WINBIE GENESIS: DEFINISI DAN PERANAN PEMASARAN winbie genesis

Pages

Friday, May 8, 2015

DEFINISI DAN PERANAN PEMASARAN



DEFINISI PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada
pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.

PERANAN PEMASARAN
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa
hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat  memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba. Sasaran dari pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior,  menetapkan harga menarik, mendistribusikan produk dengan mudah,  mempromosikan  secara  efektif  serta  mempertahankan  pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan.


1.2. ARTI FUNGSI  MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen  pemasaran  adalah   suatu   usaha   untuk   merencanakan,
mengimplementasikan  (yang   terdiri    dari   kegiatan   mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan
pemasaran  dalam  suatu  organisasi  agar  tercapai  tujuan  organisasi  secara
efesien dan efektif.   Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis  yaitu  analisis  yang  dilakukan  untuk  mengetahui  pasar  dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.


ANALISIS




PLANNING

- Mengembangkan rencana strategik

IMPLEMENTASI
- Menjalankan
Rencana-rencana

PENGENDALIAN

- Mengukur hasil




- Mengembangkan rencana pemasaran

- Mengevaluasi hasil


- Mengambil tindakan perbaikan






Gambar 1. Fungsi Manajemen Pemasaran (Kottler, 2000)


Penjelasan fungsi pemasaran yang merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung, antara lain:

a. Perencanaan pemasaran
Penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan pemasaran meliputi: tujuan, strategi, kebijaksanaan serta taktik yang dijalankan.
Tujuan:
- Meniadakan ketidakpastian masa datang bila ada perubahan- perubahan karena   situasi  dan  kondisi  perusahaan  maupun  diluar  perusahaan
maupun diluar perusahaan tidak menentu.
- Karena tujuan organisasi sudah difokuskan maka dengan perencanaan akan menghindari adanya penyimpangan tujuan.
- Rencana walaupun mahal tetapi ekonomis karena segala kegiatan telah terfokuskan dengan segala biaya- biayanya.
Rencana pemasaran terinci diperlukan untuk setiap bisnis, produk atau merk.

Sebagai  syarat  minimal  perencanaan  harus  berisi  bagian-bagian  sebagai berikut:
BAGIAN                                            TUJUAN
1. Ringkasan bagi ekskutif      Menyajikan pandangan singkat atas rencana
yang  diusulkan  agar  dapat  ditinjau  dengan cepat oleh manajemen.
2. Situasi pemasaran saat ini   Menyajiakan   data    latar   belakang   yang
relevan mengenai pasar, produk, persaingan dan distribusi.
3. Analisis ancaman dan peluang          Mengidentifikasi    ancaman    dan peluang utama yang mungkin mempengaruhi produk.
4. Sasaran dan isu                   Menentukan   sasaran    perusahaan   untuk produk  di  bidang  penjualan,  pangsa  pasar,
laba  serta   isu   yang  akan   mempengaruhi sasaran ini.
5. Strategi pemasaran              Menyajikan  pendekatan   pemasaran yang
luas, yang akan digunakan untuk mencapai sasaran dalam rencana.
6. Program tindakan                Menspesifikasikan apa yang akan dilakukan, siapa  yang akan  melakukannya,  kapan  dan berapa biayanya.
7. Anggaran                            Laboran  laba  dan  rugi  yang  diproyeksikan yang    meramalkan     hasil     keuangan          yang
diharapkan dari rencana tadi.
8. Pengendalian                       Menunjukkan bagaimana kemajuan rencana akan dipantau.



b. Implementasi pemasaran
Adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi
tindakan   pemasaran   untuk   mencapai   sasaran.   Implementasi   mencakup aktivitas  sehari-hari, dari bulan ke bulan yang secara efektif melaksanakan
rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program tindakan yang menarik
semua orang atau semua aktivitas serta struktur organisasi formal yang dapat memainkan    peranan            penting                     dalam       mengimplementasikan                               strategi pemasaran.

Implementasi yang sukses tergantung dari beberapa kegiatan kunci yaitu:
v  Pengorganisasian kegiatan pemasaran, yaitu:
Ø   Proses  menciptakan  hubungan  antara  fungsi  personalia  dan faktor   fisik  (sarana),  agar  kegiatan  pemasaran  yang  harus
dilaksanakan   bisa   mencapai   tujuan   yang   benar,   meliputi:
pembagian  kerja,  wewenang,  tanggung  jawab  dan  pelaporan kerja.
Tujuan: setiap orang di dalam organisasi bertanggung jawab dalam
melaksanakan kegiatan pemasaran yang telah dibebankan  kepadanya sehingga tidak overlapping pekerjaan.

Bentuk umum dalam departemen pemasaran yang modern,  antara lain:
- Organisasi fungsional dimana berbagai aktivitas pemasaran yang berbeda dikepalai oleh spesialis fungsional: manajemen penjualan,
periklanan,   riset   pemasaran,   pelayanan   terhadap   pelanggan, manajemen produk baru.
- Organisasi  geografik,  dimana  karyawan  bagian  penjualan  dan pemasaran diberi tugas di negara, wilayah atau distrik tertentu.
- Organisasi  manajemen  produk,  karyawan  ini  mengembangkan pemasaran dan strategi lengkap untuk produk atau merk tertentu,
bila perusahaan ini mempunyai banyak produk atau merk yang amat berbeda.
- Bila firm yang menjual satu lini produk kepada banyak tipe pasar berbeda yang mempunyai organisasi manajemen pasar. Manajer ini
bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana jangka panjang
dan tahunan untuk keunggulan utama dari sistem ini adalah bahwa perusahaan  diorganisasikan  disekitar  kebutuhan  spesifik  segmen
pelanggan.


v  Pengarahan kegiatan pemasaran, yaitu:
Ø   Usaha   yang   berhubungan   dengan   segala   sesuatu   kegiatan pemasaran  agar  semuanya  itu  dapat  dilakukan  dengan  baik, meliputi:
- Pemberian perintah secara baik, harus ada follow up-nya, secara senderhana,  perlu  penjelasan  sehingga  ada  pengertian  dan
sifatnya harus konsultatif.
- Motivasi
- Kepemimpinan
Dengan   pengarahan   segala   kegiatan   yang   menyimpang   akan terdeteksi         dan      pimpinan                  dapat memberikan          motivasi         untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan harapan serta agar terjadi harmonisasi antar anggota organisasi/firm.

v  Pengkoordinasian kegiatan pemasaran, yaitu:
Ø   Usaha  meng-sinkronkan  dan   menyatukan  segala   kegiatan pemasaran dalam organisasi agar tercapai tujuan yang efektif dan
efisien.
Cara-cara  menjalankan  koordinasi  yang  efektif,  dengan  berbagai cara, yaitu:
1.   Diadakan prosedur yang terang dan jelas dan ditentukan tanggal penyelesaian  (dead line).
2.   Koordinasi  dilakukan  secara  formal  melalui  pimpinan  staff
pembantu, penitia maupun pejabat penghubung tetap dilakukan kontak tidak formal.

c. Pengendalian/Evaluasi kegiatan pemasaran, yaitu:
Ø Usaha memberikan petunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu
bertindak sesuai dengan rencana, meliputi :
- Penentuan Standard
- Supervisi kegiatan atau pemeriksaan
- Perbandingan hasil dengan Standard
- Kegiatan mengkoreksi Standard
-
Mentapkan             Mengukur Mengevaluasi               Mengambil Tindakan
Sasaran                   kinerja       kinerja                         perbaikan

Apa yang ingin dicapai?

Apa yang terjadi?

Mengapa hal ini terjadi?

Apa yang harus kita lakukan mengenai hal tersebut


Gambar 2. Proses pengevaluasian kegiatan pemasaran


Kegiatan pengendalian/evaluasi di atas dapat dikelompokkan dua macam:
1.   Pengendalian  operasional  termasuk  memeriksa  kinerja  yang  sedang berlangsung   terhadap           rencana                     tahunan    dan         mengambil      tindakan perbaikan kalau perlu.
Tujuannya adalah memastikan bahwa perusahaan mencapai penjualan, laba,   dan  sasaran  lain  yang  ditetapkan  dalam  rencana  tahunannya.
Kegiatan  ini  juga  mencakup  penentuan  produk,  wilayah,  pasar  dan saluran yang berbeda yang dapat mendatangkan laba.
2.   Pengendalian   strategik   meliputi   pengamatan   apakah   strategi   dasar
perusahaan sesuai dengan peluang yang terbuka. Strategi dan program pemasaran  dapat  ketinggalan  zaman  dalam  waktu  singkat  dan  setiap perusahaan  harus  secara  periodik  menilai  ulang  pendekatan  terhadap pasar secara keseluruhan

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com