WINBIE GENESIS: PUBLIC RELATION winbie genesis

Pages

Wednesday, December 5, 2012

PUBLIC RELATION



PUBLIC RELATION (PR)

Public Relation yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas) mempunyai dua pengertian.
Pertama           : Humas sebagai teknik komunikasi atau technique of communication (informatif, persustif, )
Kedua             : Humas sebagai metode komunikasi atau method of communication (Verbal, non verbal)
Public Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua organisasi (non profit-komersial, publik-privat, pemerintah-swasta). Artinya Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan periklanan atau propaganda, dan telah lebih awa
l.
Dewasa ini, Public Relations harus berhadapan dengan fakta yang sebenarnya, terlepas dari apakah fakta itu buruk, baik atau tanpa pengaruh yang jelas, dituntut mampu menjadikan orang lain memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi lemabag yang diwakilinya.

1. Definisi Public Relation (PR)
            Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakat.
Atau proses komunikasi yang terjalin antara organisasi dan pihak luar yang saling menguntungkan.

2. Pengertian Public Relation
·         Pengertian Umum
Proses interaksi dimana Public Relation menciptakan opini publik sabagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi yang bertujuan menanamkan saling kepercayaan, pengertian dan citra baik dari masyarakat umum (publik)
·         Pengertian Khusus
Fungsi khusus manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama, pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini publik yang berguna sabagai sistem peringatan awal dalam membantu mengatasi tren, dan menggunakan penelitian dalam komunikasi sabagai alat utama.

3. Tujuan Public Relation
Ø  Menumbuhkembangkan citra perusahaan yang positif untuk masyarakat dan konsumen.
Ø  Mendorong tercapainya saling pengertian antara masyarakat umum dan perusahaan.
Ø  Mengembangkan sinergi fungsi pemasaran dengan Publik Relation.
Ø  Efektif dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
Ø  Mendukung kelancaran pemasaran.
Ø  Untuk mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan dengan adanya kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
Ø  Untuk meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
Ø  Untuk menyebarkan cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapatkan pengakuan.
Ø  Untuk memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas serta dalam membuka pasar baru.
Ø  Untuk memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan masyarakat, sehubungan dengan telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kesangsian dikalangan masyarakat dengan perusahaan.
Ø  Untuk mendidik konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.

4. Fungsi Public Relation
Ø   Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik atau masyarakat.
Ø  Memiliki sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan semua pihak.
Ø  Unsur penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi/perusahaan.
Ø  Usaha menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan publiknya.

               

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com