WINBIE GENESIS: MACAM MACAM PENGECER TOKO winbie genesis

Pages

Wednesday, November 21, 2012

MACAM MACAM PENGECER TOKO



MACAM MACAM PENGECER TOKO






a)      Toko khusus
                        (specialty store), toko eceran yang menjual lini produk yang sempit dengan       bauran produk yang mendalam untuk setiap lini produk yang dijual. Saat ini, took-    toko khusus mengalami perkembangan yang cepat. Meningkatnya penggunaan        segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran, dan spesialisasi produk berdampak pada             meningkatnya kebutuhan akan took yang berfocus pada produk dan segmen tertentu
.
            Contoh :
             Body shop
                        The Body Shop International plc, atau lebih dikenal dengan The Body         Shop,   memiliki sekitar 2,400 toko di 61 negara. Menurut O Boticario, sebuah             perusahaan dari Brazil, The Body Shop adalah perusahaan franchise kosmetika      kedua terbesar di dunia. Perusahaan      ini, yang berpusat diLittlehamptonSussex Barat,             Inggris, didirikan oleh Dame Anita         Roddick dan terkenal oleh produk-produknya    yang menggunakan zat herbal mulai dari Body Butter, Peppermint Foot Lotion,             dan       Hemp. The Body Shop juga menekankan dukungannya terhadap berbagai macam isu       yang beredar di seluruh dunia. Slogan-slogan mereka antara lain adalah: Against            Animal Testing (Lawan Uji Coba terhadap Hewan), Support Community       Trade,Activate Self EsteemDefend Human Rights (Tegakkan HAM), dan Protect           Our Planet (Proteksikan Planet Kita).
b)      Departemen Store
                        menjual lini produk yang sangat bervariasi- biasanya pakaian, peralatan rumah   tangga. Saat ini banyak departemen store menambahkan dengan “butik” dan acara-       acara promosi untuk menandingi ancaman pemberi diskon. Pelayanan tetap menjadi            factor pembeda, departemen store kelas atas dapat berjalan dengan menekankan             layanan kualitas tinggi untuk tetap dapat mempertahankan pelanggan lama dan   menarik pelanggan baru.
             Contoh :
                        PT Matahari Putra Prima Tbk. adalah sebuah perusahaan ritel          di Indonesia yang merupakan pemilik dari jaringan Matahari Departement Store          dansupermarket Hypermart dan Foodmart. PT Matahari Putra Prima Tbk merupakan            salah satu anak perusahaan Grup Lippo. Per kuartal pertama tahun 2008, Matahari         Putra Prima sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket,         46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di            Indonesia.


c)      Super Market
                         toko yang paling sering dikunjungi. Toko besar, berbiaya rendah, bermarjin       rendah, bervolume tinggi dan swalayan yang menjual variasi bahan makanan, produk       rumah tangga yang sangat beragam dari kelontong, sepeda, TV dan camera, furnitur,           baju, ikan dan daging, buah2an, minuman, pokoknya serba ada kebutuhan sehari-         hari . Saat ini, mereka  menghadapi pertumbuhan penjualan yang lambat karena        meningkatnya persaingan dari toko             barang kebutuhan harian, toko pangan diskon.   Supermarket berupaya membuat perubahan agar dapat menarik pelanggan, antara lain    dengan membuka gerai roti,      makanan laut segar, ada yang mencoba mematong biaya,             menggunakan pola operasional yang lebih efisien, dan menurunkan harga agar dapat       bersaing dengan toko  diskon.
             Contoh :  GIANT.
Giant pertama kali berdiri di Malaysia 40 tahun yang lalu dengan konsep Supermarket, melihat perkembangan bisnis Hypermarket di Malaysia yang demikian cepat, maka pada tahun 1997 untuk pertama kalinya dibuka Giant dengan konsep Hypermarket. Setelah itu diteruskan dengan membuka Giant Hypermarket di Singapore.
Melihat kesuksesan yang telah dicapai Giant Hypermarket Malaysia maupun Singapore maka Management Dairy Farm Internasional, retailer terbesar di wilayah Asia Pasifik yang memiliki lebih dari 2.000 cabang, telah dan akan terus membuka Giant Hypermarket di Indonesia sebagai salah satu unit bisnis dari PT. Hero Supermarket Tbk.
Di. Indonesia, dalam jangka waktu kurang dari setahun Giant akan membuka empat (4) gerai yakni Giant Villa Melati Mas Serpong pada Juli 2002, dan diikuti Giant Maspion Square Surabaya pada November tahun 2002 sebagai Hypermarket pertama di kota Pahlawan Surabaya, Giant Cimanggis – Bogor pada April 2003 dan Giant Bekasi pada May 2003. Ditargetkan untuk membuka 10 Giant di Indonesia hingga tahun 2005 dan saat ini sudah ada 500 toko di seluruh Indonesia.
Giant memiliki operating philosophy yakni garansi Every Day Low Price ( Harga Murah Setiap Hari ), tag line Big Variety Great Value ( Banyak Pilihan, Harga Lebih Murah ), Range yang besar untuk produk GMS dan Grocery, dengan menyediakan antara 35,000 item sampai 50.000 item, fokus produk lokal dan etnik, fresh market sebagai satu ujung tombak store, dengan memberikan suasana belanja yang unik yaitu suasana pasar tradisional yang nyaman dan bersih, Giant ingin memberikan kepada konsumen pilihan belanja “One Stop Shopping” yang berbeda dari Hypermarket lain.


                       
d)      Toko kelontong
                                (Bahasa Inggris: grocery store) adalah suatu toko kecil yang umumnya mudah    diakses umum atau bersifat lokal. Toko semacam ini umumnya berlokasi di jalanyang           ramai, stasiun pengisian bahan bakar (SPBU), atau stasiun kereta api. Toko kelontong       sering ditemukan di lokasi perumahan padat di perkotaan. Kebanyakan toko     kelontong masih bersifat tradisional dan konvensional, dimana pembeli tidak bisa   mengambil barangnya sendiri, karena rak toko yang belum modern dan menjadi       pembatas antara penjual dan pembeli.
            Contoh:
                        Toko Anterah
            Toko Anterah adalah salah satu toko kelontong yang terletak di Jl. Gajah Raya No.5, toko            anterah menjual kebutuhan sehari-hari yang terbatas dengan membatasi antara penjual    dan pembeli.     Toko Anterah melayani pembelian apa yang dibutuhkan oleh                      konsumen, jadi di toko  ini konsumen atau pembeli tinggal bilang kepada pemilik             toko apa yang di butuhkan oleh konsumen dan pemilik toko mengambilkan barang         yang dibeli konsumen. Dengan demikian konsumen tidak leluasa mengambil barang      sendiri yang diinginkanya.

e)      Toko diskon
                        menjual barang dagangan standar dengan harga yang lebih rendah dengan          menerima marjin yang lebih rendah dan menjual dengan volume besar.Toko diskon yang sebenarnya secara rutin menjual barang dagangannya dengan harga lebih rendah,        sebagian besar menjual merek-merek nasional, bukan barang-barang inferior.
            Contoh : Alfa
Alfa merupakan salah  toko diskon karena pada waktu kita membeli sesuatu      baik berupa barang maupun makanan kita bisa memilih atau mengambil sendiri apa         yang kita inginkan dan memberi kemudahan saat berbelanja .
f)       Super Store
                        toko yang ukurannya lebih besar yang ditujukan untuk memenuhi keseluruhan     kebutuhan untuk bahan makanan dan bukan makanan. Variasi superstore adalah            Hypermarket, toko raksasa yang mengkombinasikan supermarket, toko diskon, dan gudang eceran yang menjual barang-barang  belanjaan rutin, disamping furniture,             barang-barang rumah tangga besar-kecil, pakaian, dan barang-barang lainnya.
            Contoh :
            Wal-Mart Stores, Inc (NYSE: WMT), dicap sebagai Walmart, adalah sebuah   perusahaan pengecer multinasional Amerika yang menjalankan rantai department    store diskon besar dan toko gudang. Perusahaan ini ketiga terbesar perusahaan publik         di dunia, menurut daftar Fortune Global 500 tahun 2012. Itu juga merupakan     perusahaan swasta terbesar di dunia dengan lebih dari dua juta karyawan, dan        merupakan pengecer terbesar di dunia. Walmart tetap merupakan bisnis milik keluarga, sebagai perusahaan yang dikendalikan oleh keluarga Walton yang memiliki      saham 48% di Walmart [5] [6]. Hal ini juga salah satu perusahaan dunia yang paling berharga. [7]
            Perusahaan ini didirikan oleh Sam Walton pada tahun 1962, didirikan pada tanggal 31   Oktober 1969, dan diperdagangkan di New York Stock Exchange pada tahun 1972.           Hal ini bermarkas di Bentonville, Arkansas. Walmart juga pengecer kelontong           terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 2009, itu dihasilkan 51% dari US $ 258 miliar             penjualan di AS dari bisnis kelontong. [8] Hal ini juga memiliki dan mengoperasikan       Club Sam gudang ritel di Amerika Utara. [9] [10]
            Walmart memiliki 8.500 toko di 15 negara, di bawah 55 nama yang berbeda [11].         Perusahaan beroperasi di bawah nama Walmart di Amerika Serikat, termasuk 50             negara bagian dan Puerto Rico. Ini beroperasi di Meksiko sebagai Walmex, di Inggris        sebagai Asda, di Jepang sebagai Seiyu, dan di India sebagai Best Price. Hal ini sepenuhnya dimiliki operasi di Argentina, Brasil, dan Kanada. Investasi Walmart di   luar Amerika Utara memiliki hasil yang beragam: operasi di Inggris, Amerika Selatan        dan China sangat sukses.









0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com