WINBIE GENESIS: KETIDAKTAHUAN ATAS NILAI PABEAN, TEPATKAH DIKENAKAN DENDA? winbie genesis

Pages

Tuesday, May 5, 2015

KETIDAKTAHUAN ATAS NILAI PABEAN, TEPATKAH DIKENAKAN DENDA?

Pertanyaan pada judul tulisan ini tentu menggelitik kita semua. Mengapa? Pertanyaan  pertama  dibenak  kita  tentu  adalah  apakah  ada  barang  impor  yang importirnya tidak mengetahui berapa nilai barang yang diimpor? Pertanyaan kedua adalah  benarkah semua kesalahan pemberitahuan nilai pabean dikenakan sanksi berupa denda?
Proses   perdagangan   internasional   khususnya   impor   merupakan   suatu kegiatan yang sangat kompleks dan beragam.  Banyak model yang digunakan untuk proses  importasi barang dari satu negara ke negara yang  lain. Sebagian besar barang yang  diimpor merupakan suatu hasil dari proses tawar menawar dan pada akhirnya terjadilah kesepekatan jual beli barang dengan harga tertentu. Kesepakatan penyerahan barang mengacu kepada International Commerce Term (Incoterm 2010) dimana kondisi jual beli barang dapat berupa Ex-works, FOB, CIF hingga terminologi DDP  (Deliverd  Duty  Paid).   Pada  umumnya  kesepakatan  penyerahan  barang sebagaimana tersebut diatas tercantum dalam Invoice.
Selain model importasi yang terdapat transaksi jual beli dengan beragam terminologi  penyerahannya,  terdapat  juga  importasi  barang  yang  tidak  terdapat transaksi  jual beli. Sebagai contoh barang yang dikirim oleh eksportir merupakan hadiah dimana importir tidak perlu membayar harga barangnya. Dalam hal seperti ini tentu  importir   tidak  mengetahui  secara  pasti  berapa  nilai  dari  barang  yang diimpornya.  Permasalahan  akan  timbul  karena  bilamana  dalam  pemberitahuan

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com