WINBIE GENESIS: UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PROMOSI PADA CV WIJAYA PUTRA 34 DI SEMARANG. winbie genesis

Pages

Sunday, December 21, 2014

UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PROMOSI PADA CV WIJAYA PUTRA 34 DI SEMARANG.



BAB I
PENDAHULUAN
file lengkap hub 082220902065
1.1              Latar Belakang Pemilihan Bidang Pemasaran dan Objek KKP
                        Beberapa tahun terakhir ini kebutuhan masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat semakin baik dengan melakukan bermacam olahraga, salah satunya yaitu olahraga gym atau disebut juga dengan fitness, karena dengan melakukan olahraga mempunyai fungsi yang sangat penting bagi masyarakat untuk dapat menunjang aktivitas sehari-hari bagi setiap individu.Oleh sebab itu banyak bermunculan perusahaan-perusahaan dagang penjualan alat-alat fitness dan obat (suplemen) khusus bagi penggemar olahraga fitness.

            Dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan yang sejenis, maka menimbulkan permasalahan bagi perusahaan dimana persaingan dunia usaha dalam bidang alat olahraga. Mereka saling bersaing untuk menjadi yang terbaik, Akibatnya terjadi persaingan yang ketat antara perusahaan yang menjual perlengkapan alat-alat fitness dan suplemen. Perusahaan harus menciptakan perbedaan-perbedaan yang lebih baik dibandingkan produk yang ditawarkan pesaing perusahaan baik dalam harga,kualitas,produk, pelayanan yang diberikan konsumen.
            Pemilik atau pengelola perusahaan harus dapat memenuhi selera dan perilaku masyarakat yang menjadi konsumen, selain itu mengetahui situasi dan kondisi internal perusahaannya, sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk tetap mempertahankan tingkat permintaan konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.
            Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Menurut Kotler dan Keller  (2009) mengemukakan definisi pemasaran adalah mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Salah satu definsi yang baik dan singkat dari pemasaran adalah memenuhi kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
            Menurut M.Mursid (2003:95) Promosi merupakan komunikasi yang persuasif, mengajak, mendesak, membujuk dan meyakinkan. Promosi sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan untuk mencapai volume penjualan yang maksimal, karena meskipun produk yang ditawarkan sudah baik, relatif murah serta mudah untuk diperoleh, jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat penjualan tidak akan memadai.
            Salah satu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan volume penjualannya adalah dengan menerapkan strategi marketing mix. Marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem perusahaan yaitu : produk, sistem harga, distribusi dan promosi”.        
            Efektivitas promosi sangat tergantung dari pemilihan bentuk promosi yang diperlukan terhadap produk yang dipasarkannya. Suatu jenis produk tertentu  memerlukan bentuk promosi tertentu pula dan jenis promosi yang lain harus  dipergunakan bentuk promosi yang lain pula. Dengan kata lain tidak semua bentuk promosi dapat cocok dan menjamin keberhasilan promosi tersebut apabila tidak sesuai dengan kondisi yang dimiliki oleh suatu produk. Oleh karena itu, harus dicari suatu bentuk promosi yang sesuai dengan kondisi suatu produk yang akan dipromosikan.
            CV Wijaya Putra 34 yang bergerak dalam bentuk penjualan alat-alat fitness dan suplemen di Kota Semarang. CV.Wijaya Putra 34 dimiliki oleh Bapak Widie Wijaya Putra yang berlokasi di Jalan Ngalian Indah III Blok O No. 3 Semarang yang baru saja berdiri pada tahun 2010 yang lalu.
            Meskipun banyaknya pesaing yang baru, CV Wijaya Putra 34 berusaha untuk mempertahankan pangsa pasarnya sehingga produk yang dipasarkannya dapat terus dipertahankan,CV Wijaya Putra 34 mempunyai tujuan yang sama dengan perusahaan-perusahaan yang lain, yaitu untuk memperoleh laba dengan memberikan kepuasan kepada konsumen, yang diharapkan penjualan akan meningkat.CV Wijaya Putra 34 menawarkan 2 barang yang dijual yaitu Alat-alat fitness dan Suplemen, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta menjadi produk unggulan yang siap bersaing dengan produk sejenis di Semarang.
            Adapun upaya yang dilakukan oleh CV. Wijaya Putra 34 untuk meningkatkan penjualan produk ‟Alat-alat fitness dan suplemen” yaitu dengan menggunakan promosi pemasaran dengan cara memperkenalkan produknya kepada masyarakat dengan memasang iklan melalui media cetak dan media elektronika, pensponsoran, penjualan personal, melakukan promo ke Tempat fitness center, Hotel, maupun perusahaan disertai dengan pembagian brosur untuk memberikan informasi yang akurat dan jelas serta pelayanan yang optimal/total terhadap kosumen.
            Berdasarkan dari tabel ternyata pada CV. Wijaya Putra 34 terdapat beberapa masalah yang dihadapi dalam penjualan, yaitu tidak tercapainya target penjualan pada tahun 2013.
Tabel 1.1
DATA PENJUALAN
CV. WIJAYA PUTRA 34
TAHUN 2013 (1 TAHUN TERAKHIR)
Bulan
Target PenjualanTahun 2013 (Rp)
Target (Rp)
Pencapaian (Rp)
%
Januari
300.000.000
225.000.000
75
Februari
250.000.000
240.000.000
96
Maret
300.000.000
275.000.000
91
April
350.000.000
372.000.000
106
Mei
400.000.000
350.000.000
87
Juni
450.000.000
452.000.000
104
Juli
500.000.000
375.000.000
75
Agustus
400.000.000
420.000.000
105
Sepetember
450.000.000
440.000.000
97
Oktober
500.000.000
468.000.000
93
November
550.000.000
430.000.000
78
Desember
500.000.000
455.000.000
91
Total
4.950.000.000
4.502.000.000
90


Sumber : CV. Wijaya Putra 34
                Berdasarkan hasil tabel yang telah ada pada CV. Wijaya Putra 34 pada bulan April,Agustus,dan Oktober mengalami pencapaian target yang di tetapkan oleh perusahaan,tetapi pada bulan Maret, April, Mei, Juli, September, Oktober, November, Desember, Januari, dan Februari mengalami penurunan sehingga target yang ditetapkan perusahaan tidak tercapai.Padahal Perusahaan dalam menentukan targetnya tidak terlalu besar. Terjadi suatu fenomena pada target penjualannya, yaitu perusahaan dalam menentukan jumlah targetnya berjumlah Rp.500.000.000,00, dimana tidak pernah tercapai targetnya,sehingga perlu dianalisa.
            Untuk mengetahui masalah-masalah yang menyebabkan target tersebut tidak tercapai maka dilakukan analisa Marketing Manager. Hasil analisa masalah yang dilakukan Marketing Manager sebagaiberikut :Promosi penjualan hanya pada satu sasaran tertentu saja yaitu event-event olahraga,sehingga pada saat promosi penjualan produk yang ditawarkan hanya lebih dikenal masyarakat lama yang suka pecinta olahragafitness saja, Promo yang ditawarkan dalam bentuk diskonkurang diminati masyarakat. Kurangnya pemahaman Personal Selling terhadap penggunaan dan manfaat alat-alat fitness dan suplemen dengan keluaran produk baru dinilai kurang baik,sehingga penjualan kurang dapat meyakinkan para konsumen.
            Maka tugas akhir ini mengambil bidang Bauran Promosi karena Promosi sangat penting untuk Perusahaan dalam memasarkan produknya sehingga Produk yang ditawarkan bisa dikenal oleh masyarakat. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian Bauran Promosi harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.
           Oleh karena itu penulis tertarik mengambil judul “UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI PROMOSI PADA CV WIJAYA PUTRA 34 DI SEMARANG.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com