PUBLIC RELATION (PR)
Public
Relation yang diterjemahkan menjadi hubungan masyarakat (humas) mempunyai dua
pengertian.
Pertama : Humas sebagai teknik komunikasi atau technique of communication (informatif,
persustif, )
Kedua : Humas sebagai metode komunikasi atau method of communication (Verbal, non verbal)
Public
Relations menyangkut suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua
organisasi (non profit-komersial, publik-privat, pemerintah-swasta). Artinya
Public Relations jauh lebih luas ketimbang pemasaran dan periklanan atau
propaganda, dan telah lebih awa
l.
Dewasa
ini, Public Relations harus berhadapan dengan fakta yang sebenarnya, terlepas
dari apakah fakta itu buruk, baik atau tanpa pengaruh yang jelas, dituntut
mampu menjadikan orang lain memahami suatu pesan, demi menjaga reputasi lemabag
yang diwakilinya.
1.
Definisi Public Relation (PR)
Public Relation adalah usaha yang
direncanakan secara terus menerus dengan sengaja, guna membangun dan
mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakat.
Atau
proses komunikasi yang terjalin antara organisasi dan pihak luar yang saling
menguntungkan.
2.
Pengertian Public Relation
·
Pengertian Umum
Proses interaksi
dimana Public Relation menciptakan opini publik sabagai input yang
menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan
motivasi yang bertujuan menanamkan saling kepercayaan, pengertian dan citra
baik dari masyarakat umum (publik)
·
Pengertian Khusus
Fungsi khusus
manajemen yang membantu membangun dan memelihara komunikasi bersama,
pengertian, dukungan, dan kerjasama antara organisasi dan publik, melibatkan
masalah manajemen, membantu manajemen untuk mengetahui dan merespon opini
publik yang berguna sabagai sistem peringatan awal dalam membantu mengatasi
tren, dan menggunakan penelitian dalam komunikasi sabagai alat utama.
3. Tujuan Public
Relation
Ø Menumbuhkembangkan
citra perusahaan yang positif untuk masyarakat dan konsumen.
Ø Mendorong
tercapainya saling pengertian antara masyarakat umum dan perusahaan.
Ø Mengembangkan
sinergi fungsi pemasaran dengan Publik Relation.
Ø Efektif
dalam membangun pengenalan merek dan pengetahuan merek.
Ø Mendukung
kelancaran pemasaran.
Ø Untuk
mengubah citra umum di mata masyarakat sehubungan dengan adanya
kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan oleh perusahaan.
Ø Untuk
meningkatkan bobot kualitas para calon pegawai.
Ø Untuk
menyebarkan cerita sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat
dalam rangka mendapatkan pengakuan.
Ø Untuk
memperkenalkan perusahaan kepada masyarakat luas serta dalam membuka pasar
baru.
Ø Untuk
memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan masyarakat, sehubungan dengan
telah terjadinya suatu peristiwa yang mengakibatkan kesangsian dikalangan
masyarakat dengan perusahaan.
Ø Untuk
mendidik konsumen agar mereka lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan
produk-produk perusahaan.
4.
Fungsi Public Relation
Ø Kegiatan yang bertujuan memperoleh itikad
baik, kepercayaan, saling adanya pengertian dan citra yang baik dari publik
atau masyarakat.
Ø Memiliki
sasaran untuk menciptakan opini publik yang bisa diterima dan menguntungkan
semua pihak.
Ø Unsur
penting dalam manajemen guna mencapai tujuan yang spesifik, sesuai harapan
publik, tetapi merupakan kekhasan organisasi/perusahaan.
Ø Usaha
menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi atau perusahaan dengan
publiknya.
0 comments:
Post a Comment