BAB I
PENDAHULUAN
file lengkap hub 082220902065
1.1
Latar
Belakang Pemilihan Bidang Pemasaran dan Objek KKP
Beberapa
tahun terakhir ini kebutuhan masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat
semakin baik dengan melakukan bermacam olahraga, salah satunya yaitu olahraga
gym atau disebut juga dengan fitness, karena dengan melakukan olahraga
mempunyai fungsi yang sangat penting bagi masyarakat untuk dapat menunjang
aktivitas sehari-hari bagi setiap individu.Oleh sebab itu banyak bermunculan perusahaan-perusahaan
dagang penjualan alat-alat fitness dan obat (suplemen) khusus bagi penggemar
olahraga fitness.
Dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan
yang sejenis, maka menimbulkan permasalahan bagi perusahaan dimana persaingan
dunia usaha dalam bidang alat olahraga. Mereka saling bersaing untuk menjadi
yang terbaik, Akibatnya terjadi persaingan yang ketat antara perusahaan yang
menjual perlengkapan alat-alat fitness dan suplemen. Perusahaan harus
menciptakan perbedaan-perbedaan yang lebih baik dibandingkan produk yang
ditawarkan pesaing perusahaan baik dalam harga,kualitas,produk, pelayanan yang
diberikan konsumen.
Pemilik
atau pengelola perusahaan harus dapat memenuhi selera dan perilaku masyarakat
yang menjadi konsumen, selain itu mengetahui situasi dan kondisi internal
perusahaannya, sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk tetap
mempertahankan tingkat permintaan konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.
Pemasaran
adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu
kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka
kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung
dalam kaitannya dengan pasar. Menurut Kotler dan Keller (2009) mengemukakan definisi pemasaran adalah
mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definsi
yang baik dan singkat dari pemasaran adalah memenuhi kebutuhan dengan cara yang
menguntungkan.
Menurut
M.Mursid (2003:95) Promosi merupakan komunikasi yang persuasif, mengajak,
mendesak, membujuk dan meyakinkan. Promosi sangat berpengaruh terhadap usaha
perusahaan untuk mencapai volume penjualan yang maksimal, karena meskipun
produk yang ditawarkan sudah baik, relatif murah serta mudah untuk diperoleh,
jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat penjualan tidak akan
memadai.
Salah
satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan
volume penjualannya adalah dengan menerapkan strategi marketing mix. Marketing mix
adalah kombinasi dari
empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem perusahaan yaitu :
produk, sistem harga, distribusi dan promosi”.
Efektivitas
promosi sangat tergantung dari pemilihan bentuk promosi yang diperlukan
terhadap produk yang dipasarkannya. Suatu jenis produk tertentu memerlukan bentuk promosi tertentu pula dan
jenis promosi yang lain harus
dipergunakan bentuk promosi yang lain pula. Dengan kata lain tidak semua
bentuk promosi dapat cocok dan menjamin keberhasilan promosi tersebut apabila
tidak sesuai dengan kondisi yang dimiliki oleh suatu produk. Oleh karena itu,
harus dicari suatu bentuk promosi yang sesuai dengan kondisi suatu produk yang
akan dipromosikan.
CV
Wijaya Putra 34 yang bergerak dalam bentuk penjualan alat-alat fitness dan
suplemen di Kota Semarang. CV.Wijaya Putra 34 dimiliki oleh Bapak Widie Wijaya
Putra yang berlokasi di Jalan Ngalian Indah III Blok O No. 3 Semarang yang baru
saja berdiri pada tahun 2010 yang lalu.
Meskipun
banyaknya pesaing yang baru, CV Wijaya Putra 34 berusaha untuk mempertahankan
pangsa pasarnya sehingga produk yang dipasarkannya dapat terus dipertahankan,CV
Wijaya Putra 34 mempunyai tujuan yang sama dengan perusahaan-perusahaan yang
lain, yaitu untuk memperoleh laba dengan memberikan kepuasan kepada konsumen,
yang diharapkan penjualan akan meningkat.CV Wijaya Putra 34 menawarkan 2 barang
yang dijual yaitu Alat-alat fitness dan Suplemen, diharapkan dapat memenuhi
kebutuhan pelanggan serta menjadi produk unggulan yang siap bersaing dengan
produk sejenis di Semarang.
Adapun
upaya yang dilakukan oleh CV. Wijaya Putra 34 untuk meningkatkan penjualan
produk ‟Alat-alat fitness dan suplemen” yaitu dengan menggunakan promosi
pemasaran dengan cara memperkenalkan produknya kepada masyarakat dengan memasang
iklan melalui media cetak dan media elektronika, pensponsoran, penjualan
personal, melakukan promo ke Tempat fitness center, Hotel, maupun perusahaan
disertai dengan pembagian brosur untuk memberikan informasi yang akurat dan
jelas serta pelayanan yang optimal/total terhadap kosumen.
Berdasarkan
dari tabel ternyata pada CV. Wijaya Putra 34 terdapat beberapa masalah yang
dihadapi dalam penjualan, yaitu tidak tercapainya target penjualan pada tahun
2013.
Tabel 1.1
DATA PENJUALAN
CV. WIJAYA PUTRA 34
TAHUN 2013 (1 TAHUN TERAKHIR)
Bulan
|
Target
PenjualanTahun 2013 (Rp)
|
||
Target (Rp)
|
Pencapaian
(Rp)
|
%
|
|
Januari
|
300.000.000
|
225.000.000
|
75
|
Februari
|
250.000.000
|
240.000.000
|
96
|
Maret
|
300.000.000
|
275.000.000
|
91
|
April
|
350.000.000
|
372.000.000
|
106
|
Mei
|
400.000.000
|
350.000.000
|
87
|
Juni
|
450.000.000
|
452.000.000
|
104
|
Juli
|
500.000.000
|
375.000.000
|
75
|
Agustus
|
400.000.000
|
420.000.000
|
105
|
Sepetember
|
450.000.000
|
440.000.000
|
97
|
Oktober
|
500.000.000
|
468.000.000
|
93
|
November
|
550.000.000
|
430.000.000
|
78
|
Desember
|
500.000.000
|
455.000.000
|
91
|
Total
|
4.950.000.000
|
4.502.000.000
|
90
|
Sumber : CV. Wijaya Putra 34
Berdasarkan
hasil tabel yang telah ada pada CV. Wijaya Putra 34 pada bulan April,Agustus,dan
Oktober mengalami pencapaian target yang di tetapkan oleh perusahaan,tetapi pada
bulan Maret, April, Mei, Juli, September, Oktober, November, Desember, Januari,
dan Februari mengalami penurunan sehingga target yang ditetapkan perusahaan
tidak tercapai.Padahal Perusahaan dalam menentukan targetnya tidak terlalu
besar. Terjadi suatu fenomena pada target penjualannya, yaitu perusahaan dalam
menentukan jumlah targetnya berjumlah Rp.500.000.000,00, dimana tidak pernah
tercapai targetnya,sehingga perlu dianalisa.
Untuk mengetahui masalah-masalah
yang menyebabkan target tersebut tidak tercapai maka dilakukan analisa
Marketing Manager. Hasil analisa masalah yang dilakukan Marketing Manager
sebagaiberikut :Promosi penjualan hanya pada satu sasaran tertentu saja yaitu
event-event olahraga,sehingga pada saat promosi penjualan produk yang
ditawarkan hanya lebih dikenal masyarakat lama yang suka pecinta olahragafitness
saja, Promo yang ditawarkan dalam bentuk diskonkurang diminati masyarakat. Kurangnya
pemahaman Personal Selling terhadap penggunaan dan manfaat alat-alat fitness
dan suplemen dengan keluaran produk baru dinilai kurang baik,sehingga penjualan
kurang dapat meyakinkan para konsumen.
Maka
tugas akhir ini mengambil bidang Bauran Promosi karena Promosi sangat penting
untuk Perusahaan dalam memasarkan produknya sehingga Produk yang ditawarkan bisa
dikenal oleh masyarakat. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus
ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar
tersebut. Dengan demikian Bauran Promosi harus dapat memberikan gambaran yang
jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan
setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.
Oleh karena itu penulis tertarik
mengambil judul “UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN
MELALUI PROMOSI PADA CV WIJAYA PUTRA 34 DI SEMARANG.
0 comments:
Post a Comment