BERITA
DARI MULUT KE MULUT
Kebanyakan
proses komunikasi manusia yakni dari mulut ke mulut. Setiap orang berbicara
dengan orang lainnya saling bertukar pikiran, tukar informasi, saling
berkomentar dan proses komunikasi lainnya.
Jadi, Pemasaran dari mulut ke mulut adalah
Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan
dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa
.
1.
Jaringan
sosial
Adalah
struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi.
Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan
sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.
Manfaat
jaringan sosial adalah mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah
oleh jarak.Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi
yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan
lain-lain.
Contoh
jaringan sosial adalah :
a. MySpace
MySpace
adalah situs jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman,
profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di
seluruh dunia.
b. Facebook
Facebook adalah
sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat
identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan
account di Facebook. Dalam facebook, kita juga dapat melihat teman dari teman
kita dan teman dari teman dari teman.kita juga bisa mengupload foto, dan
gambar.
c.
Twitter
Twitter
adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan
fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan "pembaharuan" berupa
tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan
instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin
.Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang
menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan
layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111
situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
2. Jaringan sosial ceruk
Biasanya
keanggotaannya dengan sistem undangan dengan harapan jaringan ini bisa lebih
fokus dan relevan. Jaringan ceruk biasanya memiliki acount yang sangat
spesifik, sehingga memungkinkan bagi para anggota untuk bersinergi bersama-sama
dengan minat yang sama, yang biasanya lebih sulit dilakukan pada jaringan
pertemanan umum.
3.
Berita
dari mulut ke mulut tersebar melalui :
a.
Pemasaran buzz ( gosip )
Adalah meciptakan
ketertarikan, publisitas, & mengekspresikan informasi relevan yang baru
·
Tips pemasaran buzz yaitu:
Ø Identifikasi
Ø Memasok
Ø Bekerja Sama
dengan komunitas
Ø Mengembangkan
saluran
Ø Memberi
informasi yang meyakinkan
b. Pemasaran Viral
(menular seperti virus)
Adalah mendorong konsumen menceritakan produk / jasa
suatu perusahaan kepada orang lain secara online .
c. Pemimpin Opini
Adalah orang yag secara informal
yang dapat memengaruhi orang banyak.
d.
Blog
Blog
sebenarnya adalah sebuah website juga yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa
tulisan-tulisan yang dimuat/di posting secara berkala pada sebuah halaman web
umum oleh pembuatnya. Dan halaman web tersebut bersifat terbuka, bisa diakses
oleh semua pengguna internet. Situs web blog biasanya memang sengaja dipublikasikan
untuk dapat dibaca serta memberikan informasi kepada semua pengguna internet
sesuai dengan topik yang disajikan oleh penulis atau pemilik blog.
0 comments:
Post a Comment