1.1
LATAR
BELAKANG PEMILIHAN BIDANG DAN OBJEK KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP)
MAU FILE YG LENGKAP HUB 082220902065
Pemasaran
terjadi pada saat orang memutuskan untuk memenuhi dan keinginan melalui
pertukaran. Pertukaran ialah tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan
dari konsumen dengan menawarkan sesuatu sebagai pengganti. Pertukaran merupakan
salah satu cara diantara berbagai cara konsumen mendapatkan barang yang diinginkan.
Misalnya, orang yang lapar dapat memperoleh makanan dengan memancing, berburu,
atau mengumpulkan buah-buahan. Konsumen dapat meminta makanan atau menerimanya
dari orang lain. Sebagai pengganti semua itu konsumen dapat menawarkan uang atau
barang lain sebagai pengganti makanan.
Pertukaran merupakan
inti konsep pemasaran. Suatu pertukaran harus memenuhi beberapa persyaratan.
Setidaknya harus melibatkan dua pihak yang masing-masing mempunyai sesuatu yang
bernilai antara satu pihak dengan pihak yang lain. Persyaratan ini semata-mata
untuk mendukung kemungkinan terjadinya pertukaran. Pertukaran akan terjadi pada
saat kesepakatan diantara kedua belah pihak.
Pemasaran menentukan
dalam keberhasilan suatu perusahaan, kompetisi yang ketat antara perusahaan menuntut
penerapan konsep pemasar yang tepat, sehingga perusahaan dapat eksis bahkan dapat berekspansi,
keterlambatan dalam langkah penerapan strategi pemasaran berakibat perusahaan akan didahului oleh
kompetitor, sehingga akan sulit untuk memulihkan kondisi kembali seperti
semula.
Bidang sarana
transportasi khususnya sepeda motor, banyak produk baru dengan berbagai fitur
dan kecanggihan diproduksi dan diperkenalkan pada produsen sepeda motor asal Jepang
seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, Suzuki dan sepeda motor asal Cina berlomba-lomba
untuk menawarkan produk mereka, dengan tujuan memberikan kepuasan kepada
konsumen dan berujung pada perolehan laba perusahaan, untuk sampai ke tangan
konsumen produk sepeda motor membutuhkan distributor yang diharapkan mampu menjual
produk sebagaimana mestinya, tahap ini dibutuhkan peran dealer atau sub dealer
terbesar diberbagai tempat untuk memasarkan produk dengan strategi pemasaran.
Melakukan kegiatan
pemasaran, pemasar memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan
jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam jangka pendek untuk merebut hati
konsumen terutama dengan produk yang diluncurkan dari perusahaan, sedangkan
untuk jangka panjang pemasar menjaga hubungan baik dengan konsumen, dengan
menjaga hubungan baik kepada konsumen, konsumen bukan sekedar pembeli namun media
promosi yang dilakukan secara tidak
langsung. Pemasar yang bekerja membangun hubungan jangka panjang dengan
konsumen, pemasar membangun ekonomi dan ikatan sosial yang kuat dengan menjanjikan
dan mengirimkan secara tepat produk yang berkualitas baik dan harga yang terjangkau.
Berangsur-angsur, pemasar berupaya untuk meningkatkan laba pada setiap
transaksi individu menjadikan hubungan saling menguntungkan dengan konsumen dan
pihak lain.
Pemasar menawarkan
jenis produk dari perusahaan, mencari
pelanggan tidak mudah apalagi mempertahankan produk yang ditawarkan. Pemasar mengetahui
jenis produk apa yang ditawarkan agar konsumen tertarik dan membeli produk
tersebut. Mengetahui keingin konsumen hal yang diperhatikan oleh pemasar, ingin
sepeda motor apa, untuk siapa, dan untuk apa sepeda motor tersebut. Penggalian
keinginan konsumen dilakukan tidak boleh berlebihan, karena dengan berlebihan
konsumen tersebut merasa tidak nyaman. Apabila penggalian keinginan tersebut
sudah didapatkan pemasar, hal dilakukan pemasar yaitu menawarkan jenis produk
sepeda motor yang diinginkan, namun diberikan merk lain sejenis, agar konsumen memilih
dan mempertimbangkan menentukan unit sepeda motor apa digunakan, memberikan penjelasan
keunggulan produk unit sepeda motor dengan lengkap, bahasa mudah dipahami
dan mampu menarik konsumen.
Penawaran produk
pemasar menarik minat atau keinginan konsumen, pemasar tidak hanya menawarkan
dan menjelaskan produk, namun pemasar berusaha mengakrabkan konsumen dengan
bicara mengenai minat atau hobby, sehingga terjadi obrolan yang
secara tidak langsung mempengaruhi minat konsumen memutuskan memilih unit
sepeda motor. Jika jenis produk unit sepeda motor diinginkan dan dipilih
konsumen tidak tersedia digudang, maka pemasar mengkondisikan atau mencarikan
produk unit sepeda motor diinginkan oleh konsumen tersebut didealer cabang lain. Apabila stok ditempat cabang lain tidak
tersedia, konsumen ditawarkan pemesanan dengan cara indent unit sepeda motor.
Setelah memberikan
penjelasan jenis produk sepeda motor, pemasar menyakinkan konsumen harga sepeda
motor ditawarkan tidak terkesan mahal dengan keunggulan sepeda motor dipilih. Harga sudah menjadi patokan
dari perusahaan, namun perusahaan membuat strategi pemasaran yaitu memberikan
penawaran diskon atau promo, promo diberikan dapat berubah setiap saat sesuai
kebijakan perusahaan, promo perusahaan yaitu promo uang muka terjangkau dan promo
angsuran. Dalam melakukan pembayaran konsumen ditawarkan diangsur disebut
kredit dan tunai, pembayaran dilakukan
dengan kredit dapat diangsur selama 12-36 bulan sesuai kemampuan bayar konsumen,
besarnya biaya angsuran tergantung besarnya uang muka yang dilakukan saat awal
transaksi pembelian unit sepeda motor, kelebihan dari pengambilan unit sepeda
motor dengan kredit yaitu apabila unit sepeda motor hilang ada asuransi kehilangan
unit sepeda motor, penggantian ganti rugi dengan menggembalikan berapa persen
dari harga, dilihat dari berapa lama tenor atau lama angsuran yang diambil, dan
sesuai ketentuan perusahaan asuransi.
Apabila konsumen melakukan pembayaran unit sepeda motor tunai akan diberi
cash back pada pembelian unit sepeda
motor, besarnya cash back tergantung unit
sepeda motor yang dibeli dan program yang berlaku. Dengan kebijakan perusahaan pemasar
menyakinkan konsumen promo ditawarkan menguntungkan dan pemasar dapat mencapi target
yang ditentukan perusahaan.
Media promosi pemasar dibutuhkan karena media
tersebut produk sepeda motor lebih banyak dikenal dan meningkatkan
penjualan, tugas pemasar mengetahui dimana dilakukan promosi. Tujuan promosi
bukan ditempat banyak
orang atau ramai, namun melihat karakterisktik kebutuhan, usia, dan tempat. Pemasar
meramalkan bahwa tempat yang dijadikan promosi menambah ketertarikan sepeda
motor, media promosi yang digunakan pemasar yaitu salah satunya menggunakan
selembaran brosur didalamnya berisi jenis produk sepeda motor, kelebihan unit sepeda motor,
biaya angsuran (price list), nama dan
no telepone pemasar. Pemberian nama dan no telephone mempermudah konsumen mendapatkan
informasi apabila konsumen tertarik sepeda motor. Tujuan
pemasar melakukan promosi selembaran brosur yaitu : Memperkenalkan produk
unit sepeda motor, membujuk atau mempengaruhi konsumen, menciptakan kesan,
memuaskan, memberi informasi.
Saluran distribusi
pemasar, apabila konsumen sepakat membeli unit produk sepeda motor, pelayanan
distribusi menentukan tingkat kepuasan
konsumen dan berdampak
jangka panjang pada pemasar, karena setiap keterlambatan dalam pengiriman unit
sepeda motor yang dilakukan perusahaan mempengaruhi penilaian konsumen pada
kinerja pemasar. Konsumen sepakat membeli produk unit sepeda motor berkeinginan
unit segera dikirim. Meskipun kendala keterlambatan pengiriman unit sepeda
motor terjadi karena armada pengiriman jumlah terbatas, dibandingkan jumlah
order yang dikirim. Disinilah
pemasar dituntut apabila ada keterlambatan pengiriman unit sepeda motor pemasar
mampu mengkondisikan konsumen. Jadi pemasar
bertanggung jawab
pada setiap unit sepeda motor konsumen sebelum unit tersebut sampai dirumah konsumen,
beserta dengan kelengkapan seperti buku servise, buku petunjuk, helm, jaket,
tolkits.
PT. Yamaha Harpindo Jaya
dengan alamat Jl. Kaligawe Semarang
sebagai dealer resmi Yamaha dan Yamaha Center pertama yang telah menjadi
rekanan terpercaya untuk konsultasi dan penyediaan kendaraan bermotor bagi customer-nya
yang telah tersebar diseluruh kota di Jawa Tengah. Dengan customer yang
mayoritas berada di karisedanan
Semarang.
Berdasarkan
pemikiran tersebut diatas, maka penulis mencoba melakukan observasi dengan
judul “Penerapan Jenis Harga,
Tingkat Harga, Media Promosi, dan Pelayanan Distribusi di PT. Yamaha Harpindo
Jaya Semarang”
0 comments:
Post a Comment