v ACARA DAN PENGALAMAN.
Sarana
untuk menjadi bagian dari saat-saat khusus dan relevan yang lebih pribadi dalam
kehidupan konsumen. Keterlibatan dalam acara ini dapat memperluas dan
memperdalam hubungan sponsor dengan
pasar sasarannya, tetapi hanya jika
dikelola dengan tepat.
Ø TUJUAN
ACARA.
1. Mengidentifikasi
pasar sasaran atau gaya hidup tertentu :
Pelanggan dapat
membidik secara geografis, demografis, psikografis atau perilaku sesuai acara.
·
Contoh : L.A Lights (Salah satu merek
produk dari PT.DJARUM).
L.A Light Cool Break,
mensponsori konser musik di Universitas Semarang dengan melibatkan artis
ternama “Bondan Feat 2Black” untuk menonjolkan produk dan sampel di antara
pemirsa sasarannya, yaitu pria berusia 18 tahun keatas.
2. Meningkatkan
kesadaran perusahaan atau nama produk :
Pemberian sponsor
sering menawarkan paparan yang tahan lama terhadap suatu merek, kondisi yang
diperlukan untuk membangun pengakuan merek dan meningkatkan ingatannya.
·
Contoh : Susu Anlene.
Dengan mengadakan acara
“Jalan sehat 10.000 langkah Anlene”. Kegiatan Acara tersebut merupakan ajang
kampanye untuk melawan penyakit osteoporosis dan bertujuan untuk membangun
kesadaran, membangun pengakuan merek, dan meningkatkan ingatan merek terhadap
konsumen.
3. Menciptakan
atau memperkuat persepsi tentang asosiasi citra merek kunci :
Acara itu sendiri
mempunyai asosiasi yang membantu menciptakan atau memperkuat asosiasi merek.
·
Contoh : Djarum Coklat EXTRA.
Djarum
Coklat EXTRA memilih untuk mensponsori tour konser musik “EXTRALIGI” bersama
salah satu band ternama di indonesia yaiu SLANK dengan tour 25 kota.
4. Memperkuat
citra korporat :
Pemberian sponsor dapat
meningkatkan persepsi bahwa perusahaan disukai dan bergengsi.
·
Contoh : Coca-cola.
Coca-cola
menjadi sponsor pertandingan sepak bola piala dunia. Coca-cola memandang
dukungan sponsor jangka panjangnya terhadap Piala Dunia sebagai sarana
meningkatkan kesadaran merek internasional serta meningkatkan konsumsi dan
volume produknya terhadap masyarakat (konsumen). Kegiatan tersebut juga
menghasilkan dukungan patriotis serta semangat emosional piala dunia terhadap
negaranya yang mengikuti ajang piala dunia.
5. Menciptakan
pengalaman dan membangkitkan perasaan :
Perasaan yang
ditimbulakan oleh acara yang menarik atau berharga secara tidak langsung dapat
menghubungkan acara dengan merek.
·
Contoh : Samsung.
Aktifitas
online sekarang ini menduduki sebagian besar usaha dukungan sponsor sebuah
perusahaan. Perusahaan samsung menggunakan situs-situs seperti MySpace dan
YouTube untuk memperluas kepribadiannya secara online dan menciptakan Web
pribadinya sendiri (www.samsung.com)
sebagai tempat sentral untuk informasi produk mereka yang bisa diunduh.
6. Mengekspresika
komitmen terhadap komunitas atau masalah sosial :
Pemasaran yang terkait gerakan
amal mensponsori organisasi dan lembaga amal nir laba.
·
Contoh : Djarum Super.
Dengan
melakukan konser amal dalam acara bertajuk "Malam Peduli Anak
Indonesia", Djarum super memberikan bantuan pendidikan kepada Yayasan Tri
Kusuma Bangsa untuk anak-anak kurang mampu melalui penyelenggaraan sekolah
gratis, sebagaimana visi yayasan yang ingin mencerdaskan kehidupan generasi
penerus bangsa. Acara ini melibatkan Artis ternama di indonesia seperti Vina
Panduwinata, Andien, Syaharani, Rika Roeslan, Vicky Zaenal, dll. Djarum super
membuat pemasaran yang terkait dengan gerakan amal ini bertujuan untuk
menjadikan tonggak penting dalam program pemasaran mereka.
7. Menghibur
klien kunci atau memberi penghargaan pada karyawan kunci :
Banyak acara
menyediakan tenda keramahtamahan mewah serta layanan atau kegiatan khusus
lainnya hanya bagi sponsor dan tamu mereka.
·
Contoh : ADIRA Finance.
ADIRA
Finance adalah pemain jasa perkreditan barang mewah seperti mobil, motor,
prabot rumah tangga, dll. Dengan menggunakan pemberian sponsor Gathering makan
bersama serta wisata kepada pelanggan bisnis yang bertujuan untuk menghibur
pelanggan bisnis, meninmbulkan kegairahan di antara karyawan, dan membangun
kontak bisnis yang berharga.
8. Menciptakan
penjualan barang dagangan atau penjualan promosi :
Banyak pemasar
mengaitkan kontes atau undian, barang dalam toko, respon langsung, atau
kegiatan pemasaran lain dengan sebuah acara.
·
Contoh : Susu Zee.
Susu
Zee melakukan peluang promosi untuk produknya dengan menggunakan pemberian
sponsor mereka di acara TV terkenal yang banyak masyarakat mengenalnya yaitu
didalam acara “Indonesia Mencari Bakat”.
Ø KEPUTUSAN
PEMBERIAN SPONSOR UTAMA.
Pemberian
sponsor yang berhasil memerlukan pemilihan acara yang tepat; merangcang
program, pemberian sponsor yang optimal, dan mengukur pengaruh pemberian
sponsor.
1. Memilih
acara :
Acara harus mempunyai
cukup kesadaran, memiliki citra yang diinginkan, dan mampu menciptakan pengaruh
yang diinginkan. Konsumen harus membuat atribusi yang menguntungkan bagi
keterlibatan sponsor. Acara yang ideal adalah acara yang unik, tetapi tidak
tenggelam dengan banyaknya sponsor, mengarahkan acara tersebut kegiatan
pemasaran tambahan, dan mencerminkan atau memperkuat merek sponsor atau citra
korporat.
·
Contoh : Emirates Airlane
Emirate Airlane
merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Dubai, Uni Emirate Arab.
Maskapai ini didirikan oleh Pemerintah Dubai pada Mei 1985 dan mulai beroprasi
sejak 25 Oktober 1985. Emirates Airlane melakukan kontrak terhadap salah satu klub
raksasa sepak bola di Negara Inggris yaitu ARSENAL, yang bertujuan untuk
menamai stadion markas besar klub tersebut menjadi “EMIRATES STADIUM” dan
dirancang untuk mengangkat nama Emirates Airlane secara Internasional serta
meningkatkan volume jasa penerbangannya.
2. Merancang
program pemberian sponsor :
Banyak pemasar yang
meyakini bahwa program pemasaran yang menyertai pemberian sponsor acaralah yang
pada akhirnya menentukan keberhasilannya. Setidaknya dua sampai tiga kali
jumlah pengeluaran pemberian sponsor harus dihabiskan untuk kegiatan yang
berhubungan dengan pemasaran.
·
Contoh : LuproMax.
LuproMax
adalah salah satu jenis produk oli pelumas untuk mobil. Dalam memasarkan
produknya LuproMax mengadakan acara acara Bazar Bursa Otomotif (BBO). Kegiatan
ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 26-27 Mei 2012 yang bertempat di Lapangan
Parkir GOR Ngurah Rai, Jalan Melati Denpasar serta dimeriahkan dengan berbagai
hiburan dan atraksi yang akan meramaikan acara dengan nuansa dunia otomotif.
Dalam acara ini Lupromax menjadi sponsor dalam acara ini dan membuka booth
Lupromax untuk lebih mengenalkan produk Lupromax dan pecinta otomotif. Acara
ini juga dimeriahkan dengan promo Lupromax yaitu promo Beli 1 Lupromax Mobil
150ml mendapatkan FREE 1 Lupromax Motor 30ml. Dalam acara ini, pengunjung
memadati booth Lupromax yang menampilkan demo Timken Load dan aksi motor
berjalan tanpa oli.
3. Mengukur
kegiatan pemberian sponsor :
Metode pengukuran sisi
penawaran memfokuskan diri pada paparan potensial terhadap merek dengan menilai
luas liputan; dan metode sisi permintaan memfokuskan diri pada paparan yang
dilaporkan dari konsumen.
Metode
sisi penawaran memperkirakan jumlah waktu dan ruang yang disediakan untuk
liputan media sebuah acara.
Metode
sisi permintaan mengidentifikasi pengaruh pemberian sponsor pada pengetahuan
merek konsumen.
·
Contoh : M150.
Merupakan
minuman penambah tenaga (Energy Drink). M150 memberikan penawaran dengan
menggunakan media iklan di televisi dengan didahului mengidentifikasi sisi
permintaan dan pengetahuan merek dari konsumen. Dengan besarnya volume
pemintaan dari konsumen M150 mencoba menawarkan produknya lewat iklan televisi
yang berdurasi cukup lama (kurang-lebih 90detik) agar penawarannya lebih teringat
dibenak konsumen terhadap produknya.
Ø MENCIPTAKAN
PENGALAMAN.
Pemasaran
pengalaman yang tidak hanya mengkomunikasikan fitur dan manfaat, tetapi juga
menghubungkan produk atau jasa dengan pengalaman unik dan menarik. Idenya
bukanlah menjual sesuatu, namun menunjukan bagaimana sebuah merek dapat
memperkaya kehidupan pelanggan.
·
Contoh : ADIDAS.
Adidas
adalah salah satu produk yang mendukung perlengkapan dalam olah raga. Adidas
juga menjadi pelopor sepatu sport sepak
bola dan futsall, berhasil dalam pasar tersebut dengan bauran pemasaran yang
tidak biasa, terdiri dari acara, pemberian sponsor kepada salah satu pemain
sepak bola ternama David Beckham yang memakai produk spatunya, yang semuanya
menghasilkan budaya sepak bola kepada masyarakat serta minat konsumen terhadap
produk.
0 comments:
Post a Comment