1.1.1.1
Research Gap hubungan orientasi pasar dengan kinerja pemasaran.
Banyak penelitian yang telah dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan
apakah orientasi pasar menghasilkan kinerja organisasi yang unggul (Kara,
2005). Beberapa hasil penelitian telah membuktikan adanya hubungan yang
kuat antara orientasi pasar dengan kinerja (Matsuno et al., 1994,
Greenley, 1995; Ghosh et al., 1994; Speed and Smith, 1993), sedangkan
hasil penelitian lainnya tidak mendukung adanya hubungan positif antara
orientasi pasar dengan kinerja organisasi (Han et al., 1998; Jaworski
dan Kohli, 1993). Namun pada umumnya
hasil penelitian yang menguji hubungan kausal antara orientasi pasar dengan
kinerja organisasi memberikan kesimpulan bahwa orientasi pasar memiliki
pengaruh terhadap kinerja organisasi (Bhuian, 1998; Deshpande et al.,
1993; Harris dan Ogboma, 2001; Jaworski dan Kohli, 1993; Matzuno dan Mentzer,
2000; Pitt et al., 1996; Selnes et al., 1996). Hal ini sesuai
dengan yang dikemukakan oleh Ellis (2006) dalam penelitiannya yang berjudul “Market
Orientation and
Performance: A Meta-Analysis and Cross-National Comparisons”,
menyatakan bahwa bukti kuantitatif yang diperoleh dari meta-analisis dari 56
penelitian (58 sampel) yang dilakukan di 28 negara membuktikan bahwa pada
umumnya orientasi pasar menentukan kinerja perusahaan. Temuan Ellis (2006) mendukung temuan Kirca et al., (2005) yang melakukan penelitian
dengan judul “Market Orientation: A Meta-Analytic Review and Assesment of
Its Antecedents and Impact on Performance”. Penelitian
Kirca (2005) ini menyatakan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap
kinerja organisasi secara keseluruhan. Namun
demikian penelitian yang menguji hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja
organisasi dengan menggunakan indikator kinerja pemasaran seperti market share, pertumbuhan penjualan,
kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen masih memberikan hasil yang
kontradiksi.Jain dan Bhatia (2007) melakukan penelitian terhadap 600 chief executive officers, chief marketing officer, atau senior officers pada perusahaan manufaktur di New Delhi India diperoleh temuan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan penjualan, market share dan kepuasan konsumen. Sedangkan Castro et al., 2005 melakukan penelitian terhadap 319 lembaga keuangan di dua propinsi di Spanyol, dari penelitiannya diperoleh bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan, sedangkan kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen. Kirca et al., (2005) yang melakukan meta-analisis terhadap semua temuan dalam literatur orientasi pasar. Penelitian Kirca (2005) dilakukan dengan menggunakan dua tahap penelitian, yaitu: tahap pertama dilakukan analisis bivarite terhadap ringkasan kuantitatif berkaitan dengan konsekuensi dari orientasi pasar, tahap kedua dilakukan analisis multivariate secara keseluruhan penelitian untuk mengidentifikasi signifikansi anteseden orientasi pasar dan proses variabel yang memediasi hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja. Penelitian Kirca et al., (2005) ini juga memperoleh temuan bahwa orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen.
FILE LENGKAP 56 HLAMAN DOWNLOAD DI SINI
0 comments:
Post a Comment