BAB I
LATAR BELAKANG KULIAH KERJA PRAKTEK
FILE LENGKAP HUB 082220902065
1.1 Alasan Ketertarikan Terhadap Bidang
atau Obyek KKP
Indonesia merupakan negara yang berkembang
dimana sektor perindustrian merupakan peran atau sebagai penggarakan
perekonomian. Perkembangan industri diharapkan menjadi usaha dalam jangka
panjang untuk memperluas pekerjaan. Usaha tersebut yaitu menyediakan barang dan
jasa yang bermutu. Para pengusaha swasta merupakan salah satu tonggak di bidang
perekonomian industri.
Pemerintah saat ini selalu
meningkatkan perindustrian yang dikelola pengusaha swasta dimana kemajuan
pembangunan dapat menciptakan banyak lapangan kerja baru, seperti industri
frozen yang terdapat di Kota Semarang. Industri tersebut banyak diminati
masyarakat sebab sebelumnya produk ini sudah dikenalkan oleh negara lain
sehingga untuk pengenalan produk tidak begitu sulit.
Semakin meningkatnya produksi
frozen di Kota Semarang sendiri membuat persaingan yang ketat. Para pengusaha
bersaing untuk mendapat konsumen yang baik seiring banyaknya produk lain yang
muncul dan minat konsumen yang tinggi. Semakin tinggi minat konsumen semakin
luas pula daerah pemasaran produksi sehingga mendorong usaha untuk terus
berkembang. Untuk mempertahankan intensitas perusahaan dalam persaingan,
perusahaan tersebut harus memperhatikan daya saing terhadap perusahaan lain.
Selain itu juga perlu diadakan kegiatan promosi yang baik sehingga penjualan
konsumen merata.
Kegiatan promosi adalah untuk
meningkatkan hasil penjualan dari produk frozen itu sendiri. Caranya yaitu
dengan memberikan informasi mengenai komposisi yang terkandung dalam produk,
membujuk konsumen untuk bersedia membeli produk yang dipromosikan dimana produk
tersebut mudah didapat dan cepat untuk diolah dan disajikan.
Dalam menjalankan usaha, perusahaan
tidak akan lepas dari kegiatan promosi karena kegiatan promosi menggunakan
media periklanan, personal selling, dan publisitas merupakan sarana pemasaran
untuk mencapai tujuan dan pasar sarana. Promosi merupakan jenis kegiatan
pemasaran yang ditunjukan untuk mendorong permintaan yaitu dengan cara
periklanan, promosi penjualan dan personal
selling. Sebuah perusahaan dikatakan berhasil apabila penjualanyang dicapai
tinggi. Sedangkan untuk mencapai tujuan penjualan yang tinggi harus memiliki
strategi pemasaran yang cukup baik.
PT. MALINDO FOOD DELIGHT merupakan
persahaan yang bergerak di bidang food
frozen dimana pemiliknya bekerjasama
dengan pengusaha Malaysia yang membuka anak cabang di setiap Kota termasuk Semarang.
Semakin lama persaingan produk semakin ketat dengan pengusaha lain yang
sejenis. Sehingga perusahaan dituntut untuk mempertahankan dan meningkatkan market share melalui kegiatan promosi
yang tepat. Saat ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang yang sama hingga
home industri yang memasarkan produknya dengan beraneka jenis dan harga. Untuk
itu PT. MALINDO FOOD DELIGHT di Semarang perlu bersaing ketat dan merebut
pangsa pasar di Kota Semarang. Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka
kegiatan promosi diangkat sebagai pokok pembahasan dalam menyusun laporan ini.
Penulis mengambil judul “KEGIATAN
PROMOSI PADA PERUSAHAAN FOOD FROZEN PADA PT. MALINDO FOOD DELIGHT SEMARANG”.
0 comments:
Post a Comment