WINBIE GENESIS: PEMASARAN DARI MULUT KE MULUT winbie genesis

Pages

Wednesday, December 5, 2012

PEMASARAN DARI MULUT KE MULUT



BERITA DARI MULUT KE MULUT
Kebanyakan proses komunikasi manusia yakni dari mulut ke mulut. Setiap orang berbicara dengan orang lainnya saling bertukar pikiran, tukar informasi, saling berkomentar dan proses komunikasi lainnya.
Jadi, Pemasaran dari mulut ke mulut adalah Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa
.

1.      Jaringan sosial
Adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Manfaat jaringan sosial adalah mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain.
Contoh jaringan sosial adalah :
a.      MySpace
MySpace adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.

b.      Facebook
Facebook adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Facebook. Dalam facebook, kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman.kita juga bisa mengupload foto, dan gambar.
c.       Twitter 
Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin .Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

2.      Jaringan sosial ceruk

Biasanya keanggotaannya dengan sistem undangan dengan harapan jaringan ini bisa lebih fokus dan relevan. Jaringan ceruk  biasanya memiliki acount yang sangat spesifik, sehingga memungkinkan bagi para anggota untuk bersinergi bersama-sama dengan minat yang sama, yang biasanya lebih sulit dilakukan pada jaringan pertemanan umum.


3.      Berita dari mulut ke mulut tersebar melalui :
a.       Pemasaran buzz ( gosip )
Adalah meciptakan ketertarikan, publisitas, & mengekspresikan informasi relevan yang baru
·         Tips pemasaran buzz yaitu:
Ø  Identifikasi
Ø  Memasok
Ø  Bekerja Sama dengan komunitas
Ø  Mengembangkan saluran
Ø  Memberi informasi yang meyakinkan

b.       Pemasaran Viral (menular seperti virus)
Adalah  mendorong konsumen menceritakan produk / jasa suatu perusahaan kepada orang lain secara online .

c.       Pemimpin Opini
Adalah orang yag secara informal yang dapat memengaruhi orang banyak.


d.      Blog
Blog sebenarnya adalah sebuah website juga yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang dimuat/di posting secara berkala pada sebuah halaman web umum oleh pembuatnya. Dan halaman web tersebut bersifat terbuka, bisa diakses oleh semua pengguna internet. Situs web blog biasanya memang sengaja dipublikasikan untuk dapat dibaca serta memberikan informasi kepada semua pengguna internet sesuai dengan topik yang disajikan oleh penulis atau pemilik blog.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com