WINBIE GENESIS: “Penerapan Jenis Harga, Tingkat Harga, Media Promosi, dan Pelayanan Distribusi di PT. Yamaha Harpindo Jaya Semarang”. winbie genesis

Pages

Sunday, December 21, 2014

“Penerapan Jenis Harga, Tingkat Harga, Media Promosi, dan Pelayanan Distribusi di PT. Yamaha Harpindo Jaya Semarang”.



1.1              LATAR BELAKANG PEMILIHAN BIDANG DAN OBJEK KULIAH KERJA PRAKTEK (KKP)


MAU FILE YG LENGKAP HUB 082220902065
          Pemasaran terjadi pada saat orang memutuskan untuk memenuhi dan keinginan melalui pertukaran. Pertukaran ialah tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dari konsumen dengan menawarkan sesuatu sebagai pengganti. Pertukaran merupakan salah satu cara diantara berbagai cara konsumen mendapatkan barang yang diinginkan. Misalnya, orang yang lapar dapat memperoleh makanan dengan memancing, berburu, atau mengumpulkan buah-buahan. Konsumen dapat meminta makanan atau menerimanya dari orang lain. Sebagai pengganti semua itu konsumen dapat menawarkan uang atau barang lain sebagai pengganti makanan.
Pertukaran merupakan inti konsep pemasaran. Suatu pertukaran harus memenuhi beberapa persyaratan. Setidaknya harus melibatkan dua pihak yang masing-masing mempunyai sesuatu yang bernilai antara satu pihak dengan pihak yang lain. Persyaratan ini semata-mata untuk mendukung kemungkinan terjadinya pertukaran. Pertukaran akan terjadi pada saat kesepakatan diantara kedua belah pihak.

Pemasaran menentukan dalam keberhasilan suatu perusahaan, kompetisi yang ketat antara perusahaan menuntut penerapan konsep pemasar yang tepat, sehingga perusahaan dapat eksis bahkan dapat berekspansi, keterlambatan dalam langkah penerapan strategi pemasaran berakibat perusahaan akan didahului oleh kompetitor, sehingga akan sulit untuk memulihkan kondisi kembali seperti semula.
Bidang sarana transportasi khususnya sepeda motor, banyak produk baru dengan berbagai fitur dan kecanggihan diproduksi dan diperkenalkan pada produsen sepeda motor asal Jepang seperti Yamaha, Honda, Kawasaki, Suzuki dan sepeda motor asal Cina berlomba-lomba untuk menawarkan produk mereka, dengan tujuan memberikan kepuasan kepada konsumen dan berujung pada perolehan laba perusahaan, untuk sampai ke tangan konsumen produk sepeda motor membutuhkan distributor yang diharapkan mampu menjual produk sebagaimana mestinya, tahap ini dibutuhkan peran dealer atau sub dealer terbesar diberbagai tempat untuk memasarkan produk dengan strategi pemasaran.
Melakukan kegiatan pemasaran, pemasar memiliki beberapa tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam jangka pendek untuk merebut hati konsumen terutama dengan produk yang diluncurkan dari perusahaan, sedangkan untuk jangka panjang pemasar menjaga hubungan baik dengan konsumen, dengan menjaga hubungan baik kepada konsumen, konsumen bukan sekedar pembeli namun media promosi yang dilakukan secara tidak langsung. Pemasar yang bekerja membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen, pemasar membangun ekonomi dan ikatan sosial yang kuat dengan menjanjikan dan mengirimkan secara tepat produk yang berkualitas baik dan harga yang terjangkau. Berangsur-angsur, pemasar berupaya untuk meningkatkan laba pada setiap transaksi individu menjadikan hubungan saling menguntungkan dengan konsumen dan pihak lain.
Pemasar menawarkan jenis produk dari perusahaan, mencari pelanggan tidak mudah apalagi mempertahankan produk yang ditawarkan. Pemasar mengetahui jenis produk apa yang ditawarkan agar konsumen tertarik dan membeli produk tersebut. Mengetahui keingin konsumen hal yang diperhatikan oleh pemasar, ingin sepeda motor apa, untuk siapa, dan untuk apa sepeda motor tersebut. Penggalian keinginan konsumen dilakukan tidak boleh berlebihan, karena dengan berlebihan konsumen tersebut merasa tidak nyaman. Apabila penggalian keinginan tersebut sudah didapatkan pemasar, hal dilakukan pemasar yaitu menawarkan jenis produk sepeda motor yang diinginkan, namun diberikan merk lain sejenis, agar konsumen memilih dan mempertimbangkan menentukan unit sepeda motor apa digunakan, memberikan penjelasan keunggulan produk unit sepeda motor dengan lengkap, bahasa mudah dipahami dan mampu menarik konsumen.
Penawaran produk pemasar menarik minat atau keinginan konsumen, pemasar tidak hanya menawarkan dan menjelaskan produk, namun pemasar berusaha mengakrabkan konsumen dengan bicara mengenai  minat atau hobby, sehingga terjadi obrolan yang secara tidak langsung mempengaruhi minat konsumen memutuskan memilih unit sepeda motor. Jika jenis produk unit sepeda motor diinginkan dan dipilih konsumen tidak tersedia digudang, maka pemasar mengkondisikan atau mencarikan produk unit sepeda motor diinginkan oleh konsumen tersebut didealer cabang lain. Apabila stok ditempat cabang lain tidak tersedia, konsumen ditawarkan pemesanan dengan cara indent unit sepeda motor.
Setelah memberikan penjelasan jenis produk sepeda motor, pemasar menyakinkan konsumen harga sepeda motor ditawarkan tidak terkesan mahal dengan keunggulan sepeda motor dipilih. Harga sudah menjadi patokan dari perusahaan, namun perusahaan membuat strategi pemasaran yaitu memberikan penawaran diskon atau promo, promo diberikan dapat berubah setiap saat sesuai kebijakan perusahaan, promo perusahaan yaitu promo uang muka terjangkau dan promo angsuran. Dalam melakukan pembayaran konsumen ditawarkan diangsur disebut kredit dan tunai, pembayaran dilakukan dengan kredit dapat diangsur selama 12-36 bulan sesuai kemampuan bayar konsumen, besarnya biaya angsuran tergantung besarnya uang muka yang dilakukan saat awal transaksi pembelian unit sepeda motor, kelebihan dari pengambilan unit sepeda motor dengan kredit yaitu apabila unit sepeda motor hilang ada asuransi kehilangan unit sepeda motor, penggantian ganti rugi dengan menggembalikan berapa persen dari harga, dilihat dari berapa lama tenor atau lama angsuran yang diambil, dan sesuai ketentuan perusahaan asuransi.  Apabila konsumen melakukan pembayaran unit sepeda motor tunai akan diberi cash back pada pembelian unit sepeda motor, besarnya cash back tergantung unit sepeda motor yang dibeli dan program yang berlaku. Dengan kebijakan perusahaan pemasar menyakinkan konsumen promo ditawarkan  menguntungkan dan pemasar dapat mencapi target yang ditentukan perusahaan.
Media promosi pemasar dibutuhkan karena media tersebut produk sepeda motor  lebih banyak dikenal dan meningkatkan penjualan, tugas pemasar mengetahui dimana dilakukan promosi. Tujuan promosi bukan ditempat banyak orang atau ramai, namun melihat karakterisktik kebutuhan, usia, dan tempat. Pemasar meramalkan bahwa tempat yang dijadikan promosi menambah ketertarikan sepeda motor, media promosi yang digunakan pemasar yaitu salah satunya menggunakan selembaran brosur didalamnya berisi jenis produk sepeda motor, kelebihan unit sepeda motor, biaya angsuran (price list), nama dan no telepone pemasar. Pemberian nama dan no telephone mempermudah konsumen mendapatkan informasi apabila konsumen tertarik sepeda motor. Tujuan pemasar melakukan promosi selembaran brosur yaitu : Memperkenalkan produk unit sepeda motor, membujuk atau mempengaruhi konsumen, menciptakan kesan, memuaskan, memberi informasi.
Saluran distribusi pemasar, apabila konsumen sepakat membeli unit produk sepeda motor, pelayanan distribusi menentukan  tingkat kepuasan konsumen dan berdampak jangka panjang pada pemasar, karena setiap keterlambatan dalam pengiriman unit sepeda motor yang dilakukan perusahaan mempengaruhi penilaian konsumen pada kinerja pemasar. Konsumen sepakat membeli produk unit sepeda motor berkeinginan unit segera dikirim. Meskipun kendala keterlambatan pengiriman unit sepeda motor terjadi karena armada pengiriman jumlah terbatas, dibandingkan jumlah order yang dikirim. Disinilah pemasar dituntut apabila ada keterlambatan pengiriman unit sepeda motor pemasar mampu mengkondisikan konsumen. Jadi pemasar  bertanggung jawab pada setiap unit sepeda motor konsumen sebelum unit tersebut sampai dirumah konsumen, beserta dengan kelengkapan seperti buku servise, buku petunjuk, helm, jaket, tolkits.
PT. Yamaha Harpindo Jaya dengan alamat Jl. Kaligawe Semarang sebagai dealer resmi Yamaha dan Yamaha Center pertama yang telah menjadi rekanan terpercaya untuk konsultasi dan penyediaan kendaraan bermotor bagi customer-nya yang telah tersebar diseluruh kota di Jawa Tengah. Dengan customer yang mayoritas berada di karisedanan Semarang.
Berdasarkan pemikiran tersebut diatas, maka penulis mencoba melakukan observasi dengan judul “Penerapan Jenis Harga, Tingkat Harga, Media Promosi, dan Pelayanan Distribusi di PT. Yamaha Harpindo Jaya Semarang



0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com