WINBIE GENESIS: BAURAN PEMASARAN winbie genesis

Pages

Monday, December 22, 2014

BAURAN PEMASARAN



Bauran Promosi




Menurut  Kotler  dan  Gary  A.  dalam  Alexander  Sindoro (2000). Bauran promosi adalah  ramuan khusus dari iklan pribadi,    promosi       penjualan            dan                      hubungan     masyarakat yang  dipergunakan            perusahaan   untuk          mencapai      tujuan iklan dan pemasarannya.
Menurut  Basu  Swastha  dalam  Marius  P.  Angipora (1999), promotional mix  adalah "Kombinasi Strategi yang paling    baik dari               variabel-variabel           Periklanan,           Personal Selling    dan alat  Promosi           lainnya,                  yang     kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan". Promotion Mix terdiri dari:

1. Pengiklanan.

Pengiklanan   adalah   semua   bentuk   presentasi   non personal   dan                     promosi       ide,         barang   atau   jasa   oleh sponsor yang ditunjuk dcngan mendapat bayaran.
2. Promosi Penjualan.

Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian produk atau jasa.


3. Penjualan Perorangan.

Penjualan perorangan merupakan interaksi langsung antara  satu atau lebih calon  pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.
4. Hubungan Masyarakat.

Hubungan masyarakat adalah berbagai program yang dirancang                           untuk        mempromosikan        dan/atau melindungi                                 citra          perusahaan       atau       produk individualnya.



Bauran   Promosi   merupakan   program      komunikasi pernasaran total sebuah perusahaan yang terdiri dari iklan, penjualan  pribadi,       promosi                      penjualan dan                      hubungan masyarakat          yang                               dipergunakan                      perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya.
Menurut    Lamb,    Hair,    Mc-Daniel    (2001),    bauran

promosi  yang  dipilih  oleh  suatu  perusahaan  bagi  suatu produk  atau  jasa  tergantung  pada  beberapa  faktor:  sifat produk, tahapan dalam daur hidup produk, karakteristik target  pasar, jenis keputusan pembelian, tersedianya dana untuk promosi dan menggunakan baik strategi mendorong (push) maupun menarik (pull).


Kotler         dalam        Alexander         Sindoro         (2000)
mengemukakan berbagai faktor dalam menentukan bauran promosi, yaitu:
1.      Tipe Produk/Pasar.
a.     Perusahaan barang konsumen
Biasanya mengalokasikan lebih banyak dana untuk iklan,              menyusun   promosi   penjualan,   penjualan perorangan dan kemudian hubungan masyarakat.
b.     Perusahaan barang Industri
Menyediakan dana lebih banyak untuk penjualan perorangan                         diikuti     dengan    promosi   penjualan, iklan dan hubungan masyarakat.
2.      Strategi dorong atau tarik.
a. Strategi dorong (Push Strategy)
Merupakan  strategi  promosi  yang  menggunakan tanaga  penjual  dan  promosi  perdagangan  untuk "mendorong" produk     lewat saluran                         distribusi. Produsen                 mempromosikan         produk               kepada pedagang besar, pedagang besar kepada pengecer, dan pengecer mempromosikan kepada konsumen.
b. Strategi tarik (Pull Strategy).
Merupakan  strategi   promosi  yang  menggunakan banyak     biaya                  untuk   periklanan                 dan       promosi konsumen demi memupuk permintaan  konsumen. Apabila  strategi    tarik berhasil                  konsumen    akan mencari   produk      dari  pengecer,                   pengecer akan mencari  dari pedagang besar dan pedagang besar akan mencari dari produsen.


3.      Kesiapan Pembeli.

Pengaruh dari alat promosi itu bervariasi untuk tahap kesiapan pembeli yang  berbeda. Iklan dan hubungan masyarakat,  memegang         peran                          utama            dalam  tahap kesadaran dan pengetahuan.



4.      Daur hidup Produk.

-   Tahap perkenalan, iklan dan hubungan masyarakat baik  untuk           menghasilkan kesadaran      tinggi,     dan promosi     penjualan           bermanfaat                     untuk tnempromosikan          penjualan           awal.                   Penjualan perorangan   harus dipakai               agar           pedagang                         man menjual produk tersebut.
-   Tahap     pertumbuhan,     semua     kiat     itu     dapat diperlambat                 karena   permintaan            memiliki momentumnya                       sendiri  lewat       pembicaraan             dari mulut kemulut.
-   Tahap   kemapanan   (dewasa),  promosi   penjualan, periklanan               dan   penjualan                    perorangan     semua bertambah penting, secara berurutan.
-   Tahap         kemunduran,         promosi         penjualan berlangsung  kuat,  iklan  dan  publisitas  dikurangi, dan         tenaga       penjualan          hanya memberi         perhatian minimal pada produk itu.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com