dalam mengatasinya. Berikut adalah tabel volume penjualan dan target yang ditentukan manajemen selama januari-september 2014.
Tabel penjualan
Produk PT.SASA Inti cabang Semarang
selama bulan Januari-September 2014




Dari tabel dan grafik penjualan diatas terlihat penjualan produk SASA yang berbeda di setiap bulannya pada bulan tertentu naik dan bulan selanjutnya turun tajam. Dari tabel pennjualan tersebut dapat dilihat penjualan mencapai target di bulan-bulan yang ada event atau acara khusus, seperti pada bulan Januari saat moment tahun baru, Pada saat tahun baru dan awal tahun kebanyakan masyarakat mendapatkan bonus tahun baru,yang menjadikan tingkat pendapatan mereka menjadi naik dan mendorong mereka melakukan belanja lebih besar terutama untuk belanja makanan. Untuk memasak makanan mereka akan membutuhkan penyedap dan saat inilah mereka akan membeli produk SASA dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya. Penjualan juga mengalami kenaikan yang signifikan saat bulan Juli-Agustus karena saat bulan Juli merupakan moment puasa dan Agustus merupakan lebaran dimana pada saat itu masyarakat memasak makanan dalam jumlah lebih banyak dari biasanya diikuti penggunaan produk SASA yang besar pula.
Selain bulan-bulan yang mempunyai moment khusus, penjualan produk SASA di bulan lain cenderung menurun,hal inilah yang membuat manajemen kuatir.Apalagi dengan melihat pangsa pasar yang dikuasai produk SASA yang mengalami penurunan yang bisa dilihat dari bagan dibawah ini.




Sumber : PT. Sasa Inti cabang Semarang

Pada tahun 2013 produk SASA berhasil menduduki peringkat pertama dalam penjualan produk dengan penguasaan pasar sebesar 38%,diikuti Ajinomoto dengan 31%,miwon 21% dan produk dari produsen lain seperti Boga Nusantara, Suryajaya,Shandong,Daesang,Gizindo menguasai pangsa pasar sebesar 10%.

Untuk periode Januari-September 2014 Ajinomoto berhasil menggeser SASA dari puncak dengan perolehan pangsa pasar sebesar 36%, SASA beranda di posisi kedua dengan 32%, Miwon diperingkat ketiga dengan  pencapain 19% dan untuk produk lain mengalami peningkatan serta berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 13%. Pada periode Januari-September Ajinomoto gencar melakukan promosi untuk meningkatkan penjualan produknya melui pemasangan iklan di TV dan promosi langsung. Mereka juga menambah varian produk, melalui penambahan jenis tepung bumbu dan saus. Sementara SASA kurang melakukan promosi, manajemen mengurangi volume periklanan karena menganggap penjualan telah stabil dan lebih unggul dari produk pesaing. Hal inilah yang mengakibatkan produk SASA mulai ditinggalkan konsumennya dan mereka beralih membeli dari produk perusahaan lain. Kenaikan juga dialami oleh pemain kelas bawah seperti Daesang,Boga Nusantara Surya Jaya dll. Mereka mengalami kenaikan dengan menerapkan strategi harga bawah, dimana produk yang ditawarkan merupakan produk dengan harga lebih murah dari harga produk SASA, Miwon dan Ajinomoto. Bila tidak diantisipasi maka perusahaan tersebut akan bisa merebut pangsa pasar yang lebih luas lagi.
Selain karena persaingan, kondisi masyarakat yang mulai berhati-hati dalam menggunakan produk berbahan dasar MSG berdampak pada penjualan produk. Mereka takut menggunakan MSG karena mendengar kabar bahwa MSG dapat menimbulkan kanker dan gangguan kesehatan lainnya. Karena itulah, masyarakat akan membatasi penggunaan MSG dalam masakan mereka dan mereka akan lebih memilih menggunakan produk yang tidak menggunakan MSG. Pembatasan pemakaian akan mengakibatkan permintaan produk menurun dan akhirnya penjualan akan mengalami penurunan pula. Faktor inilah yang terus diawaspadai oleh PT. SASA dan perusahaan lain, karena opini negatif masyarakat terhadap MSG akan membuat produk berbahan dasar MSG tidak akan laku dijual sehingga dapat membuat perusahaan gulung tikar.





Dari urian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa masalah yang terjadi Di PT. Sasa Inti Cabang Semarang adalah sebagai beriku:
1.Volume penjualan yang tidak stabil dan cenderung menurun selama bulan januari-september 2014
2.Target penjualan tidak selalu tercapai


ANALISIS PENYEBAB TIMBULNYA MASALAH

Banyak hal yang dapat menyebabkan penurunan jumlah penjualan di PT.SASA INTI CABANG SEMARANG diantaranya:
a.  Kurangnya promosi, Sabagus apapun suatu produk bila konsumen tidak mengetahui produk tersebut tidak mungkin konsumen akan membelinya.promosi yang tepat akan membuat konsumen mengenal produk yang ditawarkan dan mempengaruhi mereka untuk membeli produk tersebut
c.   Persaingan yang semakin ketat, Banyaknya pesaing membuat semakin sulit dalam menawarkan produk,konsumen mempunyai banyak pilihan produk mereka dapat dengan leluasa berpindah ke produk lain bila mereka anggap produk tersebut tidak bagus atau harga yang berbeda. Hal ini yang menyebabkan penjualan bisa mengalami penurunan bila manajemen tidak mempunyai strategi yang jitu dalam mengatasinya
e. Sikap masyarakat yang negatif terhadap penggunaan MSG,bahan pengawet dan perwarna dalam produk SASA. Keberadaan bahan-tersebut dalam produk SASA sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga aman digunakan konsumen. Akan tetapi masyarkat cenderung untuk berfikir negatif karena adanya pemberitaan pemberitaan yang belum tentu benar tentang efek samping dari penggunaan bahan tersebut. Hal ini menyebabkan konsumen membatasi penggunaan produk yang berdampak pada penurunan jumlah penjualan.






ALTERNATIF SOLUSI PEMECAHAN MASALAH
a.       Memberikan motivasi,training dan bonus kepada para wiraniaga agar lebih semangat lagi dalam memempromosikan produk SASA.
b.      Menciptakan produk baru yang lebih inovatif dengan varian yang lebih beragam agar konsumen tidak berpindah ke lain produk
c.       Menambah promosi di layar kaca maupun media cetak agar masyarakat lebih mengenal produk SASA
d.      Memberikan potongan harga atau pemberian harga khusus untuk pembelian dalam jumlah yang banyak
e.       Memberikan hadiah langsung atau undian dalam setiap pembelian produk
f.       Melakukan penelitian dan pemberitaan bahwa produk yang dihasilkan SASA aman untuk dikonsumsi dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan dikemudian hari

SOLUSI PEMECAHAN MASALAH YANG DIPILIH

1.      Menambah varian produk agar konsumen mendaptakan banyak pilihan serta dapat memilih sesuai kebutuhan
2.      Pemberian harga khusus atau diskon disetiap pembelian produk
3.      Memperbanyak promosi baik media cetak atau elektronik agar konsumen mengetahui produk SASA
4.      Pelatihan dan pemberian motivasi kepada wiraniaga
5.      Menyakinkan bahwa produk SASA aman sesuai standar BPOM dengan melakukan pemberitaan dimedia cetak ataupun elektronik.










RENCANA KEGIATAN UNTUK MENINGKATKAN PENJULAN PRODUK SASA DI PT.SASA INTI CABANG SEMARANG

a.       Menambah varian produk agar konsumen mendaptakan banyak pilihan serta dapat memilih sesuai kebutuhan
Untuk mengetahui tingkat kebutuhan akan produk SASA maka terlebih dahulu kami akan melakukan riset. Riset meliputi riset kualitatif maupun riset kuantitatif. Riset kualitatatif dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan langsung kepada para konsumen bagaimana tanggapan mereka terhadap produk SASA,puaskah mereka menggunakan produk SASA, varian produk apa yang mereka harapkan dll.Sementara untuk riset kuanlitatif dilakukan dengan memberikan selebaran untuk diisi oleh konsumen dengan mencentang pilihan yang sudah ada. Riset akan dilakukan saat acara demo masak yang biasa dilakukan oleh wiraniaga, saat wiraniaga memasak wiraniaga lainnya akan membagikan brosur dan melakukan wawancara langsung dan bila sudah selesai konsumen akan mendapatkan makanan yang dijadikan demo tadi. Hal ini akan berlangsung terus menerus minimal selama tiga bulan agar mendapatkan data akurat. Demo masak yang disertai riset akan dilakukan oleh seluruh wiraniaga disemua daerah promosi.bila data sudah terkumpul baik data penjualan data hasil riset akan diserahkan kebagian manajemen  cabang dan diteruskan ke manajemen pusat untuk dikaji mendalam apakah memang perlu dilakukan inovasi produk atau penambahan produk dan keputusan pembuatan produk baru diserahkan pada manajemen pusat selaku pembuat keputusan.
Dengan dilakukan riset pemasaran tentang produk SASA dipasaran, diharapkan dapat diketahuii seberapa besar minat konsumen terhadap produk SASA dan dapat pula diketahui keinginan serta kebutuhan konsumen dimasa mendatang, sehingga manajemen dapat membuat rencana produksi produk baru,atau penambahan varian produk yang sesuai keinginan konsumen. Bila hal ini dapat dijalankan secara tepat maka penjualan produk SASA akan meningkat dan target yang ditetapkan manajemen akan terpenuhi.



b.      Pemberian harga khusus atau diskon disetiap pembelian produk
Setiap pembelian produk SASA dalam jumlah tertentu akan mendapatkan potongan harga. Pembelian potongan harga sebanyak 3% diberikan setiap pembelian 2 dus produk SASA apapun jenisnya, potongan 5% akan diberikan untuk pembelian 5 dus besar produk SASA apapun jenisnya baik tepung bumbu ,sambal,kecap,terasi dll. Untuk pembelian secara eceran disediakan paket hemat senilai Rp. 10.000. bila konsumen membeli 1 paket akan mendapatkan satu kupon. Kupon tersebut diisi dengan identitas konsumen kemudian dikumpulkan. Disetiap akhir acara  akan diundi,dan bagi yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa panci dan peralatan masak lainnya.Undian ini akan dilakukan setiap hari saat wiraniaga melakukan promosi di pasar-pasar atau ditempat promosi lainya. Dengan program seperti ini  diharapkan konsumen akan semakin banyak membeli produk SASA sehingga dapat meningkatkan penjualan dan target penjualan dapat terpenuhi

c.       Memperbanyak promosi baik media cetak atau elektronik agar konsumen mengetahui produk SASA
Promosi yang baik akan menetukan tingkat penjualan suatu produk,dengan promosi maka konsumen akan mengetahui produk apa yang ditawarkan,manfaatnya,cara pemakainnya dan dimana bisa mendapatkannya sehingga konsumen terpengaruh dan membelinya. Untuk menaikan penjualan produk SASA ,maka manajemen akan melakukan promosi baik melalui media cetak maupun elektronik.
a.       Media elektronik
-          Televisi merupakan media promosi yang efektif  karena setiap hari jutaan warga indonesia menonton televisi. Selama ini manajemen PT.SASA INTI telah melakukan hal tersebut akan tetapi beberapa bulan terakhir ini iklan produk SASA mulai hilang di layar kaca televisi indonesia. Mungkin karena kontraknya yang telah habis. Untuk itulah manajemen akan memperbarui kontrak dengan televisi yang ada di Indonesia untuk mempromosikan produk SASA sehingga lebih dikenal oleh masyarakat sehingga masyarakat akan berbondong bondong membeli produk SASA. Tidak hanya sekedar promosi di televisi tetapi penayangan iklan SASA akan diputar pada jam-jam dimana keluarga indonesia banyak menonton tv(prime time) dijam 18.00-21.00. pemasangan iklan di tv tentunya akan mebutuhkan dana yang besar akan tetapi apabila penjualan meningkat akan dapat menutup biaya promosi tadi. Promosi melalui media TV akan dilakukan oleh manajemen PT.SASA Inti Pusat karena manajemen pusat yang mempunyai wewenang untuk melakukan promosi yang membutuhkan dana besar.
b.      Media cetak.
Promosi melaluli media cetak menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam mempromosikan suatu produk karena lebih murah dari promosi elektronik dan dapat menjangkau konsumen secara personal. Promosi melaluai media cetak yang akan manajemen lakukan adalah dengan menggunkan:
1.      Baliho
Penggunaan baliho yang bergambar produk SASA akan ditempatkan di tempat-tempat strategis seperti pinggir jalan, sekitar pasar, serta dekat pusat perbelanjaan lainya.
2.      Selebaran (brosur)
Pemberian brosur akan dilakukan dipasar-pasar dan tempat perbelanjaan lainnya yang langsung ditujukan kepada ibu-ibu yang datang ke pasar agar mereka dapat melihat produk yang ditawarkan SASA dan tertarik untuk membelinya. Pemberian brosur ini bersamaan dengan acara demo masak yang selama ini  dilakukan sehingga lebih efektif dan hemat biaya
3.      Melalui majalah wanita
Promosi melalui majalah Wanita, tepat sekali karena target utama dari produk SASA adalah para wanita khususnya ibu-ibu sabagai pengatur urusan dapur. Dengan menyisipkan iklan di majalah tersebut. Ibu-ibu sebagia target utama pemasarn akan membacanya dan diharapkan dapat terpengaruh serta membeli produk SASA bila berbelanja nanti.
Melalui berbagai promosi yang  dilakukan ini diharapkan masyarakat akan lebih mengenal produk-produk SASA.Sehingga  penjualan semakin meningkat dan target penjualan tercapai



d.      Pelatihan dan pemberian motivasi kepada wiraniaga
Para wiraniaga merupakan ujung tombak bagi pemasaran produk,karena wiraniaga langsung berinteraksi dengan konsumen dan memalalui wiraniagalah konsumen dapat langsung menayakan produk yang ditawarkan suatu perusahaan.  wiraniaga yang handal akan mampu memberikan penjelasan mengenai produk dan menyakinkan konsumen untuk membelinya. Dalam memilih wiraniaga tidak boleh asal pilih,harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti, memiliki Kemampuan komunikasi yang baik, memilki kemampuan menyakinkan pelanggan, punya integritas dll.
Untuk menambah skil dan semangat para wiraniaga,PT SASA INTI akan melakukan:
-          Pelatihan terhadap para wiraniaga,pelatihan meliputi cara-cara menawarkan poduk yang baik,cara memikat konsumen,cara berkomunikasi yang baik dll. Pelatihan diikuti wiraniaga baru maupun lama agar skill mereka semakin berkembang.pelatihan bagi wiraniaga baru dilakukan selama 2 minggu agar,wiraniaga baru punya bekal yang cukup untuk menawarkan produk. Untuk wiraniaga lama pelatihan akan dilakukan selama 1 minggu setiap 6 bulan sekali untuk menambah skill mereka dalam penjualan.
-          Mengadakan seminar dengan mendatangkan motivator,pemberian motivasi akan membuat para wiraniaga lebih semangat dalam bekerja tidak hanya karena upah ataupun imbalan tapi karena motivasi dari diri mereka sendiri, itulah yang perlu dibangun agar wiraniaga lebih bersemngat dalam bekerja.
-          Sebelum bekerja diadakan pengarahan dari manajemen agar para wiraniaga lebih terarah dalam bekerja dan semangatnya menjadi lebih besar
-          Pemberian insentif bagi para wiraniaga
Insentif akan diberikan bagi para wiraniaga yang mencapai target. Insentif akan disesuiakan dengan hasil yang dicapai. Pemberian insentif bekisar antara Rp 500.000- Rp 3.000.000. Dengan pemberian insentif ini diharapkan dapat menjadi penambah semangat bagi para wiraniaga untuk semakin keras dalam bekerja.

-          Monthly meeting. Setiap bulan akan diadakan meeting bagi wiraniaga di setiap area penjualan. Pertemuan bulanan ini bertujuan untuk lebih meningkatkan motivasi dan menambah kedekatan hubungan antar wiraniaga sehingga kerjasama antar wiraniaga dapat terjalin dengan erat.
Semua kegiatan diatas akan membuat para wiraniaga memiliki keahlian lebih dalam menjual produk,mempunyai semangat juang tinggi,loyalitas kepada perusahaan besar dan terakhir para wiraniaga tersebut mampu meningkatkan penjualan produk SASA serta dapat memenuhi target penjualan yang ditetapkan.

e.       Menyakinkan bahwa produk SASA aman sesuai standar BPOM dengan melakukan pemberitaan dimedia cetak ataupun elektronik.
Untuk mengubah anggapan masyarakat mengenai penggunaan MSG yang  dapat menggangu kesehatan memang agak susah tapi manajemen akan berusaha untuk mengatasinya dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti berikut,Melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai MSG, sehingga masyarakat mengetahui apa sebenarnya MSG tersebut, cara pemakaiannya bagaimana dan efeknya yang ditimbulkan itu seperti apa, sehingga mereka akan paham dan tidak ragu lagi menggunakan MSG. Edukasi akan dilakukakan oleh para wiraniaga saat menawarkan produk dan saat melakukan demo masak. Selain mempromosikan produk, para wiraniaga juga harus bisa menyakinkan bahwa produk SASA aman untuk dikonsumsi dan tidak mempunyai efek jangka pendek maupun efek jangka panjang, sehingga masyarakat yakin dan mau memebeli produk SASA. Edukasi juga akan dilakukan melalui iklan baik cetak maupun elektronik,dalam iklan akan disisipkan keterangan bahwa produk SASA aman karena telah lulus uji BPOM dan MUI serta dalam iklan tersebut akan disebutkan bahwa penggunaan MSG aman disertai alasannya. Khusus untuk edukasi melalui iklan elektronik akan dilakukan manajemen PT.SASA INTI pusat,karena manajemen pusatlah yang mempunyai wewenang dalam membuat keputusan
Bila masyarakat sudah yakin akan keamanan produk yang dihasilkan SASA,tentunya mereka tidak akan ragu lagi menggunakan produk tersebut dengan senang hati mereka akan membeli produk SASA untuk digunakan sehari-hari. Pada akhirnya penjualan akan  meningkat dan target penjualan akan mudah tercapai.




.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com