WINBIE GENESIS: Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Pelanggan di Indonesia Music Talent Semarang winbie genesis

Pages

Tuesday, April 28, 2015

Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Pelanggan di Indonesia Music Talent Semarang



BAB I

1.1Latar Belakang
Pada jaman modern ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju.Hal ini mendorong perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan persaingan pasar yang semakin ketat pula, sehingga menuntut adanya sistem pemasaran yang semakin baik pada setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang industri maupun jasa.
Pemasaran merupakan salah satu sarana bagi perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Agar tujuan tersebut tercapai maka setiap perusahaan harus berupaya untuk menghasilkan dan menyampaikan barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen dengan memberikan pelayanan yang menyenangkan, terlebih berupaya untuk menerapkan dan melakukan strategi promosi produk secara maksimal.

Promosi merupakan strategi penjualan yang paling ampuh, karena sehebat apapun produk atau jasa layanan yang diberikan jika tidak ada upaya promosi yang maksimal, maka angka penjualan akan biasa saja. Namun sebaliknya, meskipun kualitas produk atau pelayanan dianggap biasa saja tetapi promosi berjalan maksimal maka hasilnya akan lebih berefek.
Menurut M. Musrid (2003:95) promosi merupakan komunikasi yang persuasif, mengajak, mendesak, membujuk dan meyakinkan. Promosi sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan untuk mencapai volume penjualan yang maksimal, karena meskipun produk yang ditawarkan sudah baik, relatif murah serta mudah untuk diperoleh, jika tidak disertai promosi yang baik, maka tingkat penjualan tidak akan memadai.
Selain untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat, tentang bagaimana kualitasnya maupun cara pelaksanaannya dengan menggunakan strategi promosi ini juga dapat menarik minat calon pelanggan baru, dan mampu menghasilkan keuntungan yang memuaskan, yakni dengan bertambahnya jumlah pelanggan.
Perusahaan yang ingin berkembang dan mendapatkan keunggulan yang kompetitif harus dapat memberikan produk berupa barang atau jasa yang berkualitas dengan harga murah, dan pelayanan yang baik kepada pelanggan serta harus memperhatikan strategi promosi yang digunakan.Untuk mengadakan promosi, setiap perusahaan harus dapat menentukan dengan tepat alat promosi manakah yang dipergunakan agar dapat mencapai keberhasilan dalam penjualan.
Menurut Philip Kotler (1997), bauran promosi merupakan tugas dari perusahaan dalam mendistribusikan total anggaran promosi melalui lima alat promosi, yaitu : periklanan, promosi penjualan, penjualan tatap muka langsung (personal selling), direct marketing (pemasaran langsung) dan hubungan masyarakat.
Dengan semakin meningkatnya perkembangan ekonomi dan tingkat gaya hidup masyarakat, maka kebutuhan masyarakat terhadap barang atau jasa juga semakin meningkat. Diantaranya kebutuhan untuk mengisi waktu luang ataupun untuk mengembangkan talentanya dibidang non pendidikan ( informal ). Mengikuti kursus musik merupakan salah satu alternatif yang diminati oleh banyak orang dan yang menjadi target pasar adalah semua kalangan masyarakat baik anak-anak ataupun dewasa.
Indonesia Music Talent merupakan salah satu tempat kursus musik yang menyediakan fasilitas dan pelayanan kursus musik yang membantu orang-orang untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat mereka dalam bidang seni musik, terutama musik klasik. Musik beraliran klasik terkenal lebih sulit jika dibandingkan dengan aliran musik lainnya, maka menjadikan  Indonesia Music Talent dikenal masyarakat dengan ciri khas musik aliran klasik.
Mengingat banyaknya jumlah tempat kursus musik yang sudah ada di Semarang, maka Indonesia Music Talent harus berupaya lebih keras untuk menarik minat calon pelanggan yang akan menggunakan jasa kursus musik dengan melakukan promosi yang dilakukan dengan menggunakan alat promosi berupapenjualan tatap muka langsung(personal selling) dimana dialog berlangsung secara tatap muka langsung, yang tujuannya mempengaruhi pembeli untuk menerima pandangan atau meyakinkan calon pembeli untuk mengambil tindakan berupa pembelian produk, jasa atau ide.
Selain strategi personal selling, Indonesia Music Talent juga menggunakan strategi pemasaran langsung dimana seorang penjual dari sebuah perusahaan langsung menemui konsumen untuk menawarkan produknya(Basu Swatha, 2002:261).
Hal ini penting sekali untuk dilakukan mengingat bahwa konsumen akan melakukan kerjasama apabila kinerja dari jasa tersebut mampu memberikan kebutuhan yang sesuai dengan harapan mereka. Apabila kinerja yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan, maka konsumen akan merasa tidak puas sehingga mereka akan komplain, tidak akan melakukan kerjasama lagi ( keluar ) atau akan merekomendasikan kepada calon konsumen lain hal-hal buruk mengenai tempat kurus musik tersebut ( Indonesia Music Talent ) sehingga dampaknya akan sangat merugikan.
Indonesia Music Talent ini berlokasi di jalan Singosari Nomor 47A Semarang, sangat strategis karena berada diantara tempat-tempat kuliner, Universitas Diponegoro Pleburan, Universitas PIP ( perkapalan ). Buka setiap hari Senin-Jumat mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00 dan Sabtu mulai pukul 09.00 – pukul 17.00 ( hari Minggu dan hari besar libur ), Indonesia Music Talent ini masih tergolong baru karena baru berdiri kurang lebih satu setengah tahun.
Indonesia Music Talent sering mengalami kenaikan dan penurunan jumlah pelanggan ( murid ) pada setiap bulannya karena beberapa faktor diantaranya yaitu, banyaknya pelanggan yang merasa kurang puas dengan pelayanan yang telah diberikan dan kurangnya promosi penjualan yang dilakukan oleh Indonesia Music Talent sehingga kurang begitu familiar dikalangan masyarakat.
Berikut ini adalah data jumlah pelanggan di Indonesia Music Talent periode Januari 2013 sampai dengan Desember 2013 :

Sumber : Indonesia Music Talent Periode Januari-September 2013
Berdasarkan tabel diatas dapat diketahui bahwa jumlah pelanggan di Indonesia Music Talent pada setiap bulannya fluktuatif dan memiliki kecenderungan menurun. Fenomena ini perlu diwaspadai karena dengan jumlah pelanggan yang fluktuatif akan memberikan pengaruh yang merugikan bagi perusahaan. Hal tersebut dapat  terjadi karena kurangnya strategi romosi yang dilakukan oleh Indonesia Music Talent Semarang dalam memperkenalkan produknya sehingga kurang begitu familiar dikalangan masyaratakat. Oleh karena itu dengan fenomena tersebut maka pihak Indonesia Music Talent harus memperhatikan strategi promosi yang digunakan serta pelaksanaannya harus lebih maksimal dengan memilih beberapa cara promosi yang paling efektif guna menambah jumlah pelanggan.
Berawal dari masalah tersebut maka kami berkeinginan untuk mengadakan penelitian / riset mengenai “Strategi Promosi Guna Meningkatkan Jumlah Pelanggan di Indonesia Music Talent Semarang’’
1.2Tujuan Kuliah Kerja Praktek
Adapun tujuan dalam melaksanakan kuliah kerja praktek ini, yaitu :
1.2.1    Tujuan Umum
Untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan oleh Indonesia Music Talent Semarang guna meningkatkan jumlah pelanggan.
1.2.2    Tujuan Khusus
a.       Untuk mengetahui kegiatan promosi yang dilakukan oleh Indonesia Music Talent Semarang.
b.      Untuk mengetahui personal selling yang dilakukan oleh Indonesia Music Talent Semarang melalui metode / pendekatan kepada konsumen
c.       Untuk mengetahui promosi penjualan yang dilakukan oleh Indonesia Music Talent semarang
d.      Untuk mengetahui direct marketing yang dilakukan Indonesia Music Talent Semarang

1.3Manfaat Kuliah Kerja Praktek
Adapun manfaat dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Praktek ini, yaitu :
1.3.1 Bagi Mahasiswa
a.       Sebagai sarana pembelajaran agar ilmu yang didapat selama mengikuti perkuliahan dapat diimplementasikan.
b.      Untuk menyelesaikan tugas akhir program studi D III Manajemen Industri di Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

1.3.2     Bagi Perusahaan
a.       Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi untuk dilakukannya penelitian lanjutan mengenai strategi promosi yang perlu dilakukan Indonesia Music Talent untuk meningkatan jumlah pelanggan.
b.      Dari aspek praktis diharapkan dapat memberikan masukan ataupun motivasi kepada perusahaan dalam memilih dan menerapkan strategi promosi serta membangun langkah-langkah yang lebih kreatif dan aspiratif dalam upaya menambah jumlah pelanggan kursus.
c.       Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam melengkapi konsep dan teori dalam bidang promosi, khususnya yang berkenaan dengan strategi promosi jangka panjang.

1.3.3     Bagi Akademik Atau Lembaga
Sebagai sumber bacaan yang dapat menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com