WINBIE GENESIS: SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENENTUKAN LOKASI SPBU BARU winbie genesis

Pages

Thursday, June 11, 2015

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MENENTUKAN LOKASI SPBU BARU


 ABSTRAK 
Kini banyak sekali usaha kepemilikan SPBU yang bermunculan terutama di kota-kota besar seperti Surabaya. Seiring dengan banyaknya SPBU yang didirikan maka semakin banyak pula persaingan dalam memikat konsumen, salah satu faktornya adalah pemilihan lokasi yang tepat dan strategis. Kadangkala pemilik usaha kurang memperhatikan faktor-faktor penunjang tersebut sehingga SPBU baru yang dibuka tidak seramai SPBU lainnya yang telah berdiri sebelumnya.
Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi yang mampu memvisualisasikan factorfaktor penunjang tersebut untuk dapat diketahui dan dianalisa, sedangkan Analytic Hierarchy Processing (AHP) adalah metode yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dengan multi kriteria dan multi alternatif. Kriteria yang dapat digunakan antara lain banyaknya penduduk, banyaknya industri, banyaknya perumahan, banyaknya SPBU kompetitor, tingkat kepadatan lalu-lintas, tingkat harga lahan setempat serta banyak  SPBU kompetitor di jalan/daerah tersebut.
Dengan visualisasi posisi penyebaran data pada kondisi sesungguhnya dan hasil rekomendasi menggunakan GIS serta ditambahkan metode AHP dapat menentukan rekomendasi lokasi SPBU yang akan dibuka selanjutnya. Penentuan hierarki, kriteria serta ranking prioritas yang diberikan dapat mempengaruhi hasil rekomendasi lokasi pembukaan SPBU yang baru.
 Kata Kunci : Sistem informasi geografis, Analytic Hierarchy Processing , lokasi SPBU alternatif. 

SELENGKAPNYA

1 comments:

Unknown said...

Did you realize there's a 12 word phrase you can say to your partner... that will induce intense emotions of love and instinctual appeal for you buried within his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, cherish and protect you with all his heart...

12 Words That Fuel A Man's Desire Response

This instinct is so built-in to a man's brain that it will make him try harder than ever before to take care of you.

As a matter of fact, fueling this dominant instinct is absolutely binding to getting the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

...You'll instantly notice him open his heart and soul for you in a way he haven't expressed before and he'll see you as the one and only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com