WINBIE GENESIS: ACARA DAN PENGALAMAN winbie genesis

Pages

Wednesday, November 28, 2012

ACARA DAN PENGALAMAN



v  ACARA DAN PENGALAMAN.

Sarana untuk menjadi bagian dari saat-saat khusus dan relevan yang lebih pribadi dalam kehidupan konsumen. Keterlibatan dalam acara ini dapat memperluas dan memperdalam hubungan sponsor dengan
pasar sasarannya, tetapi hanya jika dikelola dengan tepat.

Ø  TUJUAN ACARA.

1.      Mengidentifikasi pasar sasaran atau gaya hidup tertentu :
Pelanggan dapat membidik secara geografis, demografis, psikografis atau perilaku sesuai acara.
·         Contoh : L.A Lights (Salah satu merek produk dari PT.DJARUM).
L.A Light Cool Break, mensponsori konser musik di Universitas Semarang dengan melibatkan artis ternama “Bondan Feat 2Black” untuk menonjolkan produk dan sampel di antara pemirsa sasarannya, yaitu pria berusia 18 tahun keatas.

2.      Meningkatkan kesadaran perusahaan atau nama produk :
Pemberian sponsor sering menawarkan paparan yang tahan lama terhadap suatu merek, kondisi yang diperlukan untuk membangun pengakuan merek dan meningkatkan ingatannya.
·         Contoh : Susu Anlene.
Dengan mengadakan acara “Jalan sehat 10.000 langkah Anlene”. Kegiatan Acara tersebut merupakan ajang kampanye untuk melawan penyakit osteoporosis dan bertujuan untuk membangun kesadaran, membangun pengakuan merek, dan meningkatkan ingatan merek terhadap konsumen.

3.      Menciptakan atau memperkuat persepsi tentang asosiasi citra merek kunci :
Acara itu sendiri mempunyai asosiasi yang membantu menciptakan atau memperkuat asosiasi merek.




·         Contoh : Djarum Coklat EXTRA.
Djarum Coklat EXTRA memilih untuk mensponsori tour konser musik “EXTRALIGI” bersama salah satu band ternama di indonesia yaiu SLANK dengan tour 25 kota.

4.      Memperkuat citra korporat :
Pemberian sponsor dapat meningkatkan persepsi bahwa perusahaan disukai dan bergengsi.
·         Contoh : Coca-cola.
Coca-cola menjadi sponsor pertandingan sepak bola piala dunia. Coca-cola memandang dukungan sponsor jangka panjangnya terhadap Piala Dunia sebagai sarana meningkatkan kesadaran merek internasional serta meningkatkan konsumsi dan volume produknya terhadap masyarakat (konsumen). Kegiatan tersebut juga menghasilkan dukungan patriotis serta semangat emosional piala dunia terhadap negaranya yang mengikuti ajang piala dunia.
5.      Menciptakan pengalaman dan membangkitkan perasaan :
Perasaan yang ditimbulakan oleh acara yang menarik atau berharga secara tidak langsung dapat menghubungkan acara dengan merek.
·         Contoh : Samsung.
Aktifitas online sekarang ini menduduki sebagian besar usaha dukungan sponsor sebuah perusahaan. Perusahaan samsung menggunakan situs-situs seperti MySpace dan YouTube untuk memperluas kepribadiannya secara online dan menciptakan Web pribadinya sendiri (www.samsung.com) sebagai tempat sentral untuk informasi produk mereka yang bisa diunduh.

6.      Mengekspresika komitmen terhadap komunitas atau masalah sosial :
Pemasaran yang terkait gerakan amal mensponsori organisasi dan lembaga amal nir laba.




·         Contoh : Djarum Super.
Dengan melakukan konser amal dalam acara bertajuk "Malam Peduli Anak Indonesia", Djarum super memberikan bantuan pendidikan kepada Yayasan Tri Kusuma Bangsa untuk anak-anak kurang mampu melalui penyelenggaraan sekolah gratis, sebagaimana visi yayasan yang ingin mencerdaskan kehidupan generasi penerus bangsa. Acara ini melibatkan Artis ternama di indonesia seperti Vina Panduwinata, Andien, Syaharani, Rika Roeslan, Vicky Zaenal, dll. Djarum super membuat pemasaran yang terkait dengan gerakan amal ini bertujuan untuk menjadikan tonggak penting dalam program pemasaran mereka.

7.      Menghibur klien kunci atau memberi penghargaan pada karyawan kunci :
Banyak acara menyediakan tenda keramahtamahan mewah serta layanan atau kegiatan khusus lainnya hanya bagi sponsor dan tamu mereka.
·         Contoh : ADIRA Finance.
ADIRA Finance adalah pemain jasa perkreditan barang mewah seperti mobil, motor, prabot rumah tangga, dll. Dengan menggunakan pemberian sponsor Gathering makan bersama serta wisata kepada pelanggan bisnis yang bertujuan untuk menghibur pelanggan bisnis, meninmbulkan kegairahan di antara karyawan, dan membangun kontak bisnis yang berharga.

8.      Menciptakan penjualan barang dagangan atau penjualan promosi :
Banyak pemasar mengaitkan kontes atau undian, barang dalam toko, respon langsung, atau kegiatan pemasaran lain dengan sebuah acara.
·         Contoh : Susu Zee.
Susu Zee melakukan peluang promosi untuk produknya dengan menggunakan pemberian sponsor mereka di acara TV terkenal yang banyak masyarakat mengenalnya yaitu didalam acara “Indonesia Mencari Bakat”.






Ø  KEPUTUSAN PEMBERIAN SPONSOR UTAMA.

Pemberian sponsor yang berhasil memerlukan pemilihan acara yang tepat; merangcang program, pemberian sponsor yang optimal, dan mengukur pengaruh pemberian sponsor.

1.      Memilih acara :
Acara harus mempunyai cukup kesadaran, memiliki citra yang diinginkan, dan mampu menciptakan pengaruh yang diinginkan. Konsumen harus membuat atribusi yang menguntungkan bagi keterlibatan sponsor. Acara yang ideal adalah acara yang unik, tetapi tidak tenggelam dengan banyaknya sponsor, mengarahkan acara tersebut kegiatan pemasaran tambahan, dan mencerminkan atau memperkuat merek sponsor atau citra korporat.
·         Contoh : Emirates Airlane
Emirate Airlane merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Dubai, Uni Emirate Arab. Maskapai ini didirikan oleh Pemerintah Dubai pada Mei 1985 dan mulai beroprasi sejak 25 Oktober 1985. Emirates Airlane melakukan kontrak terhadap salah satu klub raksasa sepak bola di Negara Inggris yaitu ARSENAL, yang bertujuan untuk menamai stadion markas besar klub tersebut menjadi “EMIRATES STADIUM” dan dirancang untuk mengangkat nama Emirates Airlane secara Internasional serta meningkatkan volume jasa penerbangannya.

2.      Merancang program pemberian sponsor :
Banyak pemasar yang meyakini bahwa program pemasaran yang menyertai pemberian sponsor acaralah yang pada akhirnya menentukan keberhasilannya. Setidaknya dua sampai tiga kali jumlah pengeluaran pemberian sponsor harus dihabiskan untuk kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran.
·         Contoh : LuproMax.
LuproMax adalah salah satu jenis produk oli pelumas untuk mobil. Dalam memasarkan produknya LuproMax mengadakan acara acara Bazar Bursa Otomotif (BBO). Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 26-27 Mei 2012 yang bertempat di Lapangan Parkir GOR Ngurah Rai, Jalan Melati Denpasar serta dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan atraksi yang akan meramaikan acara dengan nuansa dunia otomotif. Dalam acara ini Lupromax menjadi sponsor dalam acara ini dan membuka booth Lupromax untuk lebih mengenalkan produk Lupromax dan pecinta otomotif. Acara ini juga dimeriahkan dengan promo Lupromax yaitu promo Beli 1 Lupromax Mobil 150ml mendapatkan FREE 1 Lupromax Motor 30ml. Dalam acara ini, pengunjung memadati booth Lupromax yang menampilkan demo Timken Load dan aksi motor berjalan tanpa oli.

3.      Mengukur kegiatan pemberian sponsor :
Metode pengukuran sisi penawaran memfokuskan diri pada paparan potensial terhadap merek dengan menilai luas liputan; dan metode sisi permintaan memfokuskan diri pada paparan yang dilaporkan dari konsumen.
      Metode sisi penawaran memperkirakan jumlah waktu dan ruang yang disediakan untuk liputan media sebuah acara.
      Metode sisi permintaan mengidentifikasi pengaruh pemberian sponsor pada pengetahuan merek konsumen.
·         Contoh : M150.
Merupakan minuman penambah tenaga (Energy Drink). M150 memberikan penawaran dengan menggunakan media iklan di televisi dengan didahului mengidentifikasi sisi permintaan dan pengetahuan merek dari konsumen. Dengan besarnya volume pemintaan dari konsumen M150 mencoba menawarkan produknya lewat iklan televisi yang berdurasi cukup lama (kurang-lebih 90detik) agar penawarannya lebih teringat dibenak konsumen terhadap produknya.

Ø  MENCIPTAKAN PENGALAMAN.

Pemasaran pengalaman yang tidak hanya mengkomunikasikan fitur dan manfaat, tetapi juga menghubungkan produk atau jasa dengan pengalaman unik dan menarik. Idenya bukanlah menjual sesuatu, namun menunjukan bagaimana sebuah merek dapat memperkaya kehidupan pelanggan.


·         Contoh : ADIDAS.
Adidas adalah salah satu produk yang mendukung perlengkapan dalam olah raga. Adidas juga menjadi  pelopor sepatu sport sepak bola dan futsall, berhasil dalam pasar tersebut dengan bauran pemasaran yang tidak biasa, terdiri dari acara, pemberian sponsor kepada salah satu pemain sepak bola ternama David Beckham yang memakai produk spatunya, yang semuanya menghasilkan budaya sepak bola kepada masyarakat serta minat konsumen terhadap produk.


0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com