WINBIE GENESIS: STUDI KELAYAKAN BISNIS ITIK winbie genesis

Pages

Sunday, December 21, 2014

STUDI KELAYAKAN BISNIS ITIK



BAB II
ASPEK TEKNIS DAN OPRASIONAL
Untuk membangun usaha penetesan telur yang kami butuhkan adalah lokasi yang strategis yang dapat menunjang kelacaran usaha kami dan dapat mempermudah dalam memasarkan produk. Untuk menetukan lokasi usaha, kami memilih lokasi yang dekat dengan bahan baku,dekat dengan pasar,mempunyai iklim yang cocok untuk peternakan dan mudah mendapat tenaga kerja. Berdasarkan itulah kami memiliki beberapa lokasi yang dapat menjadi pertimbangan dan dapat menjadi pembandingan. Lokasi-lokasi tersebut adalah sebaagai berikut :
a.       Desa ronggowuni, Kec.Toroh, Kab.Grobogan
lokasi ini menempati area tanah sebesar 400m2, lokasi tanah tersebut terletak di RT 02,RW05 Desa Ranggawuni Kec.Toroh, Kab.Grobogan. berikut merupakan ulasan dari lokasi ini ditinjau dari beberapa aspek
1.      Letak pasar
Jika penetasan dan peternakan di dirikan dilokasi  ini, dilihat dari segi pasar sangat potensial sekali,karena didaerah ini terdapat 8 peternakan itk pedaging yang mempunyai kapasitas produksi rata-rata tiap peternaknya sebesar  800 ekor/bulan. dengan produksi sebanyak itu berarti peternak tersebut membutuhkan lebih dari 800 ekor DOD perbulan. jadi total peternak disana membutuhkan 6400 DOD/bulan. jumlah ini merupakan jumlah yang sangat besar bila kami dirikan lokasi disini maka produk kita dapat diserap dengan baik.
2.      Bahan baku
Untuk memperoleh bahan baku produksi yaitu pakan itik. Daerah ini kurang cocok karena harga bahan baku disini lebih mahal daripada harga didaerah lain karena adanya peternakan disini sehingga limbah peertanian sangat berharga disini, limbah pertanian seperti katul/dedak didaerah ini dijual sebesar Rp. 3000 - Rp. 4000 dibanding daerah lain harga tersebut jauh lebih mahal karena harga dedak diaderah lain Sebesar Rp. 1500 –Rp.2000. dengan menggunakan pertimbangan bahan baku pakan daerah ini kurang cocok untuk dijadikan usaha.
3.      Tenaga kerja
Untuk tenaga kerja daerah ini berlimpah karena jumlah warga disekitar cukup banyak dan rata-rata berprofesi sebagai petani. Bila kami ajak mereka untuk bergabung mereka pasti akan dengan sennag hati menerima tawaran kami, karena kerja dipenetasan sangat mudah dan dapat dijadikan profesi sambilan setelah bekerja ditempat kami mereka dapat melanjutkan pekerjaan disawah.
4.      Fasilitas pengangkutan
Lokasi ini termasuk daerah yang jauh dari pemukiman,jalannya massih bernbatu terjal untuk menuju dilokasi ini agak susah bila hujan jalannya kan berlumpur dan becek. Untuk mengangkut hasil produksi harus menggunakan motor karena jalannya belum bisa dilalui kendaraan roda 4 dikarenakan jalanya sempit. Hal ini menjadi kendala jika usaha penetasan kami didirikan didaerah ini.


5.      Fasilitas air dan listrik

Daerah toroh merupakan daerah yang terkenal kering di Kab,Grobogan,setiap musim kemarau pasti penduduk disini kesulitan dalam mencari air. Masyarakat disini sudah mebangun sumur artetis tapi jarang yang keluar airnya.biasanya saat musim kemarau warga disini membeli air tangki dari PDAM. Para  peternak bebek didaerah ini juga kesulitan saat musim kemarau dan mengurangi produksinya saat musim kemarau karena biaya pada musim ini lebih besar pada saat musim penghujan.Listrik didaerah ini sudah menjangkau dari sudah banyak dibangun tiang-tiang listrik didaerah ini jadi bila mendirikan usaha disini listrik sudah mendukung.
6.  Iklim
Keadaan suhu udara di daerah ini cukup panas.kurang baik untuk dijadikan lokasi  penetasan tapi hal ini dapat diatasi dengan penggunaan pengatur suhu dalam mesin penetaas telur.


b.      Pilihan loaksi yang kedua adalah didaerah Pagergunung,
Lokasi ini berada di wilayah RT07 RW 02 desa pagergunung kec/kab Grobogan, lokasi ini menempati area seluas 500m2 dilereng pegunungan kendeng. Lokasi ini mempunyai iklim yang sejuk udara masih bersih sehingga cocok untuk usaha penetasan telur itik karena telur akan lebih mudah menetas didaerah yang bersuhu sejuk. Berikut adalah pembahasan lokasi ini dinilai dari berbagai aspek.

1.      Letak pasar
Karena lokasi yang berada didaerah lereng gunung kendeng menjadikan lokasi ini sedikit jauh dari target pasar. Lokasi ini berjarak 22km sebelah utara kota Purwodadi. Belum adanya peternak bebek didaerah ini menjadikan penyerapan DOD tidak dapat dijual didaerah ini,tetapi harus dijual ke daerah lain. Masyarakat disekitar daerah ini lebih memilih beternak ayam pedaging. Sehingga banyak peternakan ayam ,tercatat ada 5 peternak ayam disini. Daerah ini menjadi favorit peternak ayam karena suhu yang sejuk dan keadaan disekitar yang tenang jauh dari pemukiman.
2.      Bahan baku.
Didaerah ini bahan baku limbah pertanian seperti dedak sukar diperoleh karena penduduk disekitar tidak memiliki sawah untuk ditanami padi.,mereka hanya memiliki kebun sayur dan tanaman kebun lainya. Untuk mendapatkan beras penduduk sekitar harus membeli ditoko sembako di pasar Kec.Grobogan. memang lokasi daerah ini tidak cocok ditanami padi sehingga masyarakat lebih memilih menanam sayuran dan tanaman lain.

3.      Tenaga kerja
Tenaga kerja dari daerah ini tersedia banyak karena penduduk didaeah ini cukup besar .dan minat terhadap peternakan cukup tinggi ini terbukti disetiap rumah pasti terdapat binatang ternak entah itu ayam ,bebek,kelinci kambing ataupun sapi.
4.      Fasilitas pengangkutan
Kondisi jalan didaerah ini naik turun akan tetapi jalannya sudah dicor dan diaspal,jalannya pun lebar sehingga mudah untuk dilalui baik kendaraan roda 2 maupun roda 4. Hal ini sangat memudahkan untuk pengangkutan hasil produksi.
5.      Air dan listrik
Air tersedia melimpah karena berasall dari mata air pegunungan yang tidak ada habisnya akan tetapi perlu mebangun instalasi pipa air bila ingin mendapatkan air. Istalisi pipa air harus dibangun seizin warga dan tiap bulan dikenai biaya penggunaan ai r.Listrik sudah menjangkau didaerah ini jadi mesin penetas dapat digunakan dan tidan perlu mengunakan kompor gas sebagai pemananas.
6.      Iklim
Keadaan suhu udara di daerah ini lebih sejuk karena berada didaerah pegunungan baik untuk dijadikan lokasi  penetasan.

c.       Dusun Gareh,RT 04,RW 03 desa Ngabenreo Kec/Kab Grobogan
Lokasi ke tiga terletak di dusun gareh desa ngabenrejo kec/kab grobogan. Daerah ini terletak 6 km arah utara dari kota Purwodadi. Berikut ulasana mengenai lokasi ini.

1.      Letak pasar
Lokasi ketiga ini bisa cukup strategi karena berjarak sekitar 6km dari kota purwodadi,menjadikan pemasaran produk menjadi lebih mudah karena DOD dapat langsung di jual ke pasar Glendoh yang notabenanya merupakan pasar unggas terbesar di Kabupaten Grobogan. Dipasar ini para pedagang unggas tengkulak peternak berkumpul untuk melakukan transaksi jual-beli unggas. Melalui  pasar ini maka DOD dapat kami jual dan promosikan kepada para peternak.jarak yang dekat dengan pasar glendoh menjadikan lokasi ini mempunyai keunggulan tersendiri dalam hal lokasi pemasaran. Lokasi ini juga dekat dengan kecamatan toroh dan wirosari dimana 2 lokasi ini merupakan lokasi yang terdapat banyak peternak bebek pedaging, jarak dusun gareh ke toroh hanya 12km,sementara  gareh ke wirosari 20km. Dengan jarak yang dekat akan semakin memperlancar distribusi bibit bebek (DOD) ke peternak. Sehingga peternak akan lebih memilih produk DOD yang kami hasilkan dibanding produk lain.

2.      Bahan Baku
Limbah pertanian seperti dedak padi banyak tersedia disini karena daerah ini area pertaniannya sangat luas. Dan masyarakat disini moyoritas menanam padi dan terdapat penggilingan padi didaerah ini sehingga ketersedian dedak padi sebagai pakan itik indukan tersedia berlimpah. Harga dedak padi didaerah ini  sekitar Rp. 1000 – Rp 2000 lebih murah dibanding daerah lain. Dengan ketersedian pakan yang berlimpah menjadikan daerah ini cocok dijadikan lokasi peternakan.

3.      Tenaga Kerja
Tenaga kerja dari daerah ini tersedia cukup karana jumlah warga daerah ini terhitung besar sekitar 2000 jiwa. Serta minat di sektor peternakan juga tinggi jadi akan mudah dalam merekrut pekerja.


4.      Fasilitas pengangkutan
Banyak moda transportasi yang dapat menjangkau daerah ini dari roda dua sampai roda empat. Kondisi jalan yang sudah dicor semakin melancarkan proses produksi kendaraan dapat leluasa berpapasan karena jalan daerah ini lebar.

5.      Air dan listrik
Untuk mendapatkan air harus membuat sumur artetis dengan mengebor tanah sampai kedalaman tertentu atau dapat membuat sumur gali. Listrik sudah tersedia diseluruh wilayah, dengan mendaftar pembuatan sambungan listrik di PLN kurang dari sebulan listrik akan dipasang.
6.      Iklim
Keadaan suhu udara di daerah ini cukup panas.kurang baik untuk dijadikan lokasi  penetasan tapi hal ini dapat diatasi dengan penggunaan pengatur suhu dalam mesin penetaas telur.

Dibawah ini merupakan tabel penilaian ketiga lokasi tersebut.penilaian berdasarkan kelima aspek yaitu letak pasar,pengangkutan,bahan baku.tenaga kerja ,iklim ,listrik dan air.
no
Kebutuhan
Nilai
lokasi ideal
Desa
Ronggowuni
Desa
Pagergunung
Desa
Ngabenrejo
1
Pasar
20
18
13
18
2
Pengangkutan
25
12
20
22
3
Bahan baku
25
15
10
23
4
Tenaga kerja
10
19
18
18
5
Listrik
5
5
5
5
6
iklim
15
10
15
12

jumlah
100
79
81
98








Berdasarkan pertimbangan dan penilain keunggulan dan kelemahan ketiga lokasi tersebut makan kami memilih desa ngabenrejo sebagai tempat usaha kami karena lokasi tersebut telah memenuhi syarat untuk dijadika lokasi usaha penetasan dan loaksi ini lebih unggul dari dua lokasi yang lain.
Dibawah ini merupakan denah dari lokasi tempat peternakan dan penetasan telur kami,yaitu di Desa Ngabenrejo Dusun Gareh RT04/RW 03 Kec/Kab Grobogan Jawa Tengah.










































B. luas produksi
Perkiraan permintaan DOD itik pedaging di tahun 2014 berdasarkan perhitungan trand sebesar 885.346  ekor/tahun atau sekitar 73.778 ekor/bulan. sementara jumlah produksi kami sebesar 11200ekor/ bulan. hal ini di dapat dengan perincian sebagai berikut,
Jumlah itik indukan yang kami punya sebesar 550 ekor.500 betina,50 jantan. Dari 500 itik minimal dalam satu hari kami mendapat 480 butir telur/hari,telur akan dipilih menjadi yang fertil dan kira kira akan didapat 440 telur yang fertil setelah itu telur ditetaskan dan potensi menetas paling rendah telur akan menetas menjadi  400  DOD/hari
Mesin penetas yang digunakan berkapasitas 12000 telur dengan membagi menjadi 4 periode,satu periode lamanya 1 minggu maka kami dapat meperoleh DOD 400 x 7 hari = 2800 DOD /minggu..dan mesin tetas ini dapat digunakan terus menerus karena ada sekat didalam yang memisakan tiap periode telur sehingga telur yang sudah menetas tidak bercampur dengan telur yang belum menetas. Jadi penggunaan mesin tetas tidak langsung diisi 12000 telur melaikan  bertahap,tiap periode ada 2800 telur sementara ada 4 periode jadi total ada 11200 telur didalam mesin penetas.
Untuk perhitungan break even poinntnya menjadi
Tabel perhitungan biaya selama satu bulan



Harga jual DOD dipasaran saat ini sebesar Rp. 6500- Rp. 7000 namun kami akan menetapkan harga jual sebesar Rp. 6000
Dengan penghitugan menggunakan metode break even pont maka jumlah DOD yang harus dijual pebulan agar mencapai titik impas adalah.
TR=TC
HARGA JUAL X JUMLAH PRODUK = TOTAL COST
6000 X JUMLAH PRODUK = 6300000
JUMLAH PRODUK =23.730.000/6.000= 3.955 ekor
Jadi untuk mencapai BEP kami harus menjual DOD sebanyak 3.955 ekor tiap bulannya,










































 































.

Gambar diatas merupakan layout dari peternakan dan tempat penetasan kami,berikut merupakan keterangan dari layout tersebut :
1.      Gudang                                                           KU I,2,3,4,5= kandang umbaran
2.      Ruang tamu                                                     KD              = Kandang dalam
3.      Tempat tidur pekerja
4.      Kandang DOD ( bibit itik)
5.      Sumur
6,7 ,8 ,9 Mesin tetas
  Dalam membuat layout kami menggunakan beberapa pertimbangan yaitu
a.       Gudang
Gudang kami gunakan untuk menyimpan pakan,peralatan dan obat-obatan.posisi gudang kami atur dekat dengan pintu masuk agar memudahkan dalam penyimpanan pakan,sehingga tidak perlu mengangkut terlalu jauh saat penurunan pakan dari mobil pickup.
b.      ruang tamu
ruang tamu digunakan untuk tempat menyambut tamu dan sebagi tempat perundingan jika ada peternak ataupun pedagang lain yang ingin membeli DOD dari kami..ruang tamu dilengkapi dengan satu set meja kursi dan penataan diatur sedemikian rupa agar para tamu dapat nyaman.
c.       Tempat tidur pekerja
Sebagai tempat istirahat bai pekerja saat malam hari. Karena pekerja yang kami selalu berada dilingkungan kandang dan bila ingin keluar harus bergantian.
d.      Kandang DOD
Kandang DOD merupakan tempat penampungan sementara bibit itik sebelum di kirim kepeternak. Kapasitas kandang DOD ini dapat menampung 12000 DOD.
e.       Sumur
Sumur kami buat untuk memenuhi kebutuhan air minum itik dan untuk membersihkan kandang. Sumur kami buat secara bor atau sumur artetis sehingga dapat mencapai sumber air yang terdalam.



f.       Mesin tetas
Kami letakkan diruang utama depan ruang tamu,.mesin tetas ini berjumlah 4 buah,dengan kapasitas 3000 butir telur tiap mesinya. Kami letakkan 2 sejajar dan 2 saling berhadapan agar hemat tempatdan mudah dalam mengontrolnya.
g.      Kandang umbaran
Bagian dari kandang yang tidak beratap,lebih luas dari kandang dalam. Kandang ini sebagai tempat itik agar dapat berlaarian dan mendapat ruang yang cukup sehingga itik indukan tidak mudah stress,dan lebih tahan penyakit. Alas kandang umbaran kami beri sekam pada agar saat hujan tidak becek dan lebih mudah dalam pembersihan kotoran
h.      Kandang dalam
Merupakan kandang beratap dan dan berdinding sebagai tempat tidur itik dimalam hari,dan sebagai tempat berlindung itik dari panas dan hujan. Didalam kandang kami beri alas jerami agar menghangatkan itik dan lebih mudah membersihkan kotoran itik. Baik kandang umbaran maupun kandang dalam kami sekat-sekat untuk memisahkan itik menjadi beberapa koloni, tiap sekat terdiri dari 100 itik betina dan 10 itik jantan. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah dalam perawatan dan pengontrolan produksi telur berikut merupakan bentuk kandang yang rencananya kami buat.



PERALATAN

Peralatan yang digunakan dalam usaha penetasan telur bebek ini tidak terlalu rumit, hanya dibutuhkan peralatan sederhana seperti daftar alat berikut ini.



Namun ada satu alat yang membutuh perhatian lebih yaitu mesin tetas karena mesin inilah yang menjadi alat untuk menetaskan telur itik, kesalahan pengoperasian akan berakibat gagalnya penetasan telur yang bisa berakibat kerugian yang besar. Mesin tetas yang kami miliki adalah mesin tetas dengan kapasitas 3000 telur sekali tetas sebanyak 4 buah, pengoprasianya secara otomatis menggunakan tombol, alat ini diset ditemperatur 36-37 C yaitu suhu ideal untuk menetaskan telur. Alat ini menggunakan elemen listrik untuk pemanasnya, didalam alat ini juga terdapat hygrometer untuk mengatur kelembaban udara sehingga terdapat kelembapan udara yang ideal bagi penetasan telur. Dibawah ini merupakan penjelasan dan spesifikasi dari mesin penetas telur yang kami maksut.





 
                

Q 3000 DSH, seperti mesin tetas pada umumnya yang menggunakan rak goyang, yang menggunakan controller suhu serta kelembaban yang di olah secara digital, kapasitas 3000 butir, antara ruang setter & ruang hatcher terpisah, jadi controller untuk masing masing periode bisa  diset masing masing sesuai dengan kebutuhan, terdapat 30 rak goyang yang berisikan 90 eggtray dan kapasitas keseluruhan rak setter sebanyak 3240 butir, dan 11 rak hatcher yang berisikan keranjang hatcher sebanyak 33 buah dan kapasitas keseluruhan sebanyak 1080 butir,
Mesin tetas ini menggunakan teknologi pengontrol micro atau yang biasa di sebut dengan micro processor yang telah rancang dan didesain secara seksama dengan teliti dan mendetail, sehingga menghasilkan sebuah pengontrol yang canggih yang mampu memenuhi semua kebutuhan mesin tetas, salah satu kelebihan controller ini adalah terdapatnya pengontrol kelebihan panas, asupan udara segar maupun gas buang, dengan kata lain controller ini membuat mesin tetas anda bernafas untuk menjaga pertumbuhan/perkembangan embrio dalam telur.
Kelebihan lainnya dari mesin tetas ini adalah dimana terdapatnya pengontrol air otomatis, jadi apabila air dalam bak penampungan mendekati habis, secara otomatis akan terisi kembali, jadi kekhawatiran mesin tetas ini kekurangan atau kelupaan mengisi air untuk kelembaban sudah jauh lebih praktis & menguntungkan.

SPESIFIKASI MESIN PENETAS INI ADALAH :
- box berbahan triplek 12mm
- rangka dalam besi holo 2x2cm tebal 1,8mm
- rak untuk eggtray besi siku 2x2cm
- lapisan dalam plat almunium 0,2mm
- lapisan luar menggunakan cat
- kaca monitor tebal 5mm
- pemanas menggunakan element pemanas/heater 300watt di tiap ruangnya
- sistem kelembaban menggunakan sistem air dingin yang di semprotkan oleh spray pump dan nozzle spray
- terdapat roda untuk memudahkan penempatan posisi mesin tetas
- termohygrostat digital

Berikut merupakan mesin tetas buatan produsen lain yang secara teknis mempunyai spesifikasi yang sama  namun dengan harga yang berbeda.








Gambar 2.
Glorybators GF 3000 DS

 

Gambar 1
AGROWINDO  AG 3000 W
 
 
           








Mesin yang kami gunakan perupakan buatan Tonk-Q Incubator,,dibandrol dengan harga  Rp12.300.000,harga ini jauh lebih murah dibanding dengan harga dari pabrikan mesin tetas lain seperti Agrowindo dengan mesin AG-3000 KL yang dijual dengan harga RP. 14.850.000 Dan dari Glorybators dengan mesin GF 3000 DS dengan harga Rp. 15.400.000. Walaupun mempunyai kapasitas mesin dan fungsi yang hampir  sama yaitu 3000 butir namun Q 3000 DSH lebih mempunyai keunggulan yaitu adanya microprosesor yang berguna untuk mengontrol keseimbangan kadar air,udara,dan panas dalam mesin tetas sehingga dapat dikontrol secara otomatis. Alat inilah yang tidak dimiliki oleh kedua mesin mesin tetas tadi. Disamping itu harga Q 3000 DSH lebih murah dari pada produk dari Agrindo dan Glorybators sehingga kami lebih memilih menggunakan Q 3000 DSH.
Untuk mendapatkan mesin ini kami akan menghubungi pihat TONK-Q, kemudian kami kan membahas tetang kesepakan harga dan biaya pengiriman dan barangpun siap dikirim ke tempat kami.
Untuk alat-alat yang lain seperti ember,cangkul dll saya rasa tidak perlu dijelasakan karena sudah jelas dan tidak perlu dilakukan perbandingan harga karena harganya relatif terjangkau dan dapat dibeli di toko pertanian terdekat

BAHAN-BAHAN

Bahan-bahan yang kami butuhkan untuk menjalankan usaha penetasan ini adalah
a.                        Idukan itik hibrida
Indukan yang unggul sangat menentukan dalam usaha penetasan karena dengan indukan unggkul akna dihasilkan telur yang fertil dan bila sudah menetas akan mempunyai sifat-sifat yang baik sesuai induknya. Indukan yang kami budidayakan adalah jenis bebek peking untuk indukan jantan dan induk bebek kalung dari magelang sebagai indukan betina. Itik peking sebagai pejantan dimaksutkan agar nantinya anak itik  menetas mempunyai keunggulan seperti itik peking yaitu cepat besar dan punya tekstur daging yang tebal. Sedangkan indukan bebek kalung kami pilih sebagai betina karena,bebek kalung lebih tahan penyakit,produksi telurnya lebih banyak dibanding bebek lainya dan telur bebek kalung laku dipasaran ,tidak seperti telur bebek peking yang tidak laku dijual karena mempunyai cangkang putih seperti telur ayam kampung.
Untuk indukan jantan itik peking kami dapat membelinya di dinas peternakan kab. Semarang ,atuan kerja pembibitan unggas di daerah banyu biru. Harga pejantan F2 peking dihargai sebesar Rp.150.000/ekor untuk usia 4 bulan. untuk indukan betina kami pilih bebek kalung dari Ambarawa dengan harga Rp 40.000/ekor untuk usia 4 bulan. Untuk membeli indukan kami menyewa mobil pickup dengan keranjang sebagai wadah itik,kemudian kami akan menuju banyu biru dan Abarawa. Semua biaya telah kami hitung sebelumnya sehingga dapat dilakukan kalkulasi saat perhitungan biaya diakhir bulan.
b.      Pakan
-          Dedak
Deadak dengan mudah didapat karena sekitar peternakan terdapat tempat penggilingan padi.kami akan bekerja sama dengan pemilik penggilingan padi untuk menyupalay dedak secara contineu ke peternakan kami.Biasanya para petani akan menggilingkan padi merekan ditempat penggilingan padi,kemudian menjual dedak hasil penggilingan padi ditempat itu juga. Kemudian dedak dibeli dan ditampung pemilik penggilingan setelah mencapai kuata yang ditetapkan kami akan membelinya, pengangkutan dedak menggunakn mobil pickup dan kami juga membutuhkan tukang panggul untuk mengangkat dedak itu ke gudang kami. Dedak dijual dengan harga sekitar Rp 1000-Rp 2000/kg lebih murah dibanding daerah lain.
-          Jagung
Jagung banyak ditanam oleh petani di daerah ngabenrejo,jagung menjadi komoditi nomer dua setelah padi. Apabila musim tpanen raya tiba harga jagung dapat mencapai level terrendah yaitu sekitar Rp. 2500/kg. Dengan memanfaatkan situasi tersebut kami dapat membeli jagung dalam jumlah yang banyak aat musim kemarau kemudian menimbunnya untuk persedian pakan. Kami akan membeli jagung dipeternakan. Artinya petani yanag menjual jagung dapat langsung ketempat kami sehingga kami tidak mengeluarkan biaya angkut.
-          Kosentrat telur\
Utuk kosentarat itik petelur kami menggunakan kosentrat 511,kosentar ini merupakan produksi PT.Japfa. Keunggulan dari produk ini adalah mempuanyai komposisi gizi yang seimbang dengan protein 24 % cocok  sekali untuk digunakan sebagai pakan itik petelur. Pakan kosentrat dapat kami peroleh ditoko SEMIT di kota purwodadi tepatnya di Jl. R.Soeprapto No. 13. Sebelah rumah sakit Yakkum Purwodadi. Harga satu karung kosentrat berat 50 kgsekitar Rp. 400.000,. untuk pembelian dalam jumlahbanyak kami menggunakan mobil pickup untuk mengangkutnya tentunya mobil tersebut mobil sewaan.
-          Nasi Aking
Penggunaan  Nasi aking betujuan mencukupi kebutuhan karboohidrat  bagi itik indukan sehingga lebih tahan terhadap perubahan suhu. Nasi aking kami dapat di pasar Grobgan karena di pasar tersebut banyak terdapat penjual nasi aking dengan harga murang yaitu berkisar Rp.1500-Rp.2000/kg. Jarak peternakn dengan pasar grobogan cukup dekat sekitar 4 km jadi kami dapat lebih hemat dalam mengangkutnya ke tempat kami karena biaya sewa mobil dengan jarak dekat seperti itu lebih murah. Sekitar Rp.50.000.-.
-          Obat dan vaksin
Persedian obat sangat diperlukan dalam usaha ini,bila itik sewaktu-waktu tererang penyakit kami dapat dengan cepat mengatasinya. Obat yang kami sediakan antara lain: sulfamidin ,tyramizin.,anti snot dan vita strees. Sementara untuk vaksin kami gunakn sebagai pencegahan penyakit pada itik khususnya DOD atau itik yang baru menetas agar tidak terserang penyakit. Obat dan vaksin tersebut dapat kami beli di toko SEMIT, dengan harga berkisar Rp.5000- Rp.12.000 / botol
-          EM4
EM 4 merupakan cairan yang berisi bakteri Lactobacilus Sp yang sangat baik bagi kesehatan itik,karena menngurangi bakteri buruk yang berada di pencernaan itik sehingga penyerapan makanan lebih optimal,membuat pertumbuhan itik semakin cepat dan lebih tahan terhadap penyakit. EM 4 dijual di Toko Semit dengan harga Rp.17.000/ botol.


PROSES PRODUKSI

Untuk memulai usaha penetasan terlebih dahulu kami membuat kandang untuk indukan itik yang akan menghasilkan telur tetas. Kandang kami buat dengan sistem rent,semi intensif dengan masih ada tempat bebek untuk berlarian bebas.kandang kami buat dari bambu,selain harganya murah bambu mudah didapatkan didaerah kami sehinggaa dapat menghemat ongkos produksi. Sebagai tahap awal kami akan memelihara idukan itik sebanyak 500ekor betina dan 50 ekor jantan. Calon indukan i bisa kami dapat dari Dinas Peternakan Kab. Semarang. Harga calon indukan saat ini sekitar Rp.40.000 usia 4 bulan untukbebek kalung beitna dan Rp. 150.000. bebek peking mulai bertelur sekitar umur 6 bulan,jadi kami harus memelihara terebih dahulu selama 2 bulan sebelum akhirnya dapat bertelur. Selama 2 bulan otomatis diperlukan pakan dan belum didapat pemasukan sehingga menambah ongkos produksi,tetapi kami sudah memperkirakan sebelumnya,jadi bisa dihitung besaran biayanya.
Dengan populasi sebesar 500 ekor betina,kami berharap tiap hari dapat memanen 480 telur tiap hari dengan jumlah telur yang fertil sekitar 450 butir. Telur kami kumpulkan terlebih dahulu setelah berjumlah 2900 buah telur fertil, kami akan tetaskan di mesin penetas sementara telur yang tidak fertil akan kami jual perbutir seharga Rp1.200. jadi semua telur dapat dimanfaatkan untuk dijual dan bisa dijadikan tambahan pemasukan.
Telur akan menetas setelah 28-30 hari,dari 2800 telur yang ditetaskan akan menetas sekitar 2800 ekor. DOD(day old duck) yang baru menetas dapat langsung dijual atau dipelihara terlebih dahulu untuk mendapat harga yang lebih tinggi,untuk itu kami harus pandai-pandai melihat peluang pasar yang ada. bila kami memiliki 4 mesin tetas, kapasitas tiap mesin 3000 butir. Kami dapat melakukan panen DOD tiap 7 hari sekali. Masa tetas telur sekitar 30 hari kami bagi jadi 4 periode,tiap periode 7 hari. Selama 7 hari telur  yang dihasilkan sebanyak  3150 butir kami tetaskan 2800 butir telur fertil dan sisanya kami jual sebagai pengganti biaya pakan. Jadi tiap 7 hari kami dapat panen DOD dan panen telur.
Pengiriman DOD akan kami antar kepada para peternak yang mebutuhkan,bisa juga menggunakan jasa ekspedisi dengan terlebih dahulu melakukan kesepakatan harga  atau pembeli dapat langsung datang ke tempat kami .DOD akan kami taruh dalam kardus khusus dan siap untuk diantar ketempat tujuan.
Untuk mengatasi penyakit yang timbul,pencegahan akan kami lakukan dengan pembersihan kandang tiap hari,vaksinasi dan kontrol kualitas pakan. Untuk pengobatan bebek yang sakit kami akan menyediakan obat -obatan seperti Teramyzin,Sulfamidin, Antisnot dll.bila semua dijalankan dengan baik tentunya akan menghasilakan keuntungan yang besar dan usaha ini sangat mungkin untuk berkembang jadi lebih besar karena jumlah peternak yang membutuhkan DOD peking terus bertambah.


KESIMPULAN
 Berdasarkan penilaian aspek teknis dan oprasional usaha penetasan telur bebek ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha karena tidak ada hambatan berarti secara teknis maupun oprasional sehingga usah ini mudah untuk dijalankan.,tidak membutuhkan teknologi yang tinggi dan rumit namun dapat memberikan  keuntungan yang maksimal.



DAFTAR PUSTAKA

Hendro, Sunarjono.1998.Kiat Sukses Beternak Itik.Jakarta:Balai Penyuluhan Peternakan
www.google.com








0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com