I.PEMASARAN
LANGSUNG
Pemasaran
langsung adalah penggunaan saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan
mengirim barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemesan.
Pemasar langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon
pelanggan dan pelanggan perorangan,seperti surat langsung,pemasaran
katalog,telemrketing,tvinteraktif,kios,situs wab,dan perantara bergerak
(mobile)
A. MANFAAT PEMASARAN LANGSUNG
Manfaat-Manfaat
bagi Pembeli
Pemasaran langsung memberi manfaat
kepada pembeli dalam banyak cara, antara lain:
1. Nyaman. Para
pelanggan tidak harus menghadapi kemacetan, menemukan tempat parkir, dan mengacak seluruh toko dan lorong untuk
menemukan dan meneliti produk. Mereka dapat berbelanja dengan membandingkan
produk melalui surat katalog dan menjelajahi situs internet.
2. Mudah dan
Bersifat Pribadi. Para pelanggan menghadapi lebih sedikit kebisingan
tawar-menawar ketika membeli dan tidak harus menghadapi wiraniaga atau menjadi
bulan-bulanan bujukan dagang yang memaksa-maksa dan emosional. Para pembeli
dari kalangan bisnis dapat mempelajari produk dan jasa yang tersedia tanpa
harus menunggu dan menyelesaikan urusan dengan tenaga penjual.
3. Informasi
Komparatif. Saluran online dan Internet juga memberi pelanggan akses ke banyak
informasi komparatif, informasi tentang perusahaan, produk, dan pesaingnya.
Situs-situs yang bagus sering memberikan informasi lebih banyak dalam bentuk
yang lebih berguna daripada yang dapat diberikan oleh pegawai penjualan yang
paling penuh perhatian pada profesinya.
4. Interaktif
dan Segera. Para pelanggan sering dapat berinteraksi dengan situs
penjual untuk menciptakan dengan tepat konfigurasi informasi, produk, atau
layanan yang mereka inginkan, kemudian memesan atau men-download informasi tersebut secara seketika.
Manfaat bagi
Penjual
Pemasaran langsung juga menghasilkan
banyak manfaat bagi para penjual, yaitu:
1. Pembentukan
Hubungan dengan Konsumen. Para pemasar langsung menyusun atau membeli basis
data yang mengandung informasi rinci tentang pelanggan yang berpotensi
menghasilkan laba. Dengan menggunakan basis data itu, mereka membangun hubungan
yang kuat dan berkesinambungan dengan pelanggan.
2. Menurunkan
Biaya dan Meningkatkan Kecepatan dan Efisiensi. Para
pemasar online terhindar dari biaya pemeliharaan toko dan biaya sewa, asuransi,
dan fasilitas umum yang menyertainya. Para pelanggan berhubungan langsung
dengan penjual sehingga pemasaran online sering menghasilkan penurunan biaya
dan peningkatan efisiensi fungsi-fungsi saluran dan logistik seperti pemrosesan
pesanan, penanganan persediaan, pengiriman, dan promosi perdagangan
3. Fleksibilitas. Para
pemasar membuat penyesuaian terus-menerus pada tawaran dan program-programnya.
Sebagai contoh, katalog online dapat disesuaikan setiap hari atau bahkan setiap
jam, dengan mengadaptasi pilihan, harga, dan promosi produk supaya sesuai
dengan kondisi pasar yang terus berubah.
4. Global. Internet
merupakan medium global yang memungkinkan para pembeli dan penjual meng-klik
dari satu negara ke negara lain dalam hitungan detik. Pemasar online kecil
sekalipun akan mengetahui bahwa mereka mempunyai akses langsung ke pasar
global.
B. PERBEDAAN PEMASARAN MASAL DAN SATU LAWAN SATU
Tabel berikut berisi daftar perbedaan utama antara
pemasaran masal dan apa yang disebut pemasaran satu-lawan-satu (one-to-one marketing).
Perusahaan-perusahaan yang mengetahui kebutuhan dan karakteristik pelanggan
individu dapat mengkustomisasi tawaran, pesan, moda pengiriman, dan metode
pembayaran mereka guna memaksimalkan nilai dan kepuasan pelanggan..
PemasaranMasal
|
PemasaranSatulawansatu
|
Pelangganpadaumumnya
Pelanggantidakdikenalinamanya
Produkstandar
Produk massal
Distribusi
massal
Pemasanganiklan
massal
Promosi
massal
Pesansatuarah
Skalaekonomi
(economies of scale)
Pangsapasar
Semuapelanggan
Menarikpelanggan
|
Pelangganindividu
Profilpenggunaada
Tawaranpasardirancangsesuaikebutuhan
Produksidirancangsesuaikebutuhan
Distribusidibikinpribadi
Pesanpribadi
Intensif
yang dirancangindividu
Pesanduaarah
Lingkupekonomi
(economies of scope)
Pangsapelanggan
Pelanggan
yang mendatangkanlaba
Mempertahankanpelanggan
|
C. BENTUK-BENTUK PEMASARAN LANGSUNG
a. Pemasaran Tatap Muka
Dewasa ini, sebagian besar pemasar
bisnis-ke-bisnis sangat bertumpu pada gugus penjualan profesional untuk mencari
dan mengunjungi calon pelanggan, menggarapnya sehingga menjadi pelanggan,
membangun hubungan yang bertahan lama, dan menumbuhkan bisnis mereka atau
mereka mempekerjakan perwakilan dan agen-agen perusahaan untuk menjalankan
tugas penjualan langsung.
b. Pemasaran Jarak Jauh
Pemasaran jarak jauh (telemarketing) merupakan pemasaran yang
menggunakan telepon untuk menjual langsung kepada konsumen. Pemasaran melalui
telepon kini menyumbang lebih dari 38% dari semua pengeluaran media
pemasaran-langsung.
Banyak konsumen menghargai banyak
tawaran yang mereka terima melalui telepon. Pemasaran jarak jauh yang didesain
dan dibidikkan dengan semestinya memberikan banyak manfaat, yang meliputi
kenyamanan pembelian dan peningkatan informasi produk dan jasa. Namun demikian
terkadang dalam pemasaran telepon yang tidak diminta (unsolicited telephone marketing) telah mengganggu banyak konsumen
yang keberatan atas panggilan telepon sampah (junk phone call). Para pembuat undang-undang di seluruh negeri
Amerika memberi tanggapan dengan peraturan yang berkisar dari pelarangan
panggilan pemasaran jarak jauh yang tidak diminta pada jam-jam tertentu sampai
memberi kesempatan rumah tangga menandatangani daftar “Jangan Ditelefon”.
c. Pemasaran melalui surat langsung
Pemasaran
melalui surat langsung meliputi tindakan mengirimkan tawaran, pengumuman,
pemberitahuan, atau item lain kepada seseorang dengan alamat khusus yang
mencakup surat, iklan, contoh produk, map tempat surat, dan “wiraniaga yang
memiliki sayap” lain dikirim kepada calon pelanggan yang namanya tercantum di
daftar alamat. Surat langsung bernilai lebih dari 24% dari semua pengeluaran
media pemasaran langsung. Secara bersama, pemasaran jarak jauh dan pemasaran
surat langsung bernilai lebih dari 60% dari pengeluaran pemasaran langsung dan
66% dari penjualan melalui pemasaran langsung.
Surat
langsung memungkinkan dicapai selektivitas pasar sasaran yang tinggi, dapat
dipersoanalisasikan, fleksibel, dan memungkinkan dilakukan pengukuran hasil
yang mudah. Sampai saat ini semua surat menggunakan kertas dan di tangani oleh
kantor pos AS, layanan-layanan telegrafis, atau pengantar surat komersial
seperti federal Express, DHL, atau Airbone Express, namun demikian, baru-baru
ini tiga bentuk baru pengiriman surat telah menjadi popular.
v Surat faks: mesin-mesin faks memungkinkan
pengiriman pesan-pesan berbasis kertas melalui jaringan telepon. Surat faks
mempunyai satu keunggulan di bandingkan surat regular. Pesan dapat dikirim
secara serentak para pemasar kini secara rutin mengirimkan surat faks untuk
mengumumkan tawaran, pejualan, dan kegiatan lain kepada calon pelanggan dan
pelanggan dengan mesin faks.
v E-mail: email memungkinkan para pengguna
mengirimkan pesan atau data secara langsung dari satu komputer ke komputer
lain. Pesan-pesan sampai secara serentak dan di simpan sampai penerima pesan
mengambil pesan tersebut. Banyak pemasar kini mengirim pengumuman, tawaran,
informasi poduk, dan pesan-pesan lain melalui alamat email.
v Voice mail:
voice mail adalah sistem untuk menerima dan menyimpan pesan-pesan suara di
alamat telepon.perusahaan-perusahaan menjual layanan itu sebagai pengganti
mesin penjawab. Orang yang berlangganan voice mail dapat mengecek
pesan-pesannya dengan memutar nomor
sistem voice mail-nya dan memasukkan kode pribadi.
Bentuk – bentuk baru tersebut
mengirimkan surat langsung dengan kecepatan yang luar biasa jika di bandingkan
dengan laju surat pos yang secepat siput. Namun demikian, seperti surat yang
dikirim melalui saluran-saluran tradisional, surat bentuk baru tersebut mungkin
di anggap sebagai surat sampah jika di kirim kepada orang yang tidak berminat
pada isu surat ersebut.
d. Pemasaran melalui katalog
Kemajuan teknologi yang cepat,
bersama dengan gerakan menuju pemasaran yang di personaliakan, satu lawan satu,
telah menghasilkan perubahan dramatis dalam pemasaran melalui katalog (katalog
marketing). Majalah katalog age biasa mendefinisikan katalog sebagai lembar cetakan yang di jilid yang
sedikitnya terdiri dari 8 halaman, yang menjual berbagai produk, dan menawarkan
mekanisme pemesan langsung.
Toko-toko swalayan khusus, seperti
neiman marcus, bloomingdale’s dan saks fifth avenue, menggunakan katalog untuk
menggarap pasar kelas menengah atas untuk barang dagangan yang berharga tinggi
dan sering berupa barang eksotik. Beberapa perusahaan besar juga telah
mengembangkan atau mengakuisisi devisi-devisi perusahaan katalog. Contohnya
avon kini menerbitkan 10 katalog pakaian modis wanita bersama dengan
katalog-katalog untuk pakaian anak-anak dan pakaian pria. Walt Disney Company
setiap tahun mengirimkan 6 juta katalog yang menampilkan video, tokoh binatang
dan item-item lainnya.
e. Pemasaran melalui televisi yang menghasilkan tanggapan
langsung
Pemasaran melalui televisi yang
menghasilkan tanggapan-langsung (direct
response television marketing) mempunyai dua bentuk utama yaitu.
1. Pemasangan
iklan tanggapan langsung(direct
response advertising). Pemasar langsung menayangkan spot televisi, sering
berdurasi 60 sampai 120 detik yang secara persuasif menggambarkan sebuah produk
dan memberi pelanggan nomor bebas pulsa untuk pemesanan. Penonton sering
menjumpai program iklan 30 menit atau informesial untuk sebuah produk tunggal.
2. Saluran
belanja dari rumah. Yaitu program-program televisi secara keseluruhan
yang di persembahkan untuk menjual barang dan jasa. Beberapa saluran belanja ke
rumah seperti Quality Value Channel
(QVC) dan the Home Shopping Network
(HSN) melakukan siaran 24 jam sehari. Di HSN penyelenggara program menawarkan
banting harga atas produk-produk yang
berkisar mulai dari perhiasan, lampu,boneka koleksi, dan pakaian sampai ke
alat-alat listrik dan barang-barang elektronik konsumen biasanya di peroleh
dari saluran belanja dari rumah pada harga cuci gudang. Pertunjukannya penuh
optimisme dengan pembawa acara membunyikan klakson, meniup peluit dan memuji
penonton atas selera mereka yang bagus. Para penonton menelepon nomor bebas
pulsa untuk memesan barang. Di ujung lain operasi itu 400 operator menangani
lebih dari 1200 telepon masuk, memasukkan pesanan langsung ke terminal-terminal
computer. Pesan di kirim 48 jam.
f. Pemasaran melalui kios (kios marketing)
Banyak perusahaan menempatkan mesin-mesin
informasi dan pemesanan disebut kios (berbeda dengan mesin penjual, yang
mengeluarkan produk aktual) di toko-toko, airport, dan lokasi-lokasi lain. Para
pemasar bisnis juga menggunakan kios, contohnya
Down Plastics menempatkan kios di sejumlah pameran dagang untuk
mengumpulkan informasi calon pelanggan dan memberikan informasi tentang
produk-produknya. Sistem kios tersebut membaca data pelanggan dari
lencana-lencana pendaftaran berkode dan menghasilkan lembaran-lembaran teknis
yang dapat di cetak di kios atau di kirim melalui faks atau di kirim melalui
surat kepada pelanggan.
Dewasa ini kios juga masuk ke
online, ketika banyak perusahaan menggabungkan kekuatan dunia maya dan nyata.
Contohnya di toko Levi-Staruss, anda dapat memasukkan data ukuran badan anda ke
dalam kios internet dan meminta jeans yang di buat sesuai pesanan di kirim ke
rumah anda dalam 2 minggu.
D.
KEBIJAKAN
PUBLIK DAN ISU ETIS DALAM PEMASARAN LANGSUNG
Para pemasar langsung dan para
pelanggan biasanya menikmati hubungan yang memberi manfaat bersama. Namun
demikian, kadang-kadang sisi yang lebih gelap muncul. Taktik beberapa pemasar
langsung yang agresif dan kadang-kadang tidak jujur dapat menganggu atau
merugikan konsumen, yang membuat seluruh industri mendapat nama jelek. Penyalahgunaan
berkisar mulai dari akses-akses sederhana yang mengganggu konsumen sampai
contoh-contoh praktek tidak fair atau bahkan pemalsuan dan penipuan secara
terang-terangan. Selama beberapa tahun lalu, industri pemasaran langsung juga
telah menghadapi keprihatinan yang meningkat tentang isu-isu pelanggaran
privasi.
v Gangguan, Ketidakjujuran, Penipuan,
dan Kecurangan
Ekses-ekses pemasaran langsung
kadang-kadang mengganggu atau menyinggung perasaan konsumen. Sebagian besar
orang tidak menyukai iklan TV tanggapan langsung yang terlalu keras, terlalu
panjang, dan terlalu memaksa. Gangguan yang sangat khusus adalah panggilan
telepon larut malam atau waktu makan malam. Lebih dari sekedar mengganggu para
konsumen, beberapa pemasar langsung sudah dituduh memanfaatkan secara tidak
fair pembeli yang impulsif atau kurang canggih. Pertunjukkan belanja tersebut
menampilkan pembawa acara yang berbicara dengan sopan dan meyakinkan, yang
secara seksama menggelar demonstrasi, mengklaim pengurangan harga yang drastis,
“selama pertunjukkan itu menghabiskan” batasan-batasan waktu dan kemudahan
pembelian yang tidak ada tandingannya guna menggairahkan pembeli yang mempunyai
resistensi penjualan rendah.
Yang lebih jelek lagi, mereka yang
disebut pedagang yang panas mendesain surat dan menulis naskah yang dimaksudkan
untuk menyesatkan para pembeli. Para pengumpul dana politik, diantara
penyinggung perasaan yang terburuk, kadang-kadang menggunakan trik-trik seperti
amplop-amplop yang mirip dokumen resmi, mirip kliping koran, dan penghormatan
serta penghargaan palsu. Para pemasar langsung lain berpura-pura sedang
melakukan riset survei ketika mereka sebenarnya mengajukan pertanyaan penting
untuk menyaring atau membujuk calon konsumen. Skema-skema curang, seperti
penipuan investasi atau sumbangan palsu untuk amal, juga telah berlipat ganda
di tahun-tahun terakhir. Para pemasar langsung yang jahat sering sulit
ditangkap, pelanggan pemasaran langsung sering menanggapi dengan cepat, tidak
berinteraksi secara personal dengan penjual, dan biasanya mengharapkan menunggu
pengiriman. Pada saat pembeli menyadari bahwa mereka sudah ditipu, para
pencurinya biasanya sudah berada di tempat lain sedang menyusun skema baru.
v Penyerangan Privasi
Penyerangan privasi mungkin isu
kebijakan publik yang paling ketat yang kini dihadapi industri pemasaran
langsung. Dewasa ini, tampak bahwa hampir setiap kali konsumen mengikuti undian
berhadiah, mengajukan permohonan kartu kredit, berlangganan majalah, atau
memesan produk dengan surat, telepon atau internet, nama mereka dimasukkan ke
dalam basis data perusahaan yang sudah membengkak. Dengan menggunakan teknologi
komputer yang canggih pemasar langsung dapat menggunakan basis data itu untuk
memperkecil sasaran dari upaya penjualan mereka.
Konsumen sering diuntungkan oleh
pemasaran berdasar basis data tersebut –mereka menerima lebih banyak tawaran
yang cocok dengan minat mereka. Namun demikian, banyak kritikus khawatir bahwa
para pemasar mungkin mengetahui terlalu banyak tentang hidup pelanggan dan bahwa
mereka mungkin menggunakan pengetahuan itu untuk memanfaatkan konsumen secara
tidak jujur. Pada satu titik, mereka mengklaim, penggunaan basis data secara
luas akan mengganggu privasi konsumen.
Dalam sebuah survei tentang
konsumen, 79 persen dari responden mengatakan bahwa mereka memprihatinkan
ancaman pada privasi mereka. Dalam sebuah survei tentang pengguna internet, 71
persen responden mengatakan seharusnya ada hukum untuk melindungi privasi
internet dan 84 persen bulat responden keberatan pada perusahaan yang menjual
informasi tentang pengguna ke perusahaan lain.
Industri pemasaran langsung sedang
mengatasi isu-isu etika dan kebijakan publik. Sebagai contoh, Asosiasi
Pemasaran Langsung (the Direct Marketing Association –DMA) –asosiasi terbesar
perusahaan yang tertarik pada pemasaran interaktif dan berbasis data dengan
lebih dari 4.600 perusahaan sebagai anggota –baru-baru ini menyusun “Janji
Privasi bagi Konsumen Amerika”. Prakarsa itu, sebuah upaya untuk membangun
kepercayaan konsumen terhadap berbelanja langsung, mensyaratkan bahwa semua
anggota DMA berpegang pada seperangkat aturan privasi konsumen yang disusun
secara seksama. Janji privasi itu mensyaratkan bahwa anggota memberitahu
pelanggan secara tertulis jika informasi pribadi disewakan, dijual, atau
dipertukarkan dengan informasi lain. Para anggota harus juga menghargai
permintaan konsumen untuk tidak menerima surat, telepon atau permohonan lain
lagi.
Para pemasar langsung mengetahui
bahwa, dengan dibiarkan tidak terlindungi, masalah-masalah tersebut akan
berakibat pada sikap konsumen yang semakin negatif, tingkat tanggapan yang
lebih rendah, dan himbauan akan adanya peraturan federal dan negara bagian yang
bersifat membatasi pemasaran langsun. Yang lebih penting lagi, sebagian besar
pemasar langsung menginginkan hal-hal yang sama yang diinginkan konsumen.
Tawaran pemasaran yang jujur dan dirancang dengan baik yang membidik hanya
konsumen yang akan menghargai dan menanggapi tawaran itu. Pemasaran langsung
jelas terlalu mahal jika diboroskan dengan membidik konsumen yang tidak
menginginkannya.
II. PEMASARAN
INTERAKTIF
Tujuan dari pemasaran interaktif
adalah untuk memikat dan memelihara konsumen yang akan menjadi rekan bisnis
dalam penciptaan, pembelian, dan pengembangan produk dan layanan. Konsumen
tidak hanya sebagai peserta pasif yang menerima iklan sebelum membeli,
melainkan konsumen diharapkan proaktif dan interaktif dalam pemasaran.
A. JENIS PEMASARAN INTERAKTIF
Pemasaran secara online dilakukan
melalui sistem computer online interaktif yang menghubungkan para pelanggan
dengan penjualan secara elektronik. Ada dua jenis saluan pemasaran online
yaitu:
1. Layanan
online komersial: menawarkan informasi dan layanan pemasaran online
kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan. Penyedia layanan online yang
paling terkenal adalah raksasa amerika online (MSN) dan prodigy mengejar jauh
di belakang AOL, masing-masing dengan jumlah pelanggan 2,45 juta dan 1 juta
pelanggan. Layanan online tersebut memberikan informasi (berita, perpustakaan,
pendidikan, perjalanan, olahraga, referensi), hiburan (lelucon, permainan)
layanan peluang dialog (papan bulletin, kotak-kotak obrolan) dan surat
elektronik.
2. Internet : adalah Web
global jejaring komputer yang luas dan berkembang pesat. Dewasa ini jejaring komputer publik yang luas itu
mengaitkan pengguna computer di seluruh dunia. Semua orang dengan PC, modem,
dan perangkat lunak yang sesuai dapat menjelajah internet untuk memperoleh atau
berbagai informasi tentang hampir semua pokok bahasan dan untuk berinteraksi
dengan pengguna lain.
.
B. CARA
PEMASARAN INTERAKTIF
1. Menciptakan
kehadiran online elektronik. Perusahaan dapat membentuk kehadiran online
elektronik dengan dua cara: ia dapat membeli ruang di layanan online komersial
atau dia dapat membuka situs internet sendiri.
Membeli lokasi di layanan online dapat berupa penyewaan ruang
penyimpanan di komputer milik penyedia jasa online atau berupa penciptaan link
komputer milik sendiri ke pusat belanja layanan online. Sebagai contoh JCPenney
mempunyai link dengan Amerika Online, Microsoft Network dan Prodigy, guna
memperoleh akses ke jutaan konsumen yang berlangganan layanan itu. Untuk layanan itu peruasahaan membayar biaya
layanan online Tahunan di tambah pesentase kecil dari penjualan online
perusahaan tersebut.
Selain
membeli lokasi di sebuah layanan online, sebagai alternative, sebagian besar
perusahaan kini menciptakan situs internet mereka sendiri. Situs-situs tersebut
beragam dari segi tujuan dan isi. Jenis paling dasar adalah situs internet
perusahaan (Corporate Web Site). Situs-situs di rancang untuk membangun nama baik pelanggan dan untuk
melengkapi saluran-saluran penjualan lain, bukannya menjual produk perusahaan
secara langsung. Contohnya anda tidak
dapat membeli es krim di tetapi anda dapat belajar semua hal tentang Ben &
Jerry’s, filosofinya, produknya, lokasinya dll.
Situs
internet perusahaan umumnya menawarkan ragam informasi yang kaya dan
fitur-fitur lain sebagai upaya untuk menjawab pertanyaan pelanggan, membangun
hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dan menghasilkan kesenangan terhadap
perusahaan tersebut.
Perusahaan
lain menciptakan situs internet pemasaran (Marketing Web Site). Situs-situs ini di rancang untuk melibatkan
konsumen ke dalam interaksi yang akan menggerakkan mereka lebih dekat ke
pembelian atau hasil pemasaran lain. Situs seperti ini mungkin mencakup
katalog, tip-tip belanja, dan fitur-fitur promosi seperti kupon, even
penjualan, atau kontes. Para pemasar bisnis ke bisnis juga menggunakan dengan
baik situs internet pemasaran, sebagai contoh
para pembeli perusahaan dapat mengunjungi situs internet Sun Microsyste memilih
deskripsi rincian produk, dan solusi sun, meminta informasi penjualan dan
layanan dan berinteraksi dengan anggota-anggota staf.
Menciptakan
situs internet adalah satu hal: mengajak orang untuk mengunjungi situs tersebut
adalah hal lain, kuncinya adalah menciptakan nilai dan kesenangan yang cukup
supaya mampu mengajak pelanggan datang ke situs tersebut, bertahan, dan
berkunjung lagi. Ini berarti perusahaan baru terus memperbaharui situs tersebut
supaya tetap segar dan menarik.
2. Menempatkan
iklan online. Perusahaan dapat menggunakan iklan online untuk
membangun merek-merek internet mereka atau untuk menarik pengunjung ke situs
internet mereka. Iklan online muncul ketika para pengguna internet sedang
menjelajahi layanan online atau situs internet. Iklan-iklan tersebut mencakup
papan iklan , jendela timbul tenggelam, ticker (papan iklan yang bergerak
menyebrangi layar, dan road block (iklan satu layar penuh yang harus pengguna
lalui untuk sampai ke layar lain yang ingin mereka lihat).
3. Berpatisipasi
dalam forum, kelompok berita, dan masyarakat internet. Perusahaan
mungkin memutuskan untuk berpartisipasi dalam atau mensponsori berbagai forum
internet (forums), kelompok berita (newsgroup), dan papan bulletin (bulletin
boards) yang menarik bagi kelompok yang mempunyai minat khusus. Forums adalah
berbagai kelompok diskusi yang berlokasi di layanan online komersial. Forum
mungkin mengoperasikan perpustakaan, ruang ngobrol untuk pertukaran pesan
seketika dan bahkan direktori iklan yang di susun berdasarkan klasifikasi
tertentu, contohnya Amerika Online
mengadakan 14000 ruang ngobrol, yang merupakan sepertiga dari waktu online para
anggota. Amerika Online juga memberikan daftar teman yang memperingatkan para
anggota ketika teman-teman sedang online , dengan memberi kesempatan mereka
untuk bertukar pesan instan.
Kelompok
berita adalah forum versi internet. Para pengguna internet dapat berpartisipasi
dalam kelompok berita tanpa berlangganan. Sistem papan bulletin adalah layanan
online khusus yang memusatkan pada topik atau kelompok tertentu. Ada 60000 BBS
yang berasal dari Amerika Serikat membahas topik-topik seperti liburan,
kesehatan, permainan komputer, dan real estate.
Popularitas
forum dan kelompok berita telah menghasilkan serangan mendadak dari situs
internet yang disponsori secara komersial yang disebut masyarakat internet (web
community) itu adalah ruang maya yang ekuivalen dengan kedai kopi Starbuck,
tempat dimana semua orang mengetahui alamat email anda. Tripod adalah tempat
mangkal online bagi mereka yang berusia dua puluhan , dengan menawarkan ruang
ngobrol dan homepage gratis untuk mengirimkan resume pekerjaan. Parent soup
adalah masyarakat online yang beranggotakan lebih dari 200.000 orang tua yang
meluangkan waktu untuk secara online mengumpulkan informasi mengenai cara
menjadi orang tua, mengobrol dengan orang tua lain tentang isu-isu dengan anak,
dan link dengan situs-situs lain yang berhubungan. Para pengunjung internet
tersebut mengembangkan rasa bermasyarakat yang kuat. Masyarakat tersebut
menarik bagi pemasang iklan karena mereka menarik konsumen yang memiliki minat
yang sama dan demografi yang terdefinisi dengan baik.
4. Menggunakan
E-mail dan Webccasting. Perusahaan dapat mendorong calon pelanggan dan
pelanggan untuk mengirimkan pertanyaan, saran, dan bahkan keluhan tentang
perusahaan itu melaui e-mail. Perwakilan pelayan pelanggan dapat dengan cepat
menanggapi berbagai pesan seperti itu, perusahaan dapat juga membuat daftar
alamat elektronik berbasis internet para pelanggan dan calon pelanggan. Daftar
seperti itu memberikan peluang yang besar sekali untuk memperkenalkan
perusahaan dan tawarannya kepada pelanggan baru dan uuntuk membangun hubungan
yang sedang berlangsung dengan para pelanggan yang ada. Dengan daftar tersebut
para pemasar online dapat mengirimi pelanggan newsletter tawaran produk dan
tawaran khusus berdasarkan pada sejarah
pembelian oleh pelanggan, peringatan tentang persyaratan layanan atau
pemberitahuan jaminan, atau pengumuman tentang berbagai even khusus.
Perusahaan
dapat juga menandatangani dengan satu dari sejumlah layanan webcasting seperti
PointCast dan Ifusion, yang secara otomatis mendownload informasi yang sudah
dikustomisasi ke PC si penerima. Untuk
biaya bulanan para pelanggan layanan itu dapat menentukan saluran yang mereka
inginkan, berita, informasi perusahaan, hiburan dll. Dan daripada meluangkan
waktu berjam-jam untuk menemukan informasi tertentu, mereka dapat duduk
bersandar dengan santai selama web caster secara otomatis mengirimkan informasi-informasi
yang di minati ke komputer meja mereka.
Webcasting juga dikenal dengan pushprograming , membuat saluran menarik yang di
gunakan pemasar online mampu mengirimkan pemasangan iklan internet atau isu
informasi lain. Layanan online komersial juga mulai menawarkan webcasting ke
anggota-anggotanya, contohnya America Online menawarkan fitur yang disebut
driveway yang akan mengambil informasi, halaman internet, dan email berdasarkan
pada preferensi anggota dan secara
otomatis mengirimkannya ke PC para pelanggan.
C. KENDALA
PEMASARAN INTERAKTIF
Pemasaran online menawarkan janji
besar bagi masa depan. Penyampai informasi yang paling rajin telah membayangkan
suatu waktu ketika internet dan perdagangan elektronik akan menggantikan
majalah, koran dan toko sekalipun, sebagai sumber informasi dan pembelian,
namun demikian meskipun ada kemeriahan dan janji tersebut ada tantangan yang di
hadapi para pemasar online yaitu:
vKeterpaparan dan pembelian konsumen yang terbatas: meskipun berkembang dengan cepat, pemasaran
online masih mencapai ruang pasar yang terbatas. Lagi pula banyak pengguna
internet lebih banyak melakukan Windows Browsing daripada pembelian aktual.
vDemografis dan psikografis pengguna menjadi menyimpang: meskipun
khalayak internasional semakin menjadi arus utama, para pengguna online masih
cenderung terdiri dari kalangan atas dan lebih berorientasi secara teknis
daripada populasi umum. Itu membuat
pemasaran online ideal untuk memasarkan perangkat keras dan perangkat lunak
komputer, elektronika konsumen, layanan keuangan, dan kelas-kelas produk
tertentu. Namun demikian, pemasaran online kurang efektif untuk menjual produk-produk pada umumnya.
vKekacauan dan kesemrawutan: internet
menawarkan jutaan situs internet dan volume informasi yang mengagetkan. Dengan
demikian, melayari internet dapat membuat frustasi, membingungkan, dan memakan
waktu konsumen. Dalam lingkungan yang penuh kekacauan dan kesemrawutan itu,
banyak iklan internet dan situs internet yang tidak memperoleh perhatian dan
tidak dibuka. Bahkan ketika diperhatikan, para pemasar akan menemukan bahwa
sulit baginya untuk mempertahankan perhatian konsumen. Sebuah studi menemukan
bahwa sebuah situs harus dapat menangkap perhatian penjelajah internet dalam
waktu delapan detik dan jika tidak dapat maka mereka akan kehilangan karena
berpindah ke situs lain. Sempitnya waktu tersebut hanya menyisakan sedikit
waktu bagi para pemasar untuk mempromosikan dan menjual produk mereka.
vKeamanan: para konsumen masih khawatir bahwa
pengintai yang tidak bermoral akan menyadap transaksi online mereka atau
menyadap nomor kartu kredit mereka untuk melakukan pembelian yang tidak sah.
Pada gilirannya, perusahaan-perusahaan yang melakukan bisnis online takut bahwa
orang lain akan menggunakan internet untuk menyerang sistem komputer mereka
dengan tujuan spionase komersial atau bahkan sabotase. Para pemasar online kini
mengembangkan solusi atas masalah-masalah tersebut. Namun demikian, tampak ada
persaingan yang sedang berlangsung antara teknologi sistem keamanan internet
dan kecanggihan orang yang berusaha membobolnya.
vKepedulian etis: privasi adalah kepedulian utama.
Para pemasar dapat dengan mudah melacak situs internet pengunjung, dan banyak
konsumen yang berpartisipasi dalam aktivitas situs internet memberikan informasi
pribadi yang luas. Itu mungkin membuat konsumen terbuka pada penyalahgunaan
informasi jika perusahaan-perusahaan memanfaatkan informasi tersebut secara
tidak sah dalam memasarkan produk-produk mereka atau mempertukarkan daftar
elektronis dengan perusahaan-perusahaan lain. Ada juga kepedulian tentang
segmentasi dan diskriminasi. Internet saat ini melayani konsumen kalangan atas
dengan baik. Namun demikian, konsumen yang miskin mempunyai akses yang lebih
kecil ke internet, sehingga membuat mereka semakin kurang memperoleh informasi
tentang produk, layanan, dan harga.
Meskipun ada tantangan-tantangan
tersebut, perusahaan-perusahaan besar dan kecil dengan cepat memadukan
pemasaran online ke dalam bauran pemasaran mereka. Karena upaya itu terus
tumbuh, pemasaran online akan terbukti menjadi alat yang kuat untuk membangun
hubungan dengan pelanggan, meningkatkan penjualan, mengkomunikasikan informasi
perusahaan dan produk mereka, dan mengirimkan produk serta layanan secara lebih
efisien dan efektif.
0 comments:
Post a Comment