WINBIE GENESIS: Kegiatan Pelatihan Jahit Garment pada Balai Pengembangan SDM dan Produk IKM”. winbie genesis

Pages

Tuesday, April 28, 2015

Kegiatan Pelatihan Jahit Garment pada Balai Pengembangan SDM dan Produk IKM”.






BAB I PENDAHULUAN



1.1 LATAR BELAKANG PEMILIHAN BIDANG DAN OBJEK KKP

Keterbukaan  yang  terjadi  saat  ini  memerlukan  suatu  manajemen  yang menempatkan  pemberdayaan   Sumber   Daya   Manusia   menjadi   bagian   yang terpenting   guna   menciptakan   keunggulan   yang   kompetitif.Kearahmanapun pemberdayaan  SDM  selalu  difokuskan  pada  outputnya.   Faktor  penguasaan ketrampilan substansial terarah pada sektor pilihan spesifik menjadi hal terpenting yang  harus dikuasai SDM disamping kemampuan dan kemauan menyesuaikan diri untuk bersaing guna meraih peluang kerja untuk dirinya sendiri ataupun orag lain. Seiring  perkembangan jaman , dimana persaingan antar perusahaan sangat ketat dan kompetitif sehingga perusahaan dihadapkan pada masalah produktivitas yang tinggi agar dapat memenuhi permintaan konsumennya.

Industri pakaian jadi atau garment merupakan industri dengan padat karya, karena  tingginya  tingkat ketergantungan terhadap ide dan  stock of  knowledge Sumber Daya  Manusia guna memperoleh keanekaragaman produk. Menjadikan posisi industri ini sangat penting dan strategis untuk provinsi Jawa Tengah karena pada satu sisi   menyerap tenaga  kerja yang besar namun pada sisi lain sebagai penghasil devisa dengan nilai ekspornya  yang selalu mengalami pertumbuhan. Provinsi Jawa Tengah dalam mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang semakin sejahtera        memerlukan     industri                  ini                  agar         dapat          lebih     berkembang               guna mengakselerasi menurunnya tingkat pengangguran yang ada. Berdasarkan tingkat




permintaan    calon    tenaga    kerja    industri    garment    ini,    mendorong   Dinas Perindustrian  Jawa  Tengah  memacu  kinerja  Balai  Pengembangan  SDM  dan produk  IKM agar dapat melakukan upaya antisipasi kreatif berkelanjutan mulai dari penyediaan  SDM terampil siap kerja dengan ketrampilan sebagai operator sewing, mekanik, dan asisten supervisor. Kebutuhan industri garment akan calon tenaga  kerrja  yang  semakin  meningkat  membuat  Balai  Pengembangan  SDM meringkas materi pembelajaran dan waktu pelatihan garment yang sesuai dengan kriteria atau kebutuhan garment yang terkait. Dikatakan efektivitas karena adanya perbandingan   pelatihan   garment   pada   Balai   Pengembangan   SDM   dengan pembelajaran formal selama 3 tahun. Mengingat hal  tersebut maka judul yang diangkat dalam Laporan Kerja Praktek (KKP) ini adalah  “Kegiatan Pelatihan Jahit Garment pada Balai Pengembangan SDM dan Produk IKM.



.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com